Arti Dejavu di TikTok dan Penyebab Terjadinya Dejavu

Arti Dejavu di TikTok – Pernahkah kamu mendengar istilah Dejavu, atau mungkin kamu pernah mengalami peristiwa Dejavu sebelumnya? Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kondisi Dejavu setidaknya satu kali dalam hidupnya, dimana ia merasa bahwa pernah mengalami kejadian yang terjadi pada saat ini.

Istilah Dejavu belakangan ini populer di media sosial khususnya Tiktok yang banyak menampilkan konten video yang menjelaskan tentang peristiwa Dejavu. Walaupun istilah ini cukup populer, ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui arti Dejavu di Tiktok.

Nah, untuk menjawab pertanyaan banyak orang mengenai arti Dejavu, berikut akan kami bagikan ulasan lengkapnya mengenai arti Dejavu di Tiktok, jadi pastikan kamu menyimak informasi kali ini hingga selesai agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

Arti Kata Dejavu yang Pernah Dialami oleh Banyak Orang

arti dejavu di tiktok

Perlu kamu tahu, Kata Dejavu ini sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yang terdiri dari dua kata yaitu deja: sudah dan vu: terlihat. Sehingga, kata Dejavu ini bisa diartikan sebagai sesuatu yang sudah pernah dilihat.

Dejavu adalah sebuah fenomena atau kondisi yang menggambarkan ketika seseorang dapat merasakan bahwa dirinya sudah pernah mengalami kejadian yang terjadi pada saat ini. Padahal, peristiwa atau kejadian yang dialami pada saat ini merupakan sesuatu yang belum pernah dialami sebelumnya.

Kebanyakan orang menganggap Dejavu sebagai hal yang terkesan mistis, lantaran orang yang mengalami Dejavu terlihat seperti dapat mengetahui masa depan yang akan terjadi. Menurut informasi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada sekitar 60 sampai 80% orang yang pernah mengalami peristiwa Dejavu dalam hidupnya.

Arti Dejavu di Tiktok sama dengan penjelasan yang sudah kami bahas di atas, di mana Dejavu adalah sesuatu peristiwa di mana seseorang dapat merasakan kalau dirinya sudah pernah mengalami kejadian yang terjadi pada saat ini, padahal peristiwa tersebut merupakan hal yang pertama kali dialami.

Penyebab Dejavu yang Dijelaskan Secara Ilmiah

Setelah mengetahui arti Dejavu di Tiktok, banyak yang ingin tahu penyebab dejavu yang sering dialami. Peristiwa Dejavu sudah diteliti oleh banyak ilmuwan selama bertahun-tahun, sehingga penyebab Dejavu dapat dijelaskan melalui beberapa teori berikut:

1. Split Perception

Teori split perception ini menjelaskan Dejavu dapat terjadi apabila seseorang melihat hal yang sama di waktu yang berbeda, sehingga otak membentuk ingatan dalam sekali pandang meskipun dalam waktu yang singkat. Bisa saja ingatan ini terbentuk ketika kamu melihat sesuatu secara sekilas, lalu fokus mengerjakan hal lain.

2. Memory Recall

Jika split perception terjadi di lokasi yang sama, maka teori memory recall ini berlangsung di tempat yang berbeda dengan nuansa yang serupa. Misalnya, saat kamu pergi ke coffee shop bernuansa Jepang di kawasan mall, dan kamu merasa tidak asing dengan bangunan itu. Ternyata, interior yang ada di coffee shop di kawasan mall tersebut mirip dengan cafe asli di Jepang yang pernah kamu datangi sewaktu kecil.

Teori yang satu ini menjelaskan bahwa Dejavu disebabkan oleh respons otak terhadap peristiwa yang pernah dilalui sebelumnya, seperti kenangan masa kecil, liburan singkat, bahkan aroma parfum yang bisa membawa kamu mengenang masa lalu.

3. Kejang Pada Lobus Temporal

Penyebab terjadinya Dejavu yang terakhir yaitu dikarenakan kejang lobus temporal yang umumnya hanya dialami oleh penderita epilepsi, stroke, tumor atau kelainan pembuluh darah di otak. Lobus temporal bertanggung jawab penuh dalam memproses emosi dan menyimpan ingatan jangka pendek pada manusia.

Kejang lobus temporal dapat menyebabkan respon seseorang terhadap lingkungan sekitar menurun, dan membuat mereka dapat melakukan hal yang sama secara berulang. Ketika kejang terjadi, penderita dapat berhalusinasi dan merasakan kondisi Dejavu.

4. Adanya Gangguan Sirkulasi Otak

Dejavu juga bisa disebabkan karena adanya gangguan sirkulasi otak atau disebut minor brain circuit malfunctions. Perlu kamu tahu, otak kita memiliki dua tempat penyimpanan memori, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Nah, Dejavu ini terjadi ketika otak salah merespon kejadian yang sedang terjadi.

Seharusnya, kejadian yang kamu lihat sekarang disimpan di memori jangka pendek, namun otak langsung membawanya ke ingatan jangka panjang. Ketika kejadian tersebut berulang, kamu merasa hal itu terjadi di masa lampau, padahal kamu baru saja mengalaminya beberapa menit yang lalu.

Apakah Dejavu Berbahaya Bagi Otak Manusia yang Mengalaminya?

Dejavu juga bisa disebabkan karena stress dan kelelahan, dimana biasanya kondisi Dejavu ini sering terjadi pada remaja karena aktivitas yang padat. Hal ini dapat memicu timbulnya stres dan mempengaruhi cara kerja otak dalam memproses memori dan informasi. 

Dejavu ini umumnya tidak berbahaya jika terjadi satu atau dua kali dalam seumur hidup, dan hal ini wajar terjadi dikarenakan otak dapat diibaratkan seperti komputer yang dapat mengalami error atau gangguan sesekali. Namun, jika kamu sering mengalami Dejavu dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Akhir kata, sekian dulu pembahasan dari kami mengenai arti Dejavu di Tiktok dan pembahasan lengkap mengenai penyebabnya secara ilmiah, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa update selalu informasi bermanfaat lainnya dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *