Kenapa Efek IG Tidak Bisa Dipakai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Efek IG Tidak Bisa Dipakai – Sebagian besar penggunaan smartphone saat ini sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Instagram yang sudah populer dan menjadi salah satu aplikasi media sosial dengan jutaan pengguna dari seluruh dunia.

Setelah menjadi bagian dari perusahaan meta yang sebelumnya merupakan induk dari perusahaan Facebook dan WhatsApp, Instagram kini terus mengembangkan berbagai fitur yang dimilikinya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya.

Namun, tidak jarang para penggunanya masih menemui kendala yang muncul baik dari aplikasinya, maupun dari perangkat yang digunakan oleh pengguna tersebut. Salah satu kendala yang cukup sering dialami oleh para pengguna Instagram yaitu efek IG yang tidak bisa dipakai.

Hal ini tentu sangat mengganggu pengguna karena mereka tidak bisa menggunakan filter tersebut untuk mempercantik foto maupun video yang mereka buat. Oleh karena itu, mereka mencari informasi mengenai penyebab kenapa efek IG tidak bisa dipakai untuk foto atau video.

Berikut ini admin akan membagikan informasi untuk kamu mengenai kenapa efek IG tidak bisa dipakai serta cara mengatasinya, so simak ulasan lengkapnya berikut ini agar kamu lebih paham dan tidak ketinggalan informasinya.

Kendala Efek IG Tidak Bisa Dipakai Untuk Foto atau Video yang Dialami Pengguna

Perlu kamu tahu, fitur Instagram merupakan salah satu fitur yang saat ini dibutuhkan oleh banyak orang untuk mempercantik foto atau video yang diupload baik ke story maupun ke feed Instagram.

Meskipun banyak digunakan oleh para pengguna, tidak sedikit para pengguna yang belakangan ini mengeluhkan efek Instagram yang tidak bisa dipakai. Kebanyakan dari orang yang mengalami kendala ini, mendapatkan notifikasi “gagal menggunakan efek di perangkat anda” saat hendak menggunakan filter di Instagram.

Bahkan, berdasarkan pantauan di Twitter banyak warganet pengguna Instagram yang bertanya mengenai Kenapa filter IG tidak bisa dipakai hingga pembahasan ini menjadi trending di media sosial tersebut.

Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab filter IG tidak bisa digunakan, dan sebelumnya pada hari Rabu 25 Mei 2022 dari siang hingga sore hari, terpantau banyak dari para pengguna Instagram yang mengeluhkan tentang error dan munculnya notifikasi feedback required.

Tidak hanya di Indonesia, keluhan error di aplikasi Instagram ini juga terjadi di berbagai negara, dimana situs downdetector mencatat ada sekitar 77% pengguna Indonesia mengeluhkan terkait tidak bisa login di Instagram.

Terkait dengan penyebab kenapa efek IG tidak bisa dipakai oleh pengguna, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari faktor aplikasi maupun faktor perangkat yang digunakan oleh pengguna Instagram itu sendiri.

Penyebab Kenapa Efek IG Tidak Bisa Dipakai Oleh Pengguna yang Wajib Kamu Tahu !

kenapa efek ig tidak bisa dipakai
  1. Efek IG Sudah Dihapus Oleh Pembuatnya

Penyebab efek IG tidak bisa dipakai bisa jadi dikarenakan efek tersebut sudah dihapus oleh pembuatnya, sehingga pengguna lainnya tidak akan bisa menggunakan efek IG tersebut untuk membuat foto ataupun video di Instagram. Kamu bisa mencoba efek lainnya yang serupa melalui fitur pencarian efek dan filter di Instagram, jika kamu ingin membuat foto atau video.

  1. Wilayah Tidak Didukung Oleh Efek

Tahukah kamu kalau ada beberapa efek Instagram yang hanya bisa digunakan di wilayah tertentu, sehingga jika kamu tidak berada di wilayah yang didukung, maka kamu tidak akan bisa menggunakan efek tersebut. 

  1. Aplikasi Instagram Belum Update ke Versi Terbaru

Ketika aplikasi Instagram belum di update ke versi yang terbaru, maka kamu tidak akan bisa menikmati fitur dan efek yang tersedia. Karena, beberapa efek dan filter hanya bisa digunakan di aplikasi dengan versi yang terbaru. Oleh karena itu, kamu harus rajin mengecek pembaruan aplikasi di play store maupun app store agar tetap bisa menikmati fitur yang ada di aplikasi Instagram.

  1. Perangkat Tidak Kompatibel untuk Menggunakan Efek

Penyebab lainnya filter IG tidak bisa dipakai dikarenakan versi perangkat kamu yang tidak kompatibel dengan efek tersebut. Biasanya hal ini terjadi pada beberapa perangkat versi lama yang tidak mendukung penggunaan efek terbaru.

  1. Koneksi Internet Buruk

Perlu kamu tahu, kamu tidak akan bisa menggunakan efek IG apabila jaringan di wilayah kamu sedang buruk, pasalnya untuk menggunakan filter kamu membutuhkan jaringan internet yang stabil agar bisa mengaksesnya.

Cara Mengatasi Efek IG Tidak Bisa Dipakai Oleh Pengguna

Setelah mengetahui penyebab efek IG tidak bisa dipakai, maka kamu sudah bisa menentukan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengikuti cara-cara yang akan kami bagikan di bawah ini :

  1. Update versi aplikasi Instagram ke yang terbaru agar bisa menggunakan efek terbaru.
  2. Restart ulang perangkat atau handphone yang kamu gunakan.
  3. Hapus cache dan data di aplikasi Instagram yang ada di perangkat kamu.
  4. Cek koneksi internet dan pastikan jaringan kamu dalam kondisi stabil atau memiliki cukup kuota.
  5. Mencari efek lainnya yang mendukung di perangkat maupun wilayah tempat tinggal kamu.
  6. Logout akun Instagram, bersihkan data aplikasi, kemudian login kembali.

Nah, itulah pembahasan mengenai penyebab kenapa efek IG tidak bisa dipakai beserta cara mengatasinya, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa update selalu informasi menarik lainnya dari situs kami setiap hari ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *