Apakah Akulaku Ada DC yang Ke Lapangan? Cek Faktanya Disini!

Apakah Akulaku ada DC yang ke lapangan – Belakangan ini memang sedang maraknya aplikasi pinjaman online termasuk Akulaku yang sedang kita bahasa sekarang. Namun perlu anda ketahui, platform penyedia layanan kredit ini terbagi atas 2 kategori, yaitu Legal dan Ilegal.

Berdasarkan data resmi dari badan OJK tahun 2022, aplikasi layanan pinjol legal sendiri sudah ada lebih dari 100. Sementara itu aplikasi pinjaman online illegal yang sudah diblokir  atau ditutup oleh OJK hampir menyentuh angka 100.

Adanya aplikasi pinjol seperti Akulaku ini sebenarnya memang sangat membantu kita dalam mengatasi kesulitan dalam bidang ekonomi. Misalnya kita ingin membeli kebutuhan pokok namun tidak memiliki uang, kita bisa pinjam terlebih dahulu di aplikasi tersebut.

Akan tetapi, untuk meminjam dana di aplikasi pinjol tidak boleh asal-asalan memilih platformnya. Pilih aplikasi yang resmi dan terdaftar di OJK. Tujuannya agar kedepannya tidak terjadi kendala yang akan menghampiri anda.

Biasanya kalau kita ingin mengajukan pinjaman online di aplikasi, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan siap menerima resiko yang akan terjadi. Salah satu syarat yang wajib adalah foto KTP dan foto selfie bersama KTP. Untuk resikonya sendiri, jika telat membayar cicilan, maka biasanya akan diingatkan terlebih dahulu.

Namun berbeda jika tidak mampu lagi membayar tagihan perbulannya, maka ada kebijakan lain dari pihak aplikasi pinjol untuk menagihnya. Bagi anda pelanggan di aplikasi pinjol Akulaku sendiri, belakangan ini dihebohkan dengan pertanyaan apakah Apakah Akulaku ada DC (Debt Collector) yang ke lapangan atau kerumah? Untuk mengetahui jawabannya, disini saya sebagai penulis situs Calonpengangguran.com sudah siapkan artikelnya. Pantau terus pembahasan kali ini sampai selesai.

Sebelum masuk di pembahasan inti, disini saya akan mengajak anda berkenalan terlebih dahulu dengan aplikasi pinjol yang bernama Akulaku. Semakin penasaran dengan tema yang saya sampaikan ini? Mari baca ulasan selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Aplikasi Akulaku

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang sudah ternama di Indonesia. Kini platform ini mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran, sekarang ini makin banyak pengguna dan naik daun.

Slogan dari Akulaku adalah menjadi perusahaan fintech terunggul dan terpercaya. Kini platform ini sudah tersebar di 3 negara Asia, yaitu Filipina, Malaysia dan Indonesia. Hadirnya aplikasi ini diharapkan mampu mengatasi masalah pendanaan atau ekonomi bagi masyarakat umum. Misi utama dari pihak Akulaku sendiri adalah bisa melayani 50 juta pengguna yang tersebar di Asia Tenggara di tahun 2025.

Akulaku sendiri bisa diakses melalui website resminya dan aplikasi. Untuk aplikasinya sendiri kita bisa download di Google Play Store dan App Store. Jadi silahkan sesuaikan perangkat yang anda gunakan. Akulaku juga banyak menghadirkan berbagai macam fitur yang bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Salah satu fitur andalan akulaku adalah Paylater. Setelah dihadirkan fitur ini, pengguna baru akulaku bertambah cukup signifikasi yaitu 30%. Selain itu juga meningkatkan  frekuensi belanja pengguna sebesar 22% dan pengguna yang berbelanja cicilan menggunakan akulaku paylater bertambah menjadi 40%.

Sebenarnya, berbicara mengenai aplikasi pinjol Akulaku ini lingkupnya sangat luas. Namun menggigat waktu yang cukup singkat ini, disini lain saya juga kembali ke pembahasan inti sesuai kata kunci diatas yaitu apakah Akulaku ada debt collector datang ke rumah atau lapangan.

Apakah Akulaku Ada DC yang Ke Lapangan?

apakah akulaku ada dc yang ke lapangan

Memang belakangan ini banyak sekali pengguna Akulaku bertanya mengenai apakah akulaku ada dept collector yang mendatangi kerumah atau lapangan? Sebenarnya hal ini kita bisa tinjau dari segi tagihan kita. Timbulnya pertanyaan ini mungkin bagi mereka pengguna Akulaku yang sering telat membayar tagihan hingga berbulan bulan.

Perusahaan yang diawasi dan diatur oleh OJK, akulaku sendiri tidak bisa semena-mena terhadap konsumennya, artinya pihaknya harus tunduk terhadap kode etik penagihan yang telah ditetapkan oleh OJK, hal ini  berfungsi untuk melindungi kepentingan pelanggannya.

Ketika konsumen tidak bisa membayar angsuran saat jatuh tempo yang sudah disepakati kedua belah pihak, maka mulai itulah pihak Akulaku akan melakukan proses penagihan pinjaman kepada pelanggannya. Proses Penagihan cicilan di Akulaku sendiri terbagi atas 2 kategori, yaitu lewat Desk Collection dan Field Collection.

Ada yang tahu maksud dari kedua proses penagihan Akulaku diatas? Tentu banyak yang belum mengetahuinya. Jadi silahkan baca informasi detailnya berikut ini :

1. Desk Collection

Proses penagihan Desk Collection biasanya dilakukan melalui media komunikasi seperti Telepon, SMS, WhatsApp, dan sarana yang lainnya. Artinya pihak Akulaku menagih cicilan dengan cara memberikan informasi kepada para konsumennya untuk segera membayar tagihan yang sudah jatuh tempo.

2. Field Collection

Proses penagihan Field Collection dilakukan dengan cara mendatangi konsumen ke lapangan. Artinya ada perwakilan pihak Akulaku menagih cicilan yang sudah jatuh tempo kepada pelanggannya ke rumahnya atau tempat kantor si peminjam tersebut.

Setelah mengetahui kedua proses penagihan cicilan yang dilakukan pihak Akulaku diatas, sebenarnya disini ada beberapa tahapan jika para konsumen tidak bisa membayar tagihan sesuai kesepakatan yang dibuat bersama sebelumnya.

1. Memberikan Informasi atau Peringatan Bayar Tagihan

Biasanya di tahap ini pihak Akulaku akan bertindak dengan cara mengingatkan kepada nasabah yang meminjam dengan menghubungi melalui Telepon, SMS, Email dan Whatsapp agar segera membayar tagihan.

2. Warning Latter

Pada tahap ini pihak Akulaku akan melakukan penagihan kepada konsumennya dengan cara SMS dan Telepon terkait pembayaran cicilan yang sudah jatuh tempo. Disini penagih sedikit tegas dalam memberikan peringatan.

3. Menagih Melalui Via Telepon

Jika nasabah Akulaku belum ada respon terkait dengan cara penagihan diatas, maka akan dilakukan panggilan telepon. Jika di respon, maka admin Akulaku akan memberikan peringatan keras kepada konsumennya.

4. Penagihan Ke Pihak Keluarga

Jika tahap 3 tidak direspon oleh nasabah, maka pihak akulaku akan menghubungi nomor keluarga terdekat yang sebelumnya sudah anda cantumkan ketika mengisi formulir peminjaman.

5. DC (Debt Collector) Terjun Ke Lapangan

Nah, pada tahapan ini pertanyaan para pengguna Akulaku mengenai Apakah Akulaku Ada DC yang Ke Lapangan akan terjawab. Tahapan demi tahapan sudah dilakukan diatas, namun dari pihak nasabah tidak ada respon juga, maka jangan salah jika Debt Collector akan ke lapangan atau rumahmu untuk menagih cicilan yang belum dibayarkan dan sudah lewat dari jatuh tempo lebih dari 30 hari.

Baca Juga:

Kapan DC Lapangan Akulaku Akan Datang Ke Rumah?

Bagi Anda yang mengalami galbay atau gagal bayar tagihan di Akulaku, maka pihak Akulaku berhak mengirim DC lapangan ke rumah Anda untuk menagih hutang tersebut. Pertanyaan kapan DC akan datang? Jawabannya tergantung, lokasi rumah Anda, jumlah hutang Anda, ketersediaan DC lapangan di lokasi Anda dan lain sebagainya, namun dari informasi yang saya dapat untuk peminjam yang tinggal di Ibu Kota akan lebih cepat didatangi oleh DC lapangan sekitar 3 bulan telat membayar tagihan.

Menjelang 3 bulan tersebut, DC yang ditugaskan akan selalu mengirim ada pesan dan melakukan panggilan ke nomor yang sudah Anda daftarkan saat mengajukan pinjaman di Akulaku atau Anda bisa melihat dua jenis penagihan yang dilakukan oleh Akulau diatas. Ini dilakukan agar si peminjam bisa segera membayar hutang tanpa harus didatangi ke rumahnya.

Setelah semua upaya yang dilakukan DC tidak berhasil, baru DC lapangan akan mendatangi rumah Anda untuk menagih utang. Jika ini sampai terjadi pada Anda, sedikit saran dari saya mintalah dokumen dan surat tugas dari DC Lapangan tersebut agar tidak ada kesalahpahaman. Adapun beberapa dokumen yang harus Anda minta kepada DC Lapangan, diantaranya:

KTP

Sebagai warga Indonesia pasti semua orang yang mematuhi peraturan pemerintah akan memiliki KTP, karena KTP adalah kartu tanda penduduk yang berarti dokumen wajib dimiliki oleh setiap WNI yang sudah berumur 18 tahun. Ini berlaku juga pada DC lapangan yang wajib menunjukan KTP mereka, ketika ingin menagih utang di lapangan.

Surat Tugas

Setelah Anda melihat KTP dari petugas DC lapangan, mintalah surat tugas. Ini digunakan sebagai bukti bahwa mereka memang benar ditugas oleh pihak Akulaku untuk menagih hutang kepada Anda.

Jaminan Fidusia

Pihak DC lapangan juga wajib menunjukkan hak jaminan ataupun fidusia meliputi benda bergerak wujud ataupun tak berwujud. Ini bisa dijadikan untuk acuan Anda bahwa mereka tidak berbohong.

Sertifikat Profesi

Terakhir adalah sertifikat profesi atau kartu petugas, karena pada umumnya petugas DC lapangan memiliki bukti ini. Sertifikat profesi menandakan bahwa DC resmi dari pemerintah sehingga dirinya bisa bekerja sesuai prosedur yang ada.

Tips Menghadapi DC Lapangan Akulaku

Saya berharap Anda tidak harus berhadapan dengan DC lapangan Easycash ataupun pinjol lainnya. Tapi, kalau memang harus begitu mau diapakan lagi, satu-satu cara adalah menghadapi pidak DC lapangan tersebut. Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa Anda coba saat bertemu DC Lapangan Akulaku, diantaranya:

  • Jangan pernah merasa takut, pikirkan saja kalau DC lapangan adalah manusia biasa yang sedang bekerja. Coba untuk terlihat rileks dan tenang ketika berhadapan dengan DC lapangan.
  • Jika dirimu sudah bisa tenang, selanjutnya tanyakan ada keperluan apa? Kalau ia mengatakan bahwa dirinya adalah DC lapangan dari Easycash dan ditugas untuk menagih utang kepada Anda, pasti beberapa dokumen yang saya jelaskan diatas ada semua.
  • Kalau dari beberapa dokumen yang saya jelaskan diatas tidak lengkap, tapi mereka tetap memaksa nagih hutang, Anda bisa jelaskan bahwa ini sudah aturan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.
  • Sementara kalau ternyata dokumen mereka lengkap, silahkan Anda berikan mereka waktu untuk menjelaskan keperluannya datang.
  • Apabila Anda belum memiliki uang, jelaskan kepada mereka kalau saat ini Anda belum memiliki uang, minta keringanan kepada mereka sampai dirimu memiliki uang untuk membayar hutang tersebut.
  • Selain itu juga, Anda bisa memberikan alasan kenapa selama ini tidak membayar tagihan di Akulaku. Kalau petugas DC adalah seorang manusia, seharusnya mereka akan paham.

Pengalaman Galbay Akulaku Terbaru

Apakah saat ini Anda galbay atau gagal bayar tagihan di Akulaku? Jika iya, jangan sampai hal tersebut membuat Anda stress ya, pikirkan pelan-pelan untuk mencari solusinya. Sembari Anda memikirkan solusinya, saya ada cerita dari nasabah Akulaku yang telat bayar, begini ceritanya:

Panggil saja si B, beberapa bulan lalu dirinya ada keperluan mendadak, sementara tidak memiliki uang tabungan. Nah, satu-satunya cara yang terpikir dikepalanya adalah mengajukan pinjaman di Akulaku. Awal peminjaman hanya diberikan 200 ribu rupiah, namun karena cerita dari temannya kalau tagihan tersebut dibayar maka limit pinjaman bakal naik.

Ternyata benar, limit pinjaman naik menjadi 900 ribu rupiah, akhirnya dipinjamlah uang tersebut. Ketika waktu sudah mendekati jatuh tempo, umumnya Akulaku hanya menyediakan tenor sebulan, artinya pengguna harus membayar tagihan dibulan berikutnya beserta bunga. Jumlah pinjaman 900 ribu + 108 ribu, berarti dirinya harus membayar 1.008.000 rupiah.

Nasib buruk, pada saat jatuh tempo dirinya tidak bisa membayar uang tersebut, dirinya hanya bisa membayar 500 ribu saja, berarti kurang 508 ribu. Uang kurang tersebut belum dibayar sampai sekarang, sudah sekitar 3 bulanan, nah dari penjelasan diatas bahwa DC Lapangan akan datang seteleh 3 bulan, tentu saja dirinya takut.

Dirinya mencari informasi terkait DC Lapangan Akulaku, namun tidak ada informasi pasti kapan DC lapangan akan datang. Oleh karena itu, ia hanya bisa menunggu sampai waktunya DC lapangan datang. Tapi, dari ceritanya DC Lapangan belum juga datang ke rumahnya sampai sekarang. Mungkin saja karena ia tidak tinggal di kota besar, sehingga pihak Akulaku kesulitan mengirim DC Lapangan.

Meski cerita ini si B tidak didatangi oleh DC Lapangan Akulaku, bukan berarti Anda juga demikian. Bisa saja Anda berasa dilokasi DC Lapangan dan limit pinjaman terbilang besar sehingga Akulaku akan mengirim DC Kerumah Anda. Saran dari saya, mau seperti apapun yang namannya hutang ya harus dibayar, selain karena dosa dengan membayar hutang akan membuat hidupmu tenang.

Demikianlah pembahasan singkat pada kesempatan kali ini dari situs Calonpengangguran.com mengenai Apakah Akulaku Ada DC yang Ke Lapangan. Semoga informasi diatas bisa mengobati rasa penasaran anda. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *