Segmentasi Pasar: Tujuan, Manfaat, Analisis, Identifikasi

Pada ulasan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai segala hal yang berkaitan dengan segmentasi mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, dan juga contoh dari segmentasi pasar.

Pada saat ini di era yang sangat maju dengan jumlah penduduk yang sangat tinggi dengan catatan jumlah manusia yang mencapai hampir mencapai 8 milyar jiwa.

Ini merupakan salah satu bentuk dari kehidupan manusia yang terus tumbuh dan bertambah, dengan ini bisa dimanfaatkan sebagai suatu kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu.

Tentunya setiap manusia di dunia ini memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari kebutuhan pokok atau kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan juga kebutuhan sekuler.

Namun tentunya pandangan dari setiap orang mengenai kebutuhannya berbeda-beda misal kebutuhan orang-orang yang tinggal di ibu kota negara dengan segala kemajuan teknologi akan berbeda kebutuhannya dengan orang yang tinggal di sebuah desa kecil yang sederhana.

Nah begitulah kira-kira segmentasi pasar yang merupakan pemetaan terhadap sasaran yang bisa dibedakan berdasarkan kebutuhan setiap orang yang juga berbeda-beda.

Dengan jumlah masyarakat yang terus bertambah tentunya kebutuhan akan barang dan juga jasa akan semakin bertambah, untuk mereka yang merupakan orang-orang dengan jiwa wirausaha ini merupakan keberkahan.

Namun untuk mereka yang tidak kreatif dan bisa terbilang kaku akan dunia bisnis dan wirausaha ini merupakan salah satu ancaman bagi kehidupan manusia.

Dengan semakin banyak manusia maka semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi artinya peluang bisnis akan semakin besar dengan kesempatan keberhasilan yang semakin tinggi pula.

Namun di artikel kali ini kita tidak akan membahas mengenai peluang bisnis yang baik untuk sekarang, melainkan kita akan membahas mengenai segmentasi pasar yang sudah disinggung pada bagian awal tadi.

Pembahasan Mengenai Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan salah satu hal yang penting untuk keberhasilan suatu usaha atau bisnis di mana adanya tindakan pengelompokan sasaran pasar berdasarkan dari tempat, kebiasaan, kebutuhan, serta perilaku dari para calon pembeli, pelanggan, dan juga konsumen.

Segmentasi pasar sendiri diartikan sebagai tindakan pemetaan pasar berdasarkan beberapa hal di atas dengan begitu sebuah bisnis dapat mengetahui di mana tempat yang cocok untuk bisnisnya.

Dengan melakukan segmentasi pasar ini sebuah bisnis akan mampu menilai apa saja yang baik di jual dan mampu laku di pasaran saat itu sehingga sebuah bisnis mampu memenuhi kebutuhan dan memiliki profit atau keuntungan yang tinggi.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

segmentasi pasar

Ada beberapa jenis Segmen Pasar yang wajib kamu kethaui terlebih dahulu. Bagi pemula tentunya hal ini terdengar sangat ribet, tetapi disini saya akan menjelasakan secara detail mengenail hal tersebut.

1. Segmentasi Berdasarkan Perilaku

Jenis pertama adalah perilaku yang mana sebuah target penjualan akan dibagi dan dipisahkan berdasarkan perilaku umum yang dilakukan oleh calon pelanggan.

2. Segmentasi Demografis

Pembagian pasar atau segmentasi pasar yang dua adalah berdasarkan dari demografi yang ada pada para calon pelanggannya, yang dinilai di sini adalah usia, pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan, status menikah dan lain sebagainya.

3. Segmentasi Psikografis

Pembagian pasar atau segmentasi pasar yang ketiga adalah pembagian berdasarkan dari psikografi namun sayangnya jenis Segmentasi yang satu ini cukup rumit dan sulit dilakukan karena kamu harus mampu menilai selera atau keinginan dari para calon pembeli.

4. Segmentasi Geografis

Nah jenis pembagian atau segmentasi pasar yang keempat adalah berdasarkan dari geografis atau tempat tinggal dari para calon pelanggan, karena biasanya kebutuhan dari para pelanggan juga bisa dibedakan dari tempat tinggal atau daerah pembeli.

Tujuan Utama dari Segmentasi Pasar

Tujuan dari sebuah pemetaan, pembagian, dan juga segmentasi pasar ini utamanya adalah sebagai upaya untuk mengetahui kebutuhan pasar dan juga untuk memenuhi profit dari sebuah bisnis.

Namun berikut ini beberapa tujuan lainnya dari segmentasi pasar sebagai berikut.

1. Mengetahui Pesaing

Dengan memahami pasar dengan cara segmentasi pasar ini kamu akan mendapatkan data dari pesaing yang mungkin akan kamu hadapi apabila mendirikan bisnis tersebut.

Sehingga kita dapat menilai bagaimana baiknya untuk menghadapi pesaing pada bisnis tersebut.

2. Memahami Kebutuhan Pasar

Dengan melakukan segmentasi atau pembagian pasar kamu juga akan mendapatkan banyak informasi penting dalam kebutuhan sehingga bisa menyediakan dari setiap kebutuhan dari setiap calon pembeli tersebut.

3. Meningkatkan Efektifitas Pemasaran

Dengan mengetahui bagaimana pasar kamu juga akan bisa melakukan pemasaran dengan baik dan juga lebih efisien lagi.

Sebab dengan mengetahui kebutuhan, sikap dan juga target konsumen akan memudahkan kamu dalam proses promosi, produksi, dan juga distribusi produk kepada calon pembeli.

4. Bahan Evaluasi

Tujuan selanjutnya adalah dengan adanya data dan bahan sebagai evaluasi bisnis apakah bisnis yang akan dijalankan akan cocok atau tidak.

Dengan begitu kemungkinan akan keberhasilan pada suatu bisnis akan semakin besar dan profit dari sebuah bisnis akan semakin tinggi.

5. Meningkatkan Pelayanan Terbaik

Tujuan selanjutnya dari kegiatan Segmentasi adalah untuk bisa meningkatkan pelayanan dari sebuah bisnis menjadi lebih baik, karna kamu akan mendapatkan banyak data mulai dari kebiasaan, kebutuhan, usia, jenis kelamin, sikap dan berbagai informasi penting dari para calon pembeli.

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat dari sebuah segmentasi pasar tentunya akan sangat banyak yang akan kamu dapatkan untuk kepentingan dari bisnis yang akan kamu jalankan serta produk yang akan diproduksi.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari segmentasi pasar.

  • Mengetahui Peluang bisnis
  • Memenuhi kebutuhan pembeli
  • Mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli
  • Memudahkan promosi produk atau jasa
  • Membuka peluang lebih besar akan keberhasilan bisnis
  • Dan lain sebagainya

3 Tahapan Segmentasi yang Wajib Kamu Ketahui

Pada umumnya untuk bisa melakukan segmentasi pasar ada beberapa tahapan penting untuk keberhasilan sebagai berikut ini.

1. Tahap Survei

Tahap pertama dalam proses segmentasi adalah dengan melakukan survei pada beberapa orang yang ada pada daerah tertentu.

Kamu bisa menanyakan secara langsung, membagikan kuesioner, dan lain sebagainya dengan upaya untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyak mengenai beberapa calon pembeli.

2. Analisis

Tahap selanjutnya adalah menganalisis atau menilai dari informasi yang sudah kamu kumpulkan pada tahap pertama yaitu Survei tadi dengan harapan mampu mengambil kesimpulan dari informasi yang didapatkan dari tahap survei.

3. Identifikasi

Tahap terakhir dari sebuah segmentasi adalah dengan mengidentifikasi dan mengambil langkah pada tahap analisis mengenai apakah keputusan yang akan diambil pada sebuah bisnis.

Penutup

Itu tadi penjelasan yang bisa kami berikan melalui artikel kali ini yang ternyata merupakan hal yang penting pada sebuah bisnis. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini silahkan sampaikan dengan menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *