Kenapa Sertifikat UTBK Tidak Muncul? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa Sertifikat UTBK Tidak Muncul – Pengumuman SBMPTN 2022 sudah terlewati tepatnya pada tanggal 23 Juni 2022 pukul 03.00 sore, proses seleksi untuk masuk perguruan tinggi disebut SBMPTN sedangkan tesnya disebut dengan UTBK atau ujian tulis berbasis komputer. Sehingga ketika kamu selesai mengikuti tes tersebut maka sesuai jadwal yang sudah ditentukan akan ada sertifikat UTBK yang akan memberikan gambaran nilai atau status lulus atau tidaknya seseorang.

Bagi yang lolos atau memenuhi standar untuk masuk perguruan tinggi impian maka akan ada ucapan selamat pada sertifikat tersebut, begitupun sebaliknya. Sistem ini bisa dibilang lebih transparan dari tahun-tahun sebelumnya yang tidak memberikan hasil secara gamblang tentang tes masuk perguruan tinggi. Sertifikat UTBK ini bisa kamu download secara langsung pada website resmi pengumuman SBMPTN. 

Namun, ada beberapa orang yang mengeluhkan tentang kenapa sertifikat UTBK tidak muncul padahal sudah mendownloadnya pada website resmi serta nama dan nomor tesnya sudah benar. Jika kamu mengalami hal ini, kami sarankan untuk tidak panik terlebih dahulu sekarang kami telah mengumpulkan penyebab serta solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab sertifikat UTBK tidak muncul sebagai berikut.

Alasan Kenapa Sertifikat UTBK Tidak Muncul, Ini Dia Penjelasannya

kenapa sertifikat utbk tidak muncul

Pengumuman SBMPTN terintegrasi dengan berbagai sistem yang bisa diakses oleh berbagai pengguna khususnya calon mahasiswa baru yang mengikuti tes UTBK. Pengumuman ini bisa diakses sesuai jadwal yang sudah ditentukan, biasanya pengumuman yang ada pada website akan memberikan informasi tentang lolos dan tidaknya saja namun tidak memberikan hasil yang tertera dari tes yang sudah dilakukan saat UTBK.

Sehingga, bagi kamu yang ingin mengetahui berapa nilai yang didapatkan untuk dijadikan evaluasi kedepannya maka harus mendownload terlebih dahulu sertifikat UTBK. Sertifikat UTBK juga biasanya digunakan beberapa universitas untuk mempertimbangkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti tes jalur mandiri dan sebagainya di samping nilai tes yang didapatkan dari ujian jalur alternatif.

Jadi, meskipun kamu tidak lolos maka harus tetap mendownload sertifikat UTBK untuk dilampirkan bersamaan saat mendaftar jalur lain pada kampus tertentu yang menggunakan persyaratan tersebut. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah tentang kenapa sertifikat UTBK tidak muncul pada website resmi atau saat kamu mengecek Pengumuman pada link website mirror maka berikut penyebab serta solusi yang bisa kamu lakukan:

1. Sistem Sedang Banyak yang Mengakses Sehingga Mengalami Down

Alasan pertama kenapa sertifikat UTBK tidak muncul yaitu karena pada saat kamu download sertifikat UTBK pada sistem atau website pengumuman SBMPTN banyak yang mengakses. Sehingga akan mengalami down system yang menyebabkan kamu tidak bisa mendownload sertifikat tersebut. Solusinya yaitu menggunakan browser chrome dan menghapus cache pada aplikasi chrome untuk meringankan beban web browser saat mendownload sertifikat UTBK.

2. Jaringan yang Gangguan

Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena jaringan yang tidak mampu untuk menembus website yang lalu lintas jaringannya sangat padat. Kamu bisa menggunakan laptop atau PC serta wifi yang memiliki jaringan memadai untuk mengakses website pengumuman SBMPTN. Solusi lainnya kamu bisa menunggu beberapa jam kemudian atau bisa mendownloadnya pada malam hari untuk menghindari padatnya lalu lintas jaringan.

3. Sistem Mendeteksi Kecurangan

Meskipun hal ini jarang terjadi namun ada kemungkinan bahwa calon mahasiswa yang mengikuti UTBK saat mendownload sertifikat tidak bisa dan tidak muncul dikarenakan sistem deteksi adanya kecurangan pada saat tes berlangsung. Solusinya yaitu kamu bisa menghubungi pihak terkait yang mengurusi pengumuman SBMPTN dan menanyakan perihal pengumuman UTBK kamu yang tidak dapat dibuka agar mendapat kejelasan.

Meskipun begitu, hal ini merupakan prediksi sementara yang dijadikan sebagai sanksi kepada calon mahasiswa. Kamu tidak perlu khawatir jika memang kamu tidak merasa tidak pernah melakukan pelanggaran apapun sehingga bisa menghubungi pihak terkait dan berdiskusi atas masalah terkait pengumuman SBMPTN pada download sertifikat UTBK yang tidak bisa diakses.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang kenapa sertifikat UTBK tidak muncul dan tidak bisa diakses pada halaman website resmi ataupun website mirror pengumuman SBMPTN. Secara garis besar itulah penyebab yang mungkin terjadi serta solusi yang bisa kamu ikuti, semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi siapapun ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *