Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop COD, Ini Dia Tutorialnya!

Tahukah kamu bahwa kini aplikasi tiktok sudah memiliki fitur baru yang dinamakan tiktok shop, banyak sekali pengguna Tik tok yang menggunakan Tik tok sebagai sarana marketing dan pemasaran yang sangat berguna untuk mempromosikan berbagai barang dan jasa sehingga pihak tiktok melihat peluang ini. Apalagi ditambah pengguna aplikasi ini cukup banyak membuat orang-orang mulai melirik menggunakan layanan ini.

Seperti pada marketplace lainnya, pemesanan hingga pengantaran paket konsepnya hampir sama hanya saja ada beberapa layanan yang belum lengkap. Namun metode pembayaran seperti COD yang terkenal di berbagai marketplace sudah tersedia pada aplikasi tiktok shop sehingga tidak ada salahnya untuk kamu mencoba layanan ini agar bisa memesan barang dan membayarnya saat sudah sampai.

Namun, sebagai pengguna tiktok shop mungkin kamu pernah tidak sengaja melakukan check out atas suatu produk sehingga kamu bingung untuk membatalkannya. Mungkin kamu juga bertanya apakah pesanan di tiktokshop COD bisa dibatalkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada artikel ini kami sudah merangkum informasi tentang cara membatalkan pesanan di tiktok shop COD serta tutorial lengkapnya yang bisa kamu simak sebagai berikut.

Tutorial Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop COD

cara membatalkan pesanan di tiktok shop COD

Alasan penggunaan Tik tok mencari cara membatalkan pesanan di tiktok shop COD adalah berbagai faktor, ada yang tidak sengaja melakukan pemesanan sampai memasukkan alamat yang salah sehingga pesanan tersebut harus dibatalkan. Bagi pengguna baru yang menggunakan layanan tiktok shop untuk memesan produk tentu akan merasa sulit bagaimana cara untuk membatalkan pesanan diri tiktok shop COD.

Padahal caranya sangat mudah sekali, namun memang ada beberapa syarat yang harus dilakukan misalnya pembatalan tidak boleh dilakukan saat pengiriman pesanan sudah diproses. Jadi kamu harus membatalkannya ketika pesanan baru saja di pesan atau masih proses dikemas oleh seller. Kami sarankan juga untuk menghubungi seller terlebih dahulu jika kamu ingin membatalkan pesanan dan jangan lupa sebutkan alasan pembatalannya.

Hal ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi keberatan seller yang kamu batalkan pesanannya secara sepihak. Di sisi lain, kamu bisa memesan kembali produk pada toko tersebut pada lain waktu sehingga hubungan kamu dengan seller masih terjalin dengan baik. Kemudian kamu bisa melakukan tutorial cara membatalkan pesanan di tiktok shop COD dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

1. Membatalkan dengan Status Pesanan Belum Dikirim di Tiktok Shop

Tutorial yang pertama merupakan tutorial yang bisa kamu lakukan ketika pesanan kamu masih status dikemas oleh seller atau penjual sehingga kamu masih dapat membatalkannya dengan mudah. Meskipun begitu, tetap kami sarankan untuk menghubungi seller terlebih dahulu agar seller merasa tidak keberatan serta dihargai karena bisa saja seller sudah mengemas pesanan kamu dengan plastik atau perlengkapan lainnya.

Hal tersebut tentu saja cukup merugikan seller karena biaya pengemasan terbuang sia-sia, oleh karena itu kamu bisa membatalkan pesanan ini dengan berdiskusi bersama seller atau langsung membatalkannya sesegera mungkin untuk menghindari kerugian di berbagai pihak. Berikut adalah cara membatalkan pesanan COD di tiktok shop yang belum dikirim:

  • Pertama bukalah akun tiktok shop kamu kemudian jangan lupa untuk login di akun kamu
  • Setelah itu klik menu profil yang berada di pojok kanan bawah halaman, kemudian kamu akan menemukan menu opsi titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian klik menu setting atau privasi dan temukan menu pesanan
  • Setelah mengklik menu pesanan, kamu akan menemukan beberapa opsi menu lainnya terkait pesanan kamu seperti pesanan yang belum dibayar, pesanan yang belum dikirim, dan pesanan yang sudah dikirim
  • Ketika kamu ingin membatalkan pesanan COD yang belum dikirim atau masih dikemas maka klik bagian menu belum dikirim atau untuk dikirim atau siap dikirim
  • Setelah kamu masuk ke halaman pemesanan produk kamu maka kulit ke bawah dan klik tombol batal
  • Lalu akan muncul beberapa alasan dari pembatalan produk yang kamu lakukan, pilihlah sesuai dengan kondisi dan alasan pembatalan kamu
  • Kemudian klik menu batalkan dan pesanan kamu sudah dibatalkan sesuai permintaan
  • Selesai

2. Membatalkan Status dengan Pesanan Sudah Dikirim di Tiktok Shop

Selanjutnya kita akan membahas permasalahan yang lebih rumit yaitu cara membatalkan pesanan COD tiktok shop yang sudah dikirim. Hal ini berarti pesanan kamu sedang dalam proses pengiriman oleh kurir atau jasa pengiriman terkait sehingga secara teknis kamu tidak bisa membatalkannya melalui aplikasi. Jika sudah begini, maka yang bisa kamu lakukan yaitu menghubungi seller atau penjual dan mengatakan alasan pembatalan kamu dengan jelas.

Kami informasikan bahwa tidak semua penjual atau seller akan menerima pengajuan pembatalan kamu, hal ini dikarenakan proses pengemasan hingga pengiriman cukup memakan waktu dan biaya sehingga bisa merugikan pihak seller. Namun, ada juga yang menerima pengajuan pembatalan kamu dengan lapang dada tapi ini mungkin sangat jarang mengingat reseller tidak ingin merugi atas pesanan yang sudah dikirim.

Alternatif lain, kamu bisa berusaha untuk merayu seller dan mengatakan bahwa ingin menolak paket saat sudah sampai di alamat. Memang hal ini bisa dilakukan namun hal ini juga akan sangat merugikan pihak seller serta tiktok shop. Jika memang barang tersebut benar-benar darurat sehingga kamu tidak bisa menerimanya maka jelaskan secara logis dan berikan pengertian kepada seller hingga seller menerimanya.

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tutorial cara membatalkan pesanan di tiktok shop COD yang masih dalam status dikemas dan status pengiriman. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi berbagai pihak, untuk update informasi selanjutnya maka cek terus situs kami setiap hari ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *