2 Cara Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee Dengan Mudah

Cara Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee – Apakah kamu pernah mengalami kendala salah pesanan barang saat memesan produk secara online seperti ukuran atau warna yang tidak sesuai sehingga kamu ingin mengajukan pengembalian barang atau penukaran size.

Memang terkadang saat membeli produk secara online khususnya di marketplace seperti shopee, tidak jarang kamu akan mendapati barang yang dipesan tidak sesuai atau dalam kondisi yang rusak.

Dalam hal ini, sebagai pembeli kamu pasti ingin mengajukan pengembalian barang dan dana kepada penjual atau seller. Oleh karena itu, shopee menyediakan layanan pengembalian barang bagi kamu yang mengalami kendala kecacatan barang atau kesalahan pengiriman oleh seller.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan pengajuan pengembalian barang di shopee tapi belum mengetahui caranya, maka kamu wajib simak artikel kali ini yang akan membahas mengenai cara pengajuan pengembalian barang di shopee dengan mudah. 

Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan pengajuan pengembalian barang di shopee agar pengembalian barang kamu bisa disetujui.

https://calonpengangguran.com/2022/04/14/kenapa-pengiriman-shopee-express-lama/

Syarat dan Ketentuan Retur atau Pengembalian Barang di Shopee yang Wajib Kamu Tahu!

Cara Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengajuan pengembalian barang di shopee yang bisa kamu lakukan apabila mengalami kesalahan dalam menerima barang, maka kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu agar pengembalian barang kamu dapat disetujui oleh seller.

  1. Pengembalian barang bisa dilakukan apabila pesanan Belum diterima, dalam kondisi rusak, dan tidak sesuai dengan pesanan.
  2. Proses pengajuan pengembalian pesanan harus mendapatkan persetujuan dari pihak penjual apabila memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.
  3. Pihak penjual dapat menolak pengajuan pengembalian barang dari pembeli jika alasan dan bukti yang tidak kuat.
  4. Pembeli dan penjual memiliki kesepakatan apabila terjadi sesuatu dengan pesanan untuk bisa mengajukan pengembalian barang.
  5. Durasi pengajuan pengembalian barang tidak melewati waktu masa garansi shopee.
  6. Kamu harus memasukkan bukti kuat yang menunjukkan kesalahan pesanan saat barang diterima.
  7. Pembeli belum menyelesaikan transaksi pesanan dengan mengklik tombol pesanan diterima.
  8. Pengembalian dana akan disetujui apabila pihak seller sudah menerima barang yang dikembalikan.
  9. Dana akan dikembalikan dalam bentuk saldo shopee pay yang disesuaikan dengan harga barang tersebut.

Begini Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee dengan Non Shopee Mall dan Shopee Mall

1. Khusus Seller Non Shopee Mall

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk mengajukan pengembalian barang, maka disarankan bagi kamu untuk menghubungi pihak seller terlebih dahulu untuk mengambil kesepakatan bersama. Jika penjual dan pembeli untuk melakukan proses pengembalian barang, maka silahkan ikuti tutorial berikut ini : 

  1. Pertama, buka aplikasi shopee yang ada di Smartphone kamu dan pergi ke menu saya yang berada di bagian pojok kanan bawah halaman utama.
  2. Selanjutnya, pilih menu pesanan saya, kemudian pilih menu dikirim yang ada pada halaman tersebut.
  3. Lalu, Masuk ke halaman rincian pesanan dan pada halaman tersebut silahkan Klik tombol ajukan pengembalian yang berada di bagian paling bawah.
  4. Langkah selanjutnya yaitu memilih barang pesanan yang akan kami kembalikan ke pihak seller.
  5. Jangan lupa pilih alasan yang sesuai dan disertai dengan bukti yang kuat berupa foto atau video yang menunjukkan kendala pada barang tersebut.
  6. Perkuat lagi alasan kamu ingin mengembalikan barang pesanan tersebut dengan menuliskannya di kolom keterangan.
  7. Setelah itu, masukkan alamat email pribadi kamu, lalu tekan tombol kirimkan, dan pengajuan pengembalian barang pesanan kamu akan diproses oleh seller.

2. Cara Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee Mall

Langkah-langkah pengajuan pengembalian barang di shopee mall sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengembalian barang di seller non shopee mall, hanya saja di shopee mall setelah kamu memasukkan alasan, maka kamu bisa memilih 2 solusi yang ditawarkan yaitu pengembalian barang dan dana, atau pengembalian sebagian dana tanpa pengembalian barang. Kamu juga harus memasukkan jasa ekspedisi yang tersedia untuk pengembalian barang kepada seller.

Cara Mengirimkan Pengembalian Barang di Aplikasi Shopee

Setelah kamu mengetahui cara pengajuan pengembalian barang di shopee maka kamu juga harus mengetahui cara mengirimkan pengembalian barang ke pihak seller. Batas waktu pengiriman barang yang akan dikembalikan ini yaitu pembeli harus memasukkan nomor resi pengembalian di aplikasi shopee maksimal 5 hari setelah pengajuan diterima. 

Cara mengirimkan barang shopee yang ingin dikembalikan yaitu :

  1. Buka aplikasi shopee kemudian masuk ke halaman rincian pengembalian
  2. Untuk melihat petunjuk pengiriman silakan Klik tombol lihat instruksi, dan setelah itu kamu bisa Masuk ke halaman upload resi kemudian pilih jasa kirim, isi nomor resi serta tambahkan foto.
  3. Jika sudah, kamu bisa melihat kembali detail pengiriman pengembalian tersebut di halaman rincian pengembalian.

Catatan :

  • Untuk pengembalian barang di shopee mall tidak perlu menggunakan label pengembalian.
  • Pihak pembeli tidak akan dikenakan tarif ongkir pengembalian barang jika menggunakan jasa kirim j&t Express.
  • Jangan lupa untuk masukan semua data pengiriman barang tersebut ke dalam halaman pengiriman pengembalian di aplikasi shopee.

Pastikan kamu dan pihak penjual sudah sepakat untuk melakukan pengembalian barang agar prosesnya lebih mudah. Demikian informasi mengenai cara pengajuan pengembalian barang di shopee yang bisa kamu lakukan apabila barang yang kamu terima tidak sesuai ataupun dalam kondisi rusak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *