Kenapa Foto Tidak Muncul di Galeri? Begini Cara Mengatasinya

Belum lama ini, banyak netizen yang sedang mencari informasi terkait Kenapa Foto Tidak Muncul di Galeri? Apakah kamu juga sedang mempertanyakan hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskannya untuk kamu.

Beberapa waktu lalu, tidak sedikit orang yang mengalami masalah seperti foto yang mereka miliki tidak muncul di dalam galeri. Ternyata masalah ini sering terjadi di beberapa orang, dan membuat sebagian orang kebingungan untuk cara mengatasinya.

Ada yang cuman sebagian foto saja yang tidak tampil, dan ada pula yang mengalami bahwa semua foto yang ia miliki tidak ada alias hilang di dalam galeri dan menampilkan sebuah pesan bertuliskan “No thumbnails” (tidak ada gambar mini).

Dan ada yang jika galerinya dibuka terdapat tulisan “gagal memuat foto“, padahal jika di cek melalui file manager semua gambar yang dimiliki terlihat jelas ada. Saat kartu memori atau microSD yang ada di ponsel tersebut juga masih utuh semua.

Tentunya hal terjadi karena memiliki beberapa sebab, dan untuk mengatasi masalah seperti ini tentunya sangat mudah.

Penyebab Foto Tidak Muncul di Galeri

kenapa foto tidak muncul di galeri

Tentunya ada beberapa penyebab mengenai foto yang kamu miliki tidak muncul di galeri. Walaupun cara mengatasinya cukup mudah, alangkah baiknya kamu juga mengetahui penyebab dari masalah ini, agar nantinya masalah seperti ini tidak terulang kembali.

Aplikasi Galeri Error

Hal pertama yang membuat foto kamu tidak muncul di dalam galeri yaitu karena galeri yang kamu miliki sedang mengalami error. Masalah galeri error ini tentunya merupakan sudah hal yang sangat biasa, dan sering terjadi kepada beberapa orang.

Biasanya masalah ini disebabkan oleh cache yang dimiliki oleh aplikasi galeri penuh atau menumpuk, dan membuat aplikasi galeri tidak dapat bekerja sepenuhnya.

File Foto Tidak Memiliki Format

Penyebab kedua adalah karena format yang dimiliki oleh foto hilang pada saat proses download. Hal ini juga sering terjadi jika mau mengunduh file foto menggunakan aplikasi UC Browser dan Google Chrome.

Masalah ini tidak hanya berasal dari browser yang kamu gunakan, tentunya faktor sumber file juga sangat berpengaruh. Biasanya untuk menampilkan sebuah foto yang formatnya hilang, kamu hanya perlu mengubah nama atau rename file foto dan tinggal ditambahkan format.

Contohnya seperti untuk sebuah foto atau gambar silahkan tambahkan “.jpg“, “.png“, atau”.jpeg“. Format yang barusan saya berikan hanyalah sebagai contoh, karena pada umumnya format foto sering digunakan ialah .jpg, .png, dan .jpeg serta .mp4, .mkv, dan .3gp.

Format Tidak Didukung

Selanjutnya karena format tidak didukung, hal ini tentunya juga bisa menyebabkan foto yang kamu miliki tidak dapat ditampilkan di dalam galeri. Akan tetapi, hal ini tergantung aplikasi galeri yang kamu gunakan, contohnya jika kamu menggunakan ponsel Asus maka file .mkv tidak akan dapat muncul dalam galeri karena tidak mendukung.

Kartu MicroSD Error

Terakhir adalah kartu memori atau MicroSD yang kamu miliki error, hal ini akan membuat foto dan file lainnya seperti video tidak akan dapat terbaca oleh ponsel yang kamu gunakan. Hal ini tentunya merupakan masalah yang cukup serius, untuk mengembalikan file yang terdapat didalam Micro SD hanya dapat dilakukan di tempat service ponsel.

Cara Mengatasi Foto Yang Tidak Muncul di Galeri

Setelah mengetahui akar dari permasalahan yang terjadi, saatnya kamu mengetahui cara untuk mengatasi foto yang tidak muncul di galeri. Ada beberapa opsi yang dapat kamu gunakan, dan cara atau opsi yang akan saya berikan dibawah ini sudah terbukti membantu dan saya sendiri sudah merasakannya.

Restart Ponsel

Pertama adalah dengan melakukan restart pada ponsel yang kamu gunakan, barangkali foto atau file yang kamu miliki tidak muncul di dalam galeri karena kinerja ponsel yang mulai tidak stabil. Maka dari itu, jika kamu melakukan restart ulang, maka kinerja ponsel akan kembali seperti awal dan semua file yang tidak terbaca tadi akan muncul di dalam galeri.

Lepas Kartu SD dan Pasang Kembali

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa, masalah seperti ini sering disebabkan oleh kartu MicroSD yang kamu miliki error. Dan akan membuat file didalamnya tidak dapat terbaca, dan untuk cara mengatasinya kamu bisa mencoba untuk melupakannya dan memasukkannya kembali.

Hal itu akan membuat ponsel yang kamu gunakan, membaca kartu MicroSD lebih fresh dan memunculkan file-file foto yang tadinya tidak terbaca.

Bersihkan Data & Cache Aplikasi Galeri

Selanjutnya adalah dengan membersihkan Cache aplikasi Galeri yang kamu miliki. Karena jika cache yang galeri yang kamu miliki sampai menumpuk atau penuh, maka kinerja aplikasi galeri akan sedikit berkurang dan bisa saja mengalami error.

Untuk membersihkan Cache kamu tinggal Masuk ke Pengaturan dan klik menu Aplikasi Pilih Semua Aplikasi lalu klik aplikasi Galeri selanjutnya klik Hapus Data dan klik Hapus Cache.

Pindahkan File Foto Ke Memori Internal

Cara berikutnya adalah dengan memindahkan file foto yang tidak terbaca tadi ke Memori Internal. Umumnya, pada beberapa perangkat, ada beberapa galerinya yang tidak dapat menampilkan foto yang tersimpan dalam kartu SD.

Jika ponsel kamu salah satunya, silahkan coba pindahkan file foto yang tidak terbaca tadi ke Memori Internal yang sebelumnya tersimpan di Memori SD menggunakan File Manager.

Menggunakan Aplikasi File Manager

Cara mengatasi selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan file manager. Jika cara sebelumnya juga tidak bisa, kamu dapat menggunakan bantuan file manager, untuk caranya kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini:

  • Pertama silahkan download aplikasi file manager ES File Explorer di Play Store
  • Klik Instal dan tunggu sampai terpasang
  • Jika sudah terpasang, silahkan buka folder yang berisi gambar, video, atau audio
  • Silahkan perhatian dan apakah ada file .nomedia, jika ada silahkan hapus file tersebut
  • Lalu silahkan restart ponsel yang kamu miliki dan lihat hasilnya

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan untuk kamu tentang kenapa foto tidak muncul di galeri. Semog artikel yang saya bagikan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *