Aplikasi SEB PPG tahap 2, Ini Dia Link dan Cara Instalnya!

Aplikasi SEB PPG tahap 2 – Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai aplikasi WEB PLPG tahap kedua.

Saat ini tengah ramai perbincangan mengenai seleksi PPG atau seleksi pendidikan profesi guru yang mana tengah berlangsung proses seleksi untuk mendapatkan sertifikasi dari pemerintah mengenai tenaga pengajar atau pendidik.

Dikarenakan saat ini ada banyak sekali orang yang berprofesi menjadi guru baik di sekolah dasar atau SD, Sekolah menengah pertama atau SMP, sekolah menengah atas atau SMA, atau yang setingkatnya yaitu madrasah.

Sehingga ada banyak sekali para calon dan peserta yang mencari informasi mengenai PPG yang diadakan saat ini.

Salah satunya adalah mengenai Aplikasi SEB PPG yang banyak juga dicari oleh para calon dan peserta seleksi PPG tahun 2022 dan khususnya mereka yang saat ini sudah lolos di tahap kedua.

Pada mulanya seleksi PPG diadakan secara serentak secara tatap muka langsung, namun akibat dari pandemi korona yang berkepanjangan menyebabkan seleksi diadakan secara daring dan Online menggunakan aplikasi PPG.

Di mana aplikasi ini merupakan aplikasi yang di kembangkan oleh kementrian yang bekerja sama dengan banyak pihak sehingga tercipta aplikasi yang sangat berguna ini.

Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai aplikasi WEB PPG tahap ke dua di bawah ini sebagai berikut.

Penjelasan Seputar Aplikasi SEB PPG Tahap 2

aplikasi seb ppg tahap 2

Untuk bisa mengikuti seleksi tahap awal maupun tahap yang kedua para calon peserta diwajibkan untuk memiliki SEB atau Safe Exam WEB atau browser yang aman untuk mengikuti ujian.

Dengan begitu barulah diizinkan untuk mengikuti seleksi PPG secara daring melalui aplikasi PPG yang sudah dibuat oleh pihak kementerian.

Aplikasi PPG kali ini dapat juga digunakan pada laptop maupun komputer dengan menggunakan sistem Windows maupun macOS.

Adapun spesifikasi yang harus dimiliki oleh komputer maupun laptop untuk bisa mengunduh dan menginstall aplikasi PPG adalah sebagai berikut ini.

  • Menggunakan Layar dengan ukuran minimal 10 inch
  • Menggunakan sistem operasi minimal Windows 8 32 bit dan pada mac OS minimal menggunakan sistem operasi mac OS 10
  • Memiliki RAM minimal 2GB
  • Terdapat penyimpanan kosong minimal 10 GB
  • Audio berfungsi dengan baik
  • Baterai berfungsi dengan baik

Itu beberapa spesifikasi yang diperlukan untuk bisa mengunduh dan menginstall aplikasi PPG.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyaman kepada para calon peserta yang akan mengikuti seleksi PPG agar bisa mengikuti seleksi dengan nyaman.

Karena jika menggunakan perangkat dengan spesifikasi di bawah dari spesifikasi yang telah di sebutkan di atas maka dikhawatirkan akan menemui kendala seperti perangkat macet, Lag, tidak lancar, putus-putus, dan berbagai kendala lainnya yang disebabkan oleh perangkat yang digunakan.

Selain itu setiap calon peserta yang akan mengikuti seleksi PPG diwajibkan untuk memiliki aplikasi SEB, WA, dan juga aplikasi ZOOM agar bisa mengikuti ujian dengan lancar.

Berikut ini Link Download dari aplikasi SEB PPG tahap kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh aplikasinya secara gratis.

Link Download Aplikasi SEB PPG Tahap 2

1. Link Download Aplikasi SEB PPG sistem operasi Windows

https://kacabenggala.uny.ac.id/seleksi-daljab/Windows/1_SEB_SELEKSI_INSTALL_Windows.exe

https://kacabenggala.uny.ac.id/seleksi-daljab/Windows/2_MULAI_SELEKSI_Windows.seb

2. Link Download Aplikasi SEB PPG sistem operasi mac OS

https://kacabenggala.uny.ac.id/seleksi-daljab/MacOS/1_SEB_SELEKSI_INSTALL_macOS.dmg

https://kacabenggala.uny.ac.id/seleksi-daljab/MacOS/2_MULAI_SELEKSI_V1_macOS.seb

Cara Install Aplikasi SEB PPG Tahap 2

Berikut ini cara untuk menginstall aplikasi SEB PPG tahap 2 tahun 2022.

  • Klik Link Download di atas dengan menggunakan Link yang sesuai dengan sistem operasi yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan
  • Kemudian klik Yes ketika di minta verifikasi pada situs resmi kemendikbud
  • Selanjutnya Aplikasi akan terinstall di perangkat kamu
  • Kemudian klik Next dan pilih setujui semua persyaratan
  • Kemudian klik Next hingga Finish

Jika kamu kebingungan dan masih kurang jelas cara untuk menginstall aplikasi SEB PPG, kamu bisa mengikuti panduan dari Youtube yang dibuat oleh Kemendikbud melalui Link berikut ini.

Klik Link di atas yang mana kamu akan dibawa ke Youtube dan akan diberikan panduan untuk menginstall aplikasi SEB PPG dengan benar dan juga mudah.

Tujuan Seleksi PPG Tahap 2 Tahun 2022

Untuk saat ini PPG sedang di lakukan dan berada di pengawasan langsung Kemendikbud dengan progresnya sudah memasuki tahap kedua seleksi. Sementara seleksi tahap kedua akan dilaksanakan pada 24 sampai 27 mei tahun 2022 secara Online atau daring melalui aplikasi SEB PPG tahap 2.

Dan saat ini tengah dilakukan percobaan oleh kemendikbud mengenai proses seleksi PPG yang akan dilaksanakan pada tanggal tersebut. Dengan mengikuti seleksi PPG ini diharapkan setiap dewan guru yang belum memiliki sertifikat mengajar agar bisa mendapatkan sertifikat tersebut dan menjadi profesi yang resmi dan diakui oleh pemerintah.

Yang mana hal ini sesuai dengan peraturan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 8 menyebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sehingga dengan mengikuti seleksi PPG atau profesi pendidikan guru diharapkan dewan guru dan dewan pengajar memiliki sertifikat yang diakui negara.

Dengan sertifikat tersebut setiap guru yang memilikinya berarti telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru dan diakui oleh negara sesuai dengan peraturan di UU nomor 14 tahun 2005 yang mengatur hal tersebut.

Cara Masuk SEB Saat Mengikuti Seleksi PPG Tahap 2

Untuk beberapa orang mungkin akan sedikit kesulitan untuk bisa mengikuti dan masuk ke aplikasi SEB PPG yang ada, berikut ini cara yang bisa diikuti untuk bisa menggunakan aplikasi SEB PPG.

  • Klik pada bagian mulai seleksi Windows atau mac OS di atas (sesuaikan pada perangkat yang kamu gunakan)
  • Masukkan kata sandi: seleksi
  • Masukkan nomor peserta kamu di bagian yang ada
  • Selanjutnya masukkan kode validasi pada kolom yang tersedia di formulir seleksi akademik
  • Kemudian klik setuju pada setiap permintaan
  • Dan kemudian klik Proses
  • Kamu sudah bisa mulai mengikuti ujian
  • Ketika waktu sudah habis maka setiap soal akan otomatis di kunci serta soal yang belum di jawab akan otomatis tertutup
  • Peserta dipersilahkan untuk meninggalkan obrolan grup Zoom sesuai dengan arahan dari panitia pelaksana

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai Aplikasi SEB PPG tahap 2 tahun 2022 yang bisa kami berikan untuk kamu. Ternyata ada cukup banyak persyaratan dan juga hal yang perlu dipersiapkan agar bisa mengikuti seleksi dengan baik dan juga dapat menyelesaikan setiap pertanyaan.

butuh persiapan matang agar bisa lolos seleksi dan mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *