Fungsi dan Tujuan Buku Digital yang Harus Kamu Ketahui!

Buku Digital – Pernahkah kamu mendengar mengenai buku digital? atau yang biasa di sebut dengan e-Book? tentunya hal tersebut tidak asing untuk beberapa orang.

Namun sebenarnya apa tujuan dan fungsi dari buku digital tersebut, ada apa dengan buku yang biasa digunakan dan mengapa menggunakan Buku digital.

Apa kelebihan, kekurangan, fungsi, dan juga tujuan dari buku digital pastinya akan ada banyak timbul pertanyaan mengenai buku digital untuk sebagian orang bukan?

Pada ulasan kali ini kami akan memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut agar bisa menjawab rasa penasaran beberapa orang mengenai buku digital tersebut.

Singkatnya buku digital merupakan buku bacaan dalam bentuk yang lebih Modern atau Online yang bisa di akses dengan menggunakan perangkat elektronik seperti HP, PC, Komputer, dan juga laptop.

Sehingga dinilai ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas yang notabenenya kerta terbuat dari pohon sehingga terkadang dinilai tidak ramah lingkungan dan menyebabkan pemanasan Global.

Itu tadi pembahasan singkat dari buku digital, di bawah ini akan dibahas dengan lengkap mengenai penjelasan dan juga ulasan dari buku digital sebagai berikut ini.

Penjelasan Seputar Buku Digital

Fungsi dan Tujuan Buku Digital

Buku digital atau e-book merupakan singkatan dari buku elektronik yang merupakan bentuk digitalnya dari buku cetak yang banyak beredar di seluruh wilayah Indonesia.

Buku cetak umumnya terbuat dari setumpuk kertas yang disusun dan di berikan sampul sehingga terbentuklah buku cetak yang berisikan mengenai berbagai informasi dan juga ilmu pengetahuan.

Sedangkan buku digital merupakan versi berbeda dari buku digital atau Online yang tidak memiliki wujud nyata yang bisa disentuh karena bersifat elektronik dan juga Online.

Sehingga untuk bisa mengakses buku digital dibutuhkan perangkat perantara seperti Hp, Komputer, PC, ataupun Laptop untuk membuka buku digital.

Meskipun begitu terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari buku digital jika dibandingkan dengan buku cetak yang akan dibahas di bawah ini sebagai berikut ini.

2 Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

1. Kelebihan Buku Digital

  • Praktis
  • Hemat ruang
  • Mudah di akses 
  • Ekonomis
  • Ramah Lingkungan
  • Kustomisasi

2. kekurangan Buku Digital

  • Membutuhkan Perangkat
  • Membutuhkan Listrik
  • Terkadang juga butuh koneksi Internet
  • Berdampak buruk pada kesehatan mata
  • Rawan Pembajakan

Itu tadi beberapa kekurangan dan juga kelebihan dari Buku Digital apabila di bandingkan dengan buku cetak yang biasa, bisa kamu bandingkan lagi di antara keduanya dengan penilaian kamu sendiri.

Buku mana yang lebih memiliki manfaat di antara keduanya, sehingga lebih cocok untuk digunakan pada masa seperti sekarang ini.

Fungsi Buku Digital

Ada banyak sekali fungsi dari buku digital dan itu merupakan fungsi yang sama juga apabila kita menggunakan buku cetak dan hanya berbeda dalam bentuk wujud dan tampilan saja.

Berikut ini beberapa fungsi dari buku Digital.

1. Alternatif Media Belajar

Sama halnya dengan buku cetak fungsi utama dari buku digital adalah media pembelajaran bagi semua orang yang mempelajari bukunya.

Karena akan ada banyak sekali informasi dan juga ilmu pengetahuan yang ada di dalam buku digital yang bisa di akses secara gratis oleh orang-orang yang menggunakan buku digital

2. Media Informasi

Isi dari buku Digital selain berisi ilmu pengetahuan juga berisikan banyak sekali informasi yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang membaca buku digital ini.

3. Mudah di Akses

Tidak seperti buku digital yang mengharuskan kita untuk mengunjungi perpustakaan atau ruang baca dengan menggunakan buku Digital kita bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Asal kan punya koneksi Internet kita bisa mengakses buku digital sesuka kita dan juga sebanyak yang kita mau.

4. Mudah dibawa

Selanjutnya fungsi dari buku digital adalah menutupi kekurangan dari buku cetak yang memiliki volume dan wujud yang lebih besar dan berat sehingga sulit untuk di bawa-bawa.

Dengan menggunakan buku digital yang bisa di akses dengan menggunakan HP sehingga bisa lebih mudah untuk dibawa ke mana saja.

Tujuan Buku Digital

Selain memiliki beragam fungsi buku digital juga memiliki berbagai tujuan, yang akan kami bahas sebagai berikut ini.

1. Melindungi Informasi yang diSampaikan

Tidak seperti buku cetak yang sangat rentan rusak, ketika terkena air, lusuh, dimakan rayap, dan berbagai penyebab kerusakan pada kertas dan buku cetak lainnya.

Tujuan dari buku digital adalah menjaga informasi yang terkandung di dalamnya lebih baik karna buku digital tidak akan termakan usia.

2. Memberikan Kesempatan Kepada Pembuat Konten

Dengan adanya buku Digital memberikan kesempatan kepada orang-orang yang memiliki informasi untuk membuat buku digital dan membagikannya secara Online.

3. Lebih Mudah di Pahami

Tujuan selanjutnya dari buku Digital adalah memudahkan para pembaca untuk memahami setiap kata dan informasi yang disampaikan.

Karena setiap kata atau materi yang ada pada buku digital bisa di cari lagi di internet sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh para pembaca.

Penutup

Itu tadi penjelasan, fungsi dan juga tujuan dari buku digital yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa kamu sampaikan atau isi di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *