Dampak Ketatnya Persaingan Bisnis Logistik yang Harus Kamu Pahami!

Salah satu yang menjadi resiko dalam mengembangkan usaha atau bisnis yaitu adanya kompetitor dan persaingan yang ketat. Hal ini juga terjadi pada bisnis logistik dimana banyak sekali berbagai jasa pengiriman yang muncul dengan berbagai inovasinya sehingga bisnis logistik yang lama harus mempertahankan posisinya. Dampak ketatnya persaingan bisnis logistik tentunya membawa berbagai pengaruh pada bisnis logistik lama maupun baru.

Oleh karena itu, pentingnya perencanaan, strategi, inovasi, evaluasi, dan masih banyak lagi dalam melakukan operasional bisnis hal ini akan meminimalisir dampak ketatnya persaingan bisnis logistik tersebut. Jika kita mempelajari kasus yang sesuai yaitu jasa pengiriman JET yang saat ini sudah gulung tikar akibat ketatnya persaingan bisnis saat ini. Tentu saja dampak ketatnya persaingan bisnis bidang logistik ini bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa saja dampak katanya persaingan bisnis bidang logistik yang saat ini menjadi ancaman bagi jasa pengiriman. Hal ini juga ditambah dengan adanya pandemi covid 19 yang menyebabkan berbagai usaha atau bisnis mengalami kegagalan dan kebangkrutan. Dengan mengetahui dampak ketatnya persaingan bisnis maka kamu akan menyadari pentingnya untuk melakukan inovasi kepada pasar dan konsumen.

Dampak Ketatnya Persaingan Bisnis Logistik di Indonesia

dampak ketatnya persaingan bisnis logistik

Sejak adanya bisnis logistik di Indonesia produsen dan konsumen dimudahkan untuk mengirim dan menerima barang hingga ke alamat tanpa harus repot-repot. Mungkin bagi kita yang melihat bisnis ini terlihat menjanjikan dan memiliki peluang padahal banyak sekali hal yang membuat bisnis ini harus melakukan regulasi dikarenakan persaingan bisnis logistik begitu ketat di Indonesia. 

Tidak sedikit juga bisnis logistik jasa pengiriman di Indonesia gulung tikar dikarenakan tidak memiliki modal dan alasan untuk melanjutkan bisnisnya. Banyak hal yang menyebabkan sebuah perusahaan logistik mengalami kebangkrutan antara lain kurang adanya riset pasar dan konsumen, kurang berinovasi, tidak mengantisipasi resiko dengan tepat, kekurangan modal, kompetitor, dan masih banyak lagi.

Dari adanya penyebab yang kami sebutkan di atas tentu saja menimbulkan dampak yang cukup besar dari sebuah bisnis logistik. Dampak tersebut dimulai dari level kecil hingga besar sehingga keberlanjutan sebuah bisnis akan tergantung dari bagaimana cara pemilik bisnis untuk mengatasinya. 

Bahkan sekelas Tokopedia saja per antisipasi dengan persaingan bisnis dengan melakukan merger dengan Gojek, hal itu harus dilakukan jika tidak ingin terkena dampak ketatnya persaingan bisnis logistik di Indonesia sebagai berikut:

1. Mengalami Kerugian

Dampak pertama yang pasti dirasakan oleh bisnis logistik jika tidak mampu mengatasi persaingan yang ketat yaitu mengalami kerugian. Kerugian ini diakibatkan karena perusahaan tidak mampu untuk mengembalikan kestabilan dan tidak menemukan titik temu solusi terbaik. Di sisi lain, perusahaan tetap melanjutkan operasional yang tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan tetap melanjutkan operasional meskipun mengetahui bahwa kondisi perusahaan sedang terancam diantaranya tidak memiliki dana yang cukup untuk memberikan kompensasi kepada karyawan, masih berusaha untuk beroperasi, menyadari bahwa perlu adanya dana untuk membayar hutang dan tagihan perusahaan, dan masih banyak lagi.

2. Investor yang Beralih 

Dampak yang akan ditimbulkan dari ketatnya persaingan bisnis dalam dunia logistik yaitu mundurnya investor dari kepemilikan saham perusahaan. Hal ini tentu tidak mengagetkan karena investor pasti menginginkan keuntungan dengan menanamkan modal, jadi jika investor menyadari bahwa perusahaan tersebut tidak lagi memiliki peluang bersaing maka keputusan terbaik yaitu investor beralih ke perusahaan lain yang memiliki potensi.

Mundurnya para investor tersebut tentu saja sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan karena perusahaan tidak lagi memiliki suntikan dana. Bahkan seluruh dana akan ditarik oleh investor yang tentu saja akan kembali ke poin pertama yaitu mengalami kerugian. Bisa dibilang dampak dari adanya persaingan yang ketat ini akan kembali kepada perusahaan itu sendiri apakah mampu untuk bertahan atau tidak.

3. Perusahaan Berhenti Beroperasi dan Ditutup

Hal terakhir yang menjadi dampak bisnis logistik yang tidak sanggup untuk bersaing secara ketat yaitu perusahaan akan berhenti beroperasi dan ditutup. Hal ini juga akan berpengaruh pada karyawan dan strukturnya yang akan kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Pada akhirnya bisnis logistik yang mampu bertahan yaitu bisnis yang memiliki inovasi dan strategi matang untuk terus bersaing pada pasar dan kebutuhan konsumen.

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang apa saja dampak ketatnya persaingan bisnis logistik yang bisa menjadi evaluasi bagi jasa pengiriman di Indonesia untuk terus bertahan melewati berbagai jenis hambatan yang tentu saja akan datang kapanpun dan dimanapun. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan update terus artikel dari situs ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *