Admin Kredit, Ini Dia Tugas dan Tanggung Jawab dalam Perusahaan!

Lembaga keuangan bank atau non bank memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan aktivitas ekonomi di suatu wilayah. Oleh karena itu, peran lembaga keuangan bank sebagai financial intermediary yang menghubungkan antara pemilik modal dengan peminjam modal menjadi syarat untuk meningkatkan pengelolaan resources yang ada di daerah, baik produktif maupun konsumtif.

Bank adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dimana kegiatan utamanya yaitu menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito, dll yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit.

Dalam dunia perbankan, peran kredit saat ini sangat besar bagi para pelaku bisnis dan usaha sebagai sumber modal mereka untuk mengembangkan usaha. Dalam hal perkreditan lembaga keuangan, ada peran seorang admin kredit yang memiliki tanggung jawab besar dalam hal administrasi kredit lembaga keuangan.

Semua permohonan kredit akan melewati tahap pemeriksaan oleh seorang admin, untuk menentukan apakah permohonan tersebut dapat di acc atau tidak. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tugas dan tanggung jawab admin kredit dalam di perusahaan keuangan. Yuk langsung simak pembahasan lengkapnya berikut ini ya sob !

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Kredit dan Peluangnya untuk Karir

Admin Kredit

Pentingnya peran admin kredit terkadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat, admin perkreditan sendiri biasanya bertugas untuk memeriksa apakah seseorang layak untuk menerima pinjaman atau pengkreditan di berbagai aspek. Seperti namanya, administrasi kredit bertugas di bagian administrasi dokumen dan berkas milik peserta yang ingin mengajukan kredit. Setelah itu dokumen dalam berkas tersebut jika lolos verifikasi maka akan diteruskan ke petugas survei atau ke step selanjutnya.

Peluang karir admin kredit cukup menjanjikan, jadinya akan disesuaikan dengan pengalaman serta kualifikasi pendidikannya. Apalagi untuk menjadi admin kredit tidak perlu syarat yang ribet karena hal-hal yang dibutuhkan untuk kualifikasi pekerjaan ini yaitu jujur, tekun, minimal lulusan D3 atau S1, memiliki pengalaman 1 tahun dibidang admin kredit atau fresh graduate, mahir dalam Microsoft word dan Excel, bisa bekerja sesuai target dan tekanan dan yang paling penting yaitu mampu berkomunikasi dan bernegosiasi.

Berikut kami sudah merangkum tugas dan tanggung jawab dari seorang admin perkreditan yang mungkin bisa menjadi gambaran kamu terkait job desk yang akan dikerjakan jika kamu berminat dan tertarik untuk menjadi admin kredit di sebuah perusahaan atau lembaga keuangan termasuk perbankan:

1. Melakukan Pemeriksaan, Validasi, dan Verifikasi

Salah satu tugas pokok yang harus dilakukan oleh seorang admin dalam bidang kredit yaitu memeriksa apakah berkas atau dokumen yang diajukan sudah lengkap kemudian melakukan verifikasi dan validasi dokumen dokumen sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang ada. Selain itu, melanjutkan legalitas dokumen yang sudah diperiksa tadi kepada credit marketing officer untuk diteruskan ke proses dan fase selanjutnya.

2. Memastikan  Otoritas, Membuat Laporan dan Melaksanakan Kegiatan Administrasi

Tugas selanjutnya yaitu memastikan berbagai kelengkapan dokumen dan otoritas perkreditan yang telah disetujui oleh lembaga. Selain itu, tanggung jawab yang harus dilakukan yaitu membuat laporan sesuai dengan apa yang terjadi dalam hal ini laporan harus dibuat secara akurat dan sesuai data yang ada dan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentu saja hal yang harus dilakukan oleh seorang admin dalam hal pengkreditan yaitu melakukan kegiatan administrasi kredit secara berkala

3. Mengelola, Menyusun, dan Melayani Proses Kredit

Selanjutnya yaitu tugas pokok seorang administrasi kredit yaitu mengelola proses akad kredit kemudian melakukan penyusunan dokumen terkait administrasi kredit lalu menjadwalkan kegiatan administrasi serta hal-hal yang menyangkut persetujuan pengkreditan. Setelah itu itu admin juga harus menyusun dokumen kredit dan memberikan pelayanan terbaik kepada ada nasabah yang mengajukan pengkreditan, jangan lupa untuk menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh nasabah.

Akhir kata, demikianlah artikel yang bisa kami sajikan untuk kamu tentang tugas dan tanggung jawab sebagai admin data lembaga keuangan atau perbankan lengkap dengan karir dan peluang yang mungkin bisa kamu dapatkan terkait posisi ini. Jangan lupa bagikan artikel ini juga bermanfaat bagi orang lain dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *