Aplikasi Peduli ESDM Apk, Cek Disini Untuk Daftar Subsidi Listrik Gratis!

Akibat pandemi beberapa tahun terakhir membuat pengusaha dan pedagang skala kecil mengalami kerugian bahkan gulung tikar sehingga perlu merintis kembali untuk mendapatkan penghasilan seperti sedia kala. Pemerintah tentu sadar akan hal ini dan tidak menutup mata sehingga terus mendukung dan memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi untuk terus berusaha bertahan hidup serta mendapat pekerjaan.

Salah satu dukungan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu, industri skala kecil serta UMKM yaitu dengan memberikan subsidi listrik secara gratis. Hal ini untuk membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat yang sedang merintis dan mengembangkan usaha maupun mendapatkan pekerjaan hingga stabil. Banyak orang yang mencari informasi tentang daftar subsidi listrik gratis.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, artikel pada kesempatan kali ini akan membahas tentang aplikasi peduli ESDM apk. Bagi kamu yang merasa membutuhkan bantuan subsidi listrik ini maka tidak ada salahnya untuk mengajukan di aplikasi peduli ESDM apk, kami akan merangkum berbagai informasinya yang mungkin berguna untuk kamu dan tutorial yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik dari pemerintah ini.

Tentang Aplikasi Peduli ESDM Apk, Berikut Penjelasannya!

Aplikasi peduli esdm apk

Bantuan subsidi listrik gratis ini diberikan oleh Kementerian ESDM kepada masyarakat yang membutuhkan, kesempatan ini dibuka bagi masyarakat yang kurang mampu, UMKM, industri kecil, dan sebagainya. Kamu bisa mengajukan dan mendaftarkan diri melalui aplikasi peduli ESDM dengan syarat belum terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Kementerian Sosial kan kabarnya akan mendapatkan subsidi sebesar 450 va dan 900 va.

Sebenarnya program ini sedang dalam pengembangan dan dikenal dengan nama Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik atau PEDULI. Sasaran dari program ini yaitu subsidi listrik yang sesuai dengan target, bagi yang ingin mencoba untuk mendapatkan subsidi listrik gratis dari ESDM maka bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu di play store. Aplikasi tersebut bernama Peduli ESDM apk yang sudah di desain untuk memudahkan masyarakat.

Aplikasi ini dibuat untuk menerima pengaduan masyarakat agar mendapatkan hak dari subsidi listrik yang disediakan oleh Kementerian ESDM. Sebenarnya untuk melakukan pengaduan atas hak mendapatkan subsidi listrik gratis ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu bisa datang langsung ke kantor Kelurahan atau bisa melalui smartphone disesuaikan dengan kondisi setiap orang. 

Bagi kamu yang tidak memiliki smartphone maka bisa langsung mendatangi kantor Kelurahan terdekat, lalu laporan tersebut biasanya akan disampaikan di kecamatan kemudian diinput di aplikasi peduli melalui website subsidi.djk.esdm.go.id. Kemudian bagi yang memiliki smartphone bisa mengajukan secara langsung melalui aplikasi Peduli ESDM dengan langkah yang mudah dan praktis.

Download Aplikasi Peduli ESDM Apk dan Cara Menggunakannya

Mengetahui informasi tentang aplikasi subsidi gratis yang diberikan oleh Kementerian ESDM ini maka selanjutnya kami akan menyampaikan tentang link download aplikasinya serta cara menggunakan aplikasi ini untuk mengajukan subsidi listrik. Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu data atau dokumen yang mungkin dibutuhkan saat mendaftarkan diri kemudian kamu bisa ikuti tutorial berikut untuk download aplikasi peduli ESDM:

  1. Pertama, langkah yang harus kamu lakukan yaitu membuka aplikasi play store dan ketik pada penelusuran “aplikasi peduli esdm” atau kamu juga bisa klik linknya DISINI
  2. Setelah itu klik install dan tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian buka aplikasi yang sudah kamu instal tersebut
  3. Jika kamu sudah memiliki akun maka pilih tombol login dan jika belum memiliki akun silahkan klik tombol registrasi
  4. Untuk melakukan registrasi silahkan memasukkan data yang dibutuhkan seperti username, nama, NIK, email, KK, dan kata sandi
  5. Pastikan semua data benar dan klik tombol submit untuk menyelesaikan pendaftaran, setelah pendaftaran kau berhasil maka pada halaman login ketik username dan kata sandi kamu tadi
  6. Setelah masuk pada aplikasi Peduli ESDM, maka kamu akan menemukan berbagai menu namun langkah yang harus kamu lakukan yaitu melengkapi profil terlebih dahulu
  7. Kemudian pilih menu dan layanan sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu bisa melakukan pengajuan, pengaduan, pengecekan, dan masih banyak lagi
  8. Selesai

Akhir kata, tutorial di atas menutup pembahasan kami pada kesempatan kali ini tentang aplikasi Peduli ESDM apk yang bisa kamu download melalui play store untuk mendapatkan subsidi listrik secara gratis. Kami juga telah menyediakan informasi untuk link download yang bisa langsung kamu klik serta informasi yang berguna lainnya. Terima kasih sudah membaca hingga selesai dan update artikel kami selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *