Cara Latihan Pendaftaran PPDB Jatim 2022 Dengan Mudah

Cara Latihan Pendaftaran PPDB Jatim 2022 – Kelulusan merupakan hal yang sangat dinantikan bagi setiap siswa serta orang tua, meskipun begitu kelulusan bukanlah akhir dari segalanya karena orang tua harus memikirkan kembali untuk mendaftarkan putra-putri mereka ke jenjang yang lebih tinggi agar melanjutkan sekolah. Tidak heran, musim penerimaan peserta didik baru merupakan hal yang harus direncanakan secara matang serta menyiapkan hal yang dibutuhkan.

Ada beberapa daerah atau provinsi yang memiliki kebijakan sendiri dalam penerimaan peserta didik baru sehingga memiliki regulasi tertentu yang harus diikuti contohnya Jawa Timur atau Jatim. Sehingga perbedaan regulasi yang ada tentu saja harus disosialisasikan agar wali murid atau berbagai pihak mengetahui tentang cara untuk melakukan pendaftaran PPDB setiap tahunnya, termasuk Jawa Timur yang memberikan latihan pendaftaran PPDB 2022.

Latihan pendaftaran PPDB ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada berbagai pihak khususnya calon peserta didik baru jenjang SMA atau SMK agar tidak mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran sesuai jadwal yang telah ditentukan. Cara latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 in sangat mudah serta dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengingat banyak sekolah atau wali murid mengalami kesulitan setiap tahunnya.

Jadwal Latihan Pendaftaran PPDB Jatim 2022, Catat Yuk!

Sebelum kamu mengetahui tutorial cara latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 maka kamu wajib mencatat terlebih dahulu jadwal latihan tersebut yaitu tanggal 13 Juni 2022 sampai 18 Juni 2022. Latihan ini diperuntukkan bagi orang tua, wali murid, dan pihak sekolah terkait registrasi seleksi penerimaan calon peserta didik baru di Jawa Timur. Jadwal ini ditutup pada tanggal 18 Juni 2022 pukul 12 malam sehingga jangan sampai ketinggalan ya.

Umumnya, dinas pendidikan Jawa Timur pada penerimaan peserta didik baru tahun 2022 ini memberlakukan beberapa jalur yaitu jalur zonasi jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas, dan jalur prestasi. Pada keempat jalur tersebut tentu saja terdapat kuota masing-masing, namun seluruh proses registrasi dan jalur pendaftaran pada tahun 2022 ini dilakukan secara online atau daring melalui website ppdbjatim.net.

Selain itu, latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 ini memang diperuntukkan untuk calon siswa yang lulus jenjang SMP kemudian akan melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK di Jawa Timur. Bagi yang kesulitan dan ingin mendapatkan informasi yang lengkap maka kamu bisa menghubungi call center pada Whatsapp di nomor 0811-3055-8880, untuk operator sekolah silakan bisa menghubungi di nomor whatsApp berikut 0811-3055-8890.

Totorial Cara Latihan Pendaftaran PPDB Jawa Timur 2022 Secara Mudah

cara latihan pendaftaran ppdb jatim 2022

Setelah mengetahui jadwal latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 yaitu dimulai tanggal 13 Juni 2022 pukul 1 dini hari hingga 18 Juni 2022 pukul 23.59. Perlu dicatat juga bahwa ini hanyalah latihan dan bukanlah registrasi atau pendaftaran yang asli. Registrasi atau PPDB yang asli sudah ada jadwalnya sendiri yang akan dimulai pada tanggal 20 Juni 2022 mendatang sehingga pada tanggal tersebut kamu sudah siap.

Pada tanggal 20 Juni 2022 tersebut diperuntukkan bagi jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas serta jalur prestasi non akademik yang akan berlangsung hingga tanggal 21 Juni 2022. Adapun untuk jalur lainnya seperti jalur prestasi akademik SMA akan dimulai pada tanggal 25 hingga 26 Juni 2022 mendatang. 

Kemudian untuk tahapan selanjutnya yaitu jalur zonasi SMK dan SMA juga dipisahkan jadwalnya yaitu 28 sampai tanggal 29 Juni untuk SMK dan tanggal 1 sampai 2 Juli untuk SMA. Terakhir, registrasi asli untuk jalur prestasi akademik jenjang SMK pada tanggal 4 sampai 5 Juli 2022. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ada lima tahapan untuk registrasi PPDB Jatim tahun 2022 ini.

Selanjutnya, setelah mengetahui jadwal asli pendaftaran PPDB Jawa Timur 2022 maka kami akan memberikan tutorial untuk cara latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 yang bisa kamu ikuti agar tidak kesulitan ketika mendaftar setiap jalur registrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Latihan ini juga bisa memberikan wawasan dan lebih menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pendaftaran PPDB Jatim 2022 sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu bisa mengakses PPDB ini melalui PC laptop maupun smartphone, browser chrome untuk mengakses website PPDB Jatim
  2. Setelah masuk ke chrome, maka ketik pada pencarian yaitu ppdbjatim.net atau kamu bisa langsung klik linknya DISINI
  3. Kemudian kamu bisa melakukan latihan PPDB pada website kota masing-masing lalu klik tombol latihan, untuk login silahkan masukkan NISN dan PIN, serta CAPTCHA 
  4. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada, kamu bisa melihat berbagai petunjuk dan ketentuan pada website yang sudah kami cantumkan sebelumnya terkait jadwal maupun pengumuman
  5. Jangan lupa download bukti pendaftaran 

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara latihan pendaftaran PPDB Jatim 2022 lengkap dengan jadwal latihannya serta jadwal registrasi aslinya yang bisa kamu catat agar tidak kelewatan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan, jangan lupa share jika ini bermanfaat bagi orang lain. Sehat selalu dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *