Apa Arti Kata Mumbul Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia? Ini Penjelasannya!

Kamu pasti sudah tahu kalau Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah mulai dari Jawa, Sunda, Minang, Bali, Batak, Melayu, dan bahasa lainnya yang tentu memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, Indonesia memiliki jumlah bahasa daerah sebanyak 718 bahasa yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Hal ini membuat Indonesia kaya akan bahasa dan kosa kata yang tentunya memiliki perbedaan satu sama lain. Belakangan ini penggunaan kata mumbul sedang populer di kalangan anak muda, namun terkadang mereka tidak mengetahui apa arti dari kata mumbul sebenarnya. 

Bagi kamu orang-orang yang bersuku Jawa mungkin tidak asing lagi dengan istilah mumbul yang biasa digunakan dalam kalimat sehari-hari. Selain Jawa, suku Sunda juga terkadang menggunakan kata ini dalam kalimatnya. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai arti kata mumbul yang ditinjau dari berbagai bahasa di Indonesia. Bagi kamu yang penasaran dengan arti dari kata mumbul yang saat ini sedang banyak dicari, yuk simak pembahasan lengkapnya dalam artikel edisi kali ini ya!

Arti Kata Mumbul dalam Bahasa Jawa

Arti Kata Mumbul

Secara harfiah, kata Mumbul memiliki arti yang sama dengan melambung, melompat, melenting, atau membumbung. Perlu kamu tahu, Kata Mumbul sendiri berasal dari bahasa Jawa yang istilahnya sering digunakan dalam komunikasi verbal. Mumbul juga memiliki arti naik atau mengapung atau timbul dari dalam air.

Bagi kamu yang bukan orang Jawa tentu istilah ini sangat asing terdengar sehingga kamu tidak mengetahui artinya, tetapi sejak adanya teknologi dan internet tentu sangat memudahkan dan membawa manfaat bagi kamu yang ingin mengetahui arti sebuah kata.

Kata Mumbul ternyata ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang artinya sama dengan istilah dalam bahasa Jawa. Jika didefinisikan lebih detail, kata Mumbul biasa digunakan dalam sebuah kalimat untuk menggambarkan sebuah benda yang mengapung, melambung, naik ke atas, terbang, membumbung ke atas, atau muncul ke permukaan (misalnya air).

Selain itu, kata mumbul juga digunakan oleh kalangan masyarakat bersuku sunda yang arti katanya juga tidak jauh berbeda dengan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. 

Baca Juga:

Kata Mumbul dalam Bahasa Gaul

Selain dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga bahasa daerah, kata Mumbul juga ternyata populer dalam bahasa gaul yang digunakan untuk berkomunikasi oleh anak-anak zaman sekarang. 

Perlu kamu tahu, Kata Mumbul biasa digunakan untuk mendefinisikan istilah mabuk murah bagi para remaja terutama di daerah Kendari yaitu dengan cara membeli obat atau menghirup lem ketimbang membeli minuman yang saat ini harganya lumayan mahal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti kata Mumbul, berikut akan kami bagikan contoh penggunaan kata Mumbul dalam kalimat bahasa daerah Kendari agar kamu lebih memahaminya.

Pertanyaan : eh, ko mo pi mana? (Eh, kamu mau kemana?)

Jawaban : sa mo pergi dulu, mo mabo (saya mau pergi dulu, mau mabuk)

Pertanyaan : ko pake apa, mumbul? (Kamu pakai apa, mumbul?)

Jawaban : ioo la (iya lah)

Makna Kata Melambung/Membumbung 

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya terkait dengan arti Mumbul dalam bahasa Jawa yang memiliki arti melambung, sedangkan istilah melambung dalam bahasa Indonesia memiliki banyak sekali makna.

Makna pertama, kata melambung bisa berarti sikap seseorang setelah disanjung atau dipuji oleh orang lain yang merasa ‘terbang tinggi’ atau tersanjung. Kata melambung ini juga bersifat kondisional yang bisa menyesuaikan dengan suatu kondisi atau keadaan saat ini digunakan.

Melambung merupakan jenis kata kerja yang kemudian bisa juga bermakna menerbangkan, contohnya yaitu menerbangkan atau melambungkan layang-layang. Kamu pasti sudah tahu kalau layangan itu akan terbang dengan cara dilambungkan ke udara. Selain berkaitan dengan udara, kata Mumbul atau melambung bisa juga digunakan pada kondisi saat suatu benda berada di air.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai arti kata mumbul yang sedang banyak dicari oleh para warganet, semoga informasi ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa update informasi bermanfaat lainnya yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *