Contoh Bisnis Model Canvas, Ini Dia Rekomendasi yang Bisa Kamu Coba!

Dalam membangun usaha atau bisnis tentunya tidak akan terlepas dari namanya perencanaan, biasanya perencanaan ini akan mencakup berbagai langkah atau proses yang akan menentukan arah bisnis agar sesuai dengan target dan keinginan yang diharapkan. Saat ini ada sebuah model bisnis yang sedang populer yaitu dinamakan bisnis model kanvas. Model ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk merancang bisnis dengan maksimal.

Bisnis model kanvas bukanlah hal yang baru namun sudah ada perusahaan yang menerapkannya dan sukses contohnya yaitu Amazon. Biasanya bisnis model kanvas ini digunakan oleh beberapa perusahaan dengan level startup atau perusahaan yang baru merintis. Banyak pemilik perusahaan merasa bahwa contoh bisnis model kanvas merupakan hal yang tepat untuk menjalankan bisnis mereka apalagi yang baru saja memulainya.

Bagi kamu yang penasaran, pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan bisnis model kanvas. Sehingga pada artikel ini kami akan menjelaskannya secara sekilas saja kemudian akan memberikan beberapa rekomendasi contoh bisnis model canvas yang bisa kamu coba. Kami harap setelah kamu mengetahui bisnis model canvas ini maka kamu akan mendapatkan ide untuk memulai bisnis.

Pengertian dan Rekomendasi Contoh Bisnis Model Canvas 

contoh bisnis model canvas

Banyak orang yang salah paham terkait istilah bisnis model kanvas, mungkin bagi yang baru saja mendengar tentang bisnis ini mengira bahwa ini merupakan sebuah bisnis yang lebih fokus pada desain grafis maupun seni. Namun, istilah bisnis model canvas digunakan untuk menunjukkan alat representasi secara visual yang berguna untuk menjelaskan proses bisnis serta rancangan garis besar secara komprehensif.

Perlu kamu tahu bahwa bisnis model canvas dapat juga disingkat dengan BMC bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menyusun sebuah rancangan tanpa menggunakan dokumen perencanaan bisnis yang terbilang sangat rumit. Sebuah bisnis model kanvas tentu saja memiliki tujuan yaitu untuk melakukan pemetaan arah dari sebuah bisnis di masa depan. BMC pertama kali diciptakan Alexander osterwalder dari Swish tahun 2005.

Dalam menjalankan contoh bisnis model canvas akan ada sebuah kerangka model yang nantinya akan berguna untuk menjelaskan, menilai memvisualisasikan, serta mengubah modal bisnis agar menghasilkan kinerja yang lebih optimal dan efisien. Oleh karena itu, sebuah bisnis dengan model canvas disusun menggunakan rancangan dengan ide bisnis serta pengembangan secara optimal.

Sehingga kamu bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan serta kebijakan tentang apakah ide bisnis yang akan kamu jalankan layak dan memberi keuntungan. Lalu apa saja rekomendasi atau ide contoh bisnis model kanvas yang bisa kamu coba saat ini? Berikut adalah penjelasan dari berbagai contoh bisnis tersebut yang bisa kamu coba dengan berbagai pertimbangan yang akan kami jelaskan dibawah ini:

1. Bisnis Transportasi Berbasis Online

Salah satu contoh bisnis model kanvas yang kami rekomendasikan yaitu transportasi berbasis online, seperti yang kita tahu saat ini banyak sekali transportasi online selain gojek dan grab yang beroperasi di seluruh Indonesia misalnya Maxim, Jogjakita, dan sebagainya. Jasa transportasi online saat ini menjadi lebih populer mengingat kebutuhan para konsumen untuk menjangkau berbagai tempat dengan lebih cepat dan praktis.

Salah satu elemen yang pada link berikut ini https://calonpengangguran.com/2022/04/17/apa-itu-bisnis-model-canvas/. Menunjukkan bahwa bisnis model canvas yaitu customer segments yang mencakup konsumen dan karakteristik konsumen sehingga bisa menentukan segmen pasar atau target bisnis yang diharapkan. Melihat dari bisnis transportasi berbasis online ini sangat cocok untuk elemen customer segment terutama bagi yang sudah mengerti akan teknologi seperti kalangan pekerja, pelajar, serta konsumen transportasi umum.

Kamu bisa mencoba bisnis transportasi berbasis online ini meskipun sudah banyak namun kamu harus menentukan apa yang berbeda dari bisnis kamu tersebut. Misalnya salah satu brand transportasi online di Jogja seperti Jogjakita menawarkan harga yang terjangkau serta melayani berbagai rute yang ada di Jogja dengan lebih terpercaya sehingga bagi orang Jogja asli mungkin lebih memilih transportasi online ini dibandingkan yang lainnya.

2. Bisnis Penginapan, Wisma, dan Hotel

Bagi kamu yang memiliki lokasi atau rumah yang tidak digunakan serta berada di lokasi yang strategis dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat wisata dan, lain-lain mungkin kamu bisa mencoba bisnis model kanvas yaitu penginapan, wisma, maupun hotel. Seperti yang kita tahu saat ini banyak sekali aplikasi untuk menginap sementara bagi pelancong atau pengunjung suatu tempat dengan menggunakan reddoorz, airy, oyo, dan sebagainya.

Berdasarkan dari elemen bisnis model canvas maka usaha penginapan, wisma, dan hotel memiliki berbagai elemen yang bisa dirancang dengan model canvas sehingga kamu bisa memperkirakan apa yang akan didapatkan serta resiko yang akan dihadapi. Rancangan ini nantinya bisa kamu pertimbangkan bersamaan dengan modal serta hal lainnya, jika cocok kalau bisa meneruskannya dan jika tidak maka kamu bisa mencari bisnis yang lain.

3. Bisnis Jasa Pengiriman Paket 

Selanjutnya, bisnis model kanvas yang bisa kamu coba yaitu jasa pengiriman paket sesuai dengan elemen yang ada paket bisnis model kanvas maka jasa pengiriman paket bisa kamu coba sebagai rekomendasi ide bisnis yang menjanjikan. Jika dipertimbangkan melalui berbagai elemen dari bisnis model kanvas maka jasa pengiriman paket memiliki rancangan yang sangat cocok untuk dikembangkan.

Selain itu jasa pengiriman paket di berbagai daerah sangat dibutuhkan apalagi di daerah pelosok dan pinggiran karena mengingat toko online saat ini sering digunakan untuk membeli sebuah barang maka jasa pengiriman masih sangat kurang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga kamu bisa menggunakan rekomendasi bisnis jasa pengiriman paket sebagai salah satu contoh bisnis model canvas yang berpotensi.

4. Bisnis Wedding Organizer dan Event Organizer 

Bisnis model kanvas yang bisa kamu coba selanjutnya yaitu wedding organizer dan event organizer, jika kamu sebelumnya telah membaca artikel tentang apa itu bisnis model kanvas di link berikut ini https://calonpengangguran.com/2022/04/17/apa-itu-bisnis-model-canvas/. Maka pastinya kamu sudah mengetahui apa saja elemen penting yang ada pada bisnis model kanvas untuk merancang dan merencanakan bisnis agar sukses dan optimal.

Mempertimbangkan dari elemen yang ada maka bisnis wedding organizer dan event organizer analisa melalui elemen dari bisnis model canvas tersebut. Sehingga kamu bisa melihat apa saja yang dibutuhkan dalam bisnis ini serta bagaimana potensinya di masa depan. Perlu kamu tahu bahwa setiap bisnis model canvas harus memiliki rancangan serta memenuhi elemen yang ada. 

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang rekomendasi contoh bisnis model canvas yang bisa kamu coba. Sebelumnya kami sarankan terlebih dahulu untuk membuka link yang sudah kami berikan di atas untuk melihat berbagai elemen untuk mempertimbangkan bisnis yang tepat untuk kamu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *