Aplikasi Pencuri Data Pribadi yang Harus Kamu Waspadai!

Aplikasi Pencuri Data Pribadi – Belum lama ini, netizen dihebohkan dengan berita tentang Aplikasi Pencuri Data Pribadi. Apakah kamu sudah mengetahui hal tersebut? Tidak sedikit orang yang mencari kebenaran tentang berita tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan dibawah ini.

Dengan perkembangan zaman seperti saat ini, banyak aplikasi-aplikasi baru yang terus saja bermunculan. Entah itu aplikasi dari dalam negeri dan entah itu aplikasi buatan dari luar negri, pasti diantara kita ada yang menggunakannya untuk mengisi waktu luang.

Apalagi diantara kita pasti ada yang menggunakan aplikasi TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, Telegram dan lainnya. Aplikasi-aplikasi ini memang sudah terbukti aman untuk digunakan, apa lagi aplikasi ini sudah masuk ke Play Store dan App Store.

Setiap pengguna pastinya sudah tidak khawatir tentang data-data yang mereka isi dalam melakukan pendaftaran di sebuah aplikasi tersebut. Sebab, sudah lolos dari keamanan Play Store dan App Store yang terbukti ketat.

Tetapi, belum lama ini banyak berita tentang 11 aplikasi yang dikatakan dapat mencuri data pribadi pengguna. Apakah kamu mengetahui hal tersebut? Jika belum, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini, dan pastikan bahwa kamu membaca artikel ini sampai tuntas, agar tidak ada kesalahpahaman nantinya.

9 Aplikasi Pencurian Data Pribadi yang Harus Kamu Waspadai

aplikasi pencuri data pribadi

Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan dengan mudah melalui Play Store. Contohnya seperti aplikasi Azan dan Sholat, yang termasuk saat ini menjadi aplikasi yang dapat mencuri data pribadi setiap penggunanya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna akan dipermudah melakukan beberapa kegiatan yang mereka butuhkan. Apalagi saat ini bulan suci ramadhan, pastinya aplikasi tersebut membantu kita dalam kegiatan saat ini.

Yang sering digunakan diantara linen adalah aplikasi Azan, salat alarm buka puasa, jadwal imsak sampai aplikasi membaca Al-Qur’an.

Dan saat ini, Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengungkapkan beberapa aplikasi di Goole Play Store yang bisa mengambil data pribadi pengguna. Dikabarkan bahwa ada salah satu aplikasi yang sudah di download lebih dari 45 juta.

Kabarnya, pencurian data ini melalui perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencakup kemampuan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email, nomor telepon, dan bahkan alamat MAC router modern pengguna dan SSID jaringan.

https://calonpengangguran.com/2022/04/22/kenapa-instagram-checkpoint-required/

Dengan minimnya keamanan server atau database yang masih terbilang rentan. Akan dengan mudah untuk pencurian data setiap pengguna tanpa diketahui dan akan dengan mudah data tersebut akan disalahgunakan. Berikut aplikasi yang dapat mencuri data penggunanya:

1. Al-Moazin Lite (Prayer Times)

Yang pertama adalah aplikasi Al-Moazin, aplikasi ini menyebut paling akurat untuk mendapatkan jadwal sholat. Aplikasi ini sendiri oleh Parfield, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan memiliki rating yang lumayan bagus yaitu 4.4. Al-Moazin Lita juga menyediakan beberapa fitur yang menarik seperti GPS untuk dapat mendeteksi posisi kiblat.

2. Speed Camera Radar

Aplikasi yang kedua ini dapat mendeteksi radar GPS secara Gratis, nama aplikasinya adalah Speed Camera Radar. Aplikasi ini sendiri sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, dan rating aplikasi ini sendiri juga terbilang bagus yaitu 4.4.

3. Qibla Compass – Ramadhan 2022

Aplikasi yang bernama Qibla Compasss ini dikembangkan oleh AppSource Hub memudahkan para penggunannya untuk mengetahui arah kiblat. Apalagi aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna, dan ratingnya sendiri 4.0 yang terbilang bagus.

4. Al Quran MP3 – 50 Reciters & Translation Audio

Aplikasi yang keempat adalah Al Quran MP3 – 50 Reciters & Translation Audio, aplikasi ini mudah penggunaannya untuk membaca kitab suci Al-Quran. Memiliki logo Al-Quran dan berpadu dengan Headset warna kuning berhasil diunduh lebih dari 1 juta kali. Dan aplikasi ini memiliki rating yang lumayan bagus yaitu 4,5.

5. Smart Kit 360

Yang kelima adalah aplikasi bernama Smart Kit 360. Jika dibandingkan dengan aplikasi diatas, aplikasi memudah penggunanya untuk mengakses kompas, penerjemah, dan nada dering. Aplikasi yang dikembangkan oleh Kafui Utlis ini berhasil diunduh lebih dari sejuta orang, dan memiliki rating 4,2.

6. QR & Barcode Scanner

Keenam adalah aplikasi bernama QR & Barcode Scanner. Aplikasi yang memudah penggunaannya untuk membaca kode QR, atau barcode ini memiliki rating yang cukup tinggi. Rating pada aplikasi ini adalah 4,8, pastinya angka tersebut sangat besar jika kita bandingkan dengan aplikasi yang ada di atas.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Gamma Play ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store. QR & Barcode Scanner juga memakan data penyimpanan yang sangat kecil, aplikasi ini hanya memakan ruang penyimpanan sebesar 5,9 MB.

7. WiFi Mouse (remote control PC)

Aplikasi selanjutnya adalah WIFI Mouse (remote control PC). Keunggulan aplikasi ini dapat membuat keyboard, touchpad dan mouse wireless. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengontrol komputer atau PC melalui koneksi jaringan lokal.

8. Simple Weather & Clock Widget

Selanjutnya adalah aplikasi yang bernama Simple Weather & Clock Widget. Aplikasi yang dikembangkan oleh Difer memudahkan penggunanya untuk mengetahui cuaca harian di berbagai lokasi. Pengembang juga memastikan bahwa, aplikasi ini tidak akan ada iklannya sama sekali. Aplikasi ini dapat dengan mudah kamu temukan di Play Store, rating dari aplikasi sampai 4,4.

9. Handcent Next SMS-Text w/MMS

Yang terakhir adalah aplikasi Handcent Next SMS-Text w/MMS. Berbeda dengan aplikasi yang saya jelaskan diatas, setiap pengguna yang ingin menggunakan aplikasi harus mengeluarkan uangnya sedikit untuk membelinya.

Aplikasi yang memiliki rating 4,3 ini sudah lebih diunduh 1 Juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini menyediakan kustomisasi SMS untuk mengubah SMS dengan MMS, pesan grub, stiker, dan teks rahasia.

Penutup

Seperti itulah informasi yang dapat Calonpengangguran berikan tentang Aplikasi Pencuri Data Pribadi. Semoga informasi yang saya berikan ini, dapat membantu kamu dalam mengetahui hal-hal yang sedang terjadi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *