Poin Penting Dalam Menjalankan Bisnis Freight Forwarding

Pernahkah kamu berpikir bagaimana pengiriman atau penerimaan paket berbasis perusahaan besar apakah menggunakan jasa reguler seperti kita pada umumnya? Jawabannya tentu saja tidak, agar perusahaan bisa memenuhi operasional bisnisnya dengan optimal maka jasa freight forwarding memiliki peran yang sangat penting. Freight forwarding memiliki peran untuk pengiriman barang agar bisa tepat waktu serta terjamin aman sampai tujuan. 

Bagi yang belum mengetahui tentang apa itu freight forwarding, jadi ini adalah sebuah usaha yang dijalankan pihak tertentu untuk mengurus transportasi semua kegiatan yang diperlukan agar pengiriman dan penerimaan barang terlaksana dengan baik. Pengiriman atau penerimaan barang ini mencakup transportasi darat, udara, dan laut sehingga berfungsi untuk mengirim, menerima, menyimpan, menyortir, packing, penimbangan, pemberkasan, dan lain lain.

Ada beberapa poin penting dalam menjalankan bisnis freight forwarding sehingga dapat lancar dan efisien. Menjalankan bisnis freight forwarding bukanlah hal yang mudah karena ini menyangkut berbagai pihak yang membutuhkan ketepatan waktu serta kepercayaan untuk mengirim dan menerima barang dengan baik serta pengurusan berbagai hal yang sifatnya sudah skala besar.

Apa Saja Poin Penting Dalam Menjalankan Bisnis Freight Forwarding Agar Sukses

Poin Penting dalam Menjalankan Bisnis Freight Forwarding

Forwarding mungkin jarang terdengar di telinga sebagian orang, istilah ini memang cukup asing karena digunakan sebagai sebuah sarana pengiriman dan penerimaan barang skala besar bahkan internasional. Freight forwarding menjadi salah satu metode transportasi berbasis internasional yang saat ini banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Biasanya perusahaan yang menjalankan bisnis ini bertanggung jawab untuk pengangkutan barang skala besar.

Tidak heran, bisnis ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena seperti yang kamu tahu pengiriman barang antar pulau, antar negara, dan sebagainya sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Bisa dibilang freight forwarder ini berperan untuk perantara antara pengirim serta jasa transportasi kemudian menghubungkan berbagai operator untuk saling negosiasi harga lalu memutuskan rute paling terjangkau, diandalkan, dan tercepat.

Selain itu, dengan menggunakan jasa freight forwarder kamu bisa melakukan impor dan ekspor barang dengan lebih ekonomis karena akan membantu semua prosesnya hingga selesai sesuai prosedur bea cukai. Tidak hanya itu saja, kamu tidak perlu repot untuk mengurus izin dan sebagainya karena forwarder akan mengurus berbagai hal diantaranya perizinan, dokumentasi, packing, pertanggungan, penyimpanan, dan lain-lain.

Sebelum mengetahui tentang apa saja poin penting dalam menjalankan bisnis freight forwarding agar sukses tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kamu harus memiliki perizinan usaha dan pengajuan berbasis sistem OSS RBA. Untuk mengetahui informasi lebih detail tentang operasional bisnis freight forwarding berikut adalah poin penting dalam operasional bisnis freight forwarding yang perlu kamu perhatikan:

1. Tidak Bisa Digabung Dengan Usaha Lain

Jika kamu memutuskan untuk memulai usaha freight forwarding maka kamu harus siap dengan resiko bahwa usaha ini tidak bisa digabung dengan bidang usaha lain. Sehingga untuk melakukan bidang usaha freight forwarding kamu harus memperhatikan kegiatan usaha ini karena hanya bisa dilakukan oleh Badan Usaha yang didirikan secara khusus untuk pengurusan transportasi penerimaan dan pengiriman barang.

Hal ini disesuaikan dengan Kode Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia nomor 2 tahun 2020 mencantumkan setiap bidang usaha yang ingin dijalankan oleh sebuah perusahaan wajib mencantumkan maksud serta tujuan yang ada di anggaran dasarnya. Sehingga kamu tidak bisa mencantumkan kode KBLI lain di anggaran dasar karena ada pengelompokan kegiatan ekonomi untuk keseragaman konsep serta klasifikasi di lapangan usaha.

2. Pertanggung jawaban dan Validitas Data Pemilik

Poin penting dalam menjalankan bisnis freight forwarding agar sukses maka kamu perlu memperhatikan sistem perizinan yang ada di Indonesia saat ini. Pada dasarnya sistem perizinan saat ini sudah terintegrasi dengan data dari Kementerian atau lembaga terkait sehingga seperti Nik dan KSWP akan diperiksa sesuai dengan validitasnya. Jadi kamu harus memastikan bahwa kedua dokumen tersebut aktif agar proses pengajuan menjadi lancar.

Penyebab lainnya yang harus kamu perhatikan terkait kegagalan kamu untuk mengajukan bidang usaha ini pada lembaga terkait yaitu lainnya membayar pajak serta melaporkan SPT pada periode yang cukup. Sudah disinggung sebelumnya bahwa pemerintah saat ini memiliki berbagai data terkait dan sudah terintegrasi dengan sistem sehingga kamu tidak bisa melalaikan syarat dan ketentuan administrasi yang diperlukan.

3. Wajib Memiliki Surat Rekomendasi Otoritas Transportasi, Tenaga Ahli dan Kendaraan Operasional Siap Pakai

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan bisnis freight forwarding yaitu kamu wajib memiliki surat rekomendasi dari otoritas transportasi, tenaga ahli serta kendaraan operasional yang siap digunakan. Surat rekomendasi ini sangat penting dan terkait dengan dokumen lainnya sehingga kamu harus mengurus pada lembaga terkait. Selain itu, jika ingin usaha freight forwarding berjalan dengan lancar wajib sekali memiliki tenaga ahli.

Tenaga ahli tersebut harus memiliki dokumen legalitas yang valid serta memiliki sertifikasi ahli kepabeanan atau kepelabuhanan karena ini merupakan syarat utama agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan saat pengiriman atau penerimaan. Minimal tenaga ahli tersebut harus memiliki pengalaman 5 tahun pada bidang freight forwarder ini. Bagi perusahaan yang menyediakan layanan freight forwarder juga harus memiliki kendaraan operasional.

Kendaraan operasional ini harus siap digunakan atau siap pakai, meskipun kendaraan operasional ini tidak memiliki batasan minimum namun setidaknya kamu harus menguasai dan memiliki transportasi untuk operasional dengan minimal roda empat yang dibuktikan dengan surat kepemilikan atau sewa yang sah. Hal ini sangat penting karena bergantung dengan perizinan usaha yang kamu jalankan.

4. Pemilihan Badan Usaha dan Lokasi Usaha Sesuai Detail Rencana Tata Ruang

Poin penting dalam menjalankan bisnis freight forwarding selanjutnya yaitu tentang pemilihan badan usaha untuk aktivitas operasional dari bisnis freight forwarding itu sendiri. Maksudnya yaitu bisnis free forwarder harus memiliki badan usaha resmi yang terdaftar di badan hukum Indonesia. Sehingga ada jaminan serta dokumen legalitas yang sah dari negara dan pemerintah untuk aktivitas dan kegiatan usaha ini.

Selain itu, untuk menjalankan bisnis ini kamu wajib memiliki tempat usaha atau lokasi usaha yang jelas atau misal kamu menyewa minimal selama 2 tahun. Hal ini sangat berguna saat kamu melakukan perizinan usaha, usahakan juga bahwa tempat atau lokasi tersebut mendukung untuk usaha free forwarding kamu secara sarana maupun prasarana sesuai dengan detail rencana tata ruang masing-masing daerah.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel ini nggak selesai tentang apa saja poin penting dalam menjalankan usaha bisnis freight forwarding yang mana merupakan usaha pengiriman dan pengantaran barang skala besar jadi perantara operasional jasa pengiriman. Semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan kamu dan update terus artikel dari situs kami setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *