Pelaku Kejahatan Dunia Maya Disebut? Ini Dia Penjelasannya!

Pelaku Kejahatan Dunia Maya Disebut – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai pelaku kejahatan dunia maya yang saat ini sedang ramai dan marak terjadi.

Dunia maya merupakan salah satu destinasi yang banyak sekali dikunjungi oleh orang-orang setiap harinya, bahkan ada banyak orang yang lebih banyak menghabiskan harinya di dunia maya ketimbang di kehidupan aslinya.

Dengan berselancar di Internet setiap harinya dengan menjadi orang lain dan juga jarang menunjukkan kehidupan pribadinya.

Bahkan banyak orang lebih suka mencari dan bersosial dengan orang lain lewat dunia maya karena merasa tidak percaya diri dengan dirinya sendiri.

Ada banyak sekali kegiatan orang di media sosial dan dunia maya mulai dari bermain game, media sosial, mencari hiburan di internet, bahkan sampai memanfaatkan internet untuk mencari uang dan penghasilan.

Dengan begitu juga tidak dapat dipungkiri ada banyak sekali kejahatan yang terjadi di dunia maya mulai dari pembobolan, pencurian data pribadi, bahkan hingga penipuan.

Tentunya hal ini sangat berbahaya mengingat hampir seluruh masyarakat di dunia sudah memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk berkegiatan seperti mencari uang.

Selain itu ada banyak sekali jenis kejahatan yang terjadi di dunia maya yang sering dialami oleh orang-orang di dunia maya untuk itu perlu di perhatikan lagi agar bisa menghindari kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Untuk penjelasan mengenai Pelaku serta jenis kejahatan dunia maya akan kami bahas secara lengkap di bawah ini sebagai berikut ini.

Penjelasan Seputar Pelaku kejahatan Dunia Maya

Pelaku Kejahatan Dunia Maya Disebut

Dunia maya adalah ruang dunia paralel atau Media elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi satu arah maupun timbal balik yang terhubung secara Online melalui Internet.

Dunia maya ini merupakan integrasi antara pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan komputer dan membentuk jaringan sehingga dapat menghubungkan penggunanya secara Online, tidak nyata namun ada atau maya di Internet.

Dan uniknya dunia maya ini terhubung di jaringan seluruh dunia melalui internet lewat kebel internet yang ada dan tersebar di seluruh dunia.

Dengan jaringan yang besar ini yang ada di seluruh dunia menyebabkan banyak sekali kejahatan yang terjadi di dalamnya yang dapat merugikan setiap pengguna dengan beragam masalah yang terjadi dan dihadapi.

Segala macam tindakan kejahatan yang ada di dunia maya dengan menggunakan perangkat jaringan komputer disebut dengan Cybercrime dengan berbagai bentuk kejahatan di dalamnya.

Ada banyak sekali jenis kejahatan di dunia maya yang merugikan orang banyak yang akan di bahas secara lengkap di bawah ini.

2 Bentuk kejahatan di Dunia Maya

Ada banyak sekali jenis dan bentuk kejahatan yang terjadi di dunia maya dengan berbagai macam juga jenis korbannya mulai dari penipuan, pembajakan, pembobolan keamanan, bahkan hingga pencurian.

Namun secara umum kejahatan di dunia maya dibagi menjadi dua yaitu Hacking dan juga Cracking yang akan di bahas secara lengkap di bawah ini.

1. Hacking

Hacking merupakan kegiatan memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan tujuan mengamati, menyadap, mencuri data dan lain sebagainya dengan pelakunya biasa disebut dengan Hacker.

Ini merupakan tindak ilegal yang bisa di jerat dengan hukum oleh pihak keamanan Cyber dunia yang diamati oleh seluruh anggota yang tersebar di seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia bisa dikenai Pasal UU ITE yang di sah kan oleh pemerintah Indonesia dengan hukuman penjara dengan masa penahanan yang berbeda-beda.

2. Cracking

Sedangkan yang kedua adalah Cracking yang merupakan kegiatan memasuki jaringan komputer secara ilegal dengan tujuan untuk menghancurkan atau merusak jaringan tersebut.

Biasanya yang dituju oleh pelaku dari Cracking adalah menghancurkan data yang ada di dalam jaringan komputer tersebut dengan alasan tertentu.

Tentunya pelaku dari Cracking juga bisa mendapatkan hukuman oleh badan penegak hukum dunia atau pelindung Cyber yang memiliki wewenang atas keamanan dunia maya yang tersebar di seluruh dunia.

Penutup

Itu tadi penjelasan dari Pelaku Kejahatan Dunia Maya Disebut? yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *