Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan – Berbicara mengenai kuota internet, tentu teman-teman semua sudah tidak asing lagi bukan dengan kata tersebut? terutama bagi Anda yang sering menggunakan internet untuk mencari berbagai macam informasi ataupun hanya sekedar hiburan saja.

Tapi apakah Anda semua sudah tahu kalau saat ini kuota internet ada begitu banyak jenisnya, mulai dari kuota utama, kuota game, kuota sosial media hingga kuota lokal.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai apa itu kuota lokal? kenapa kuota lokal provider tri tidak bisa digunakan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Sederhanya begini, kuota lokal adalah salah satu kuota internet yang hanya bisa digunakan pada wilayah atau daerah ketika Anda membeli kuota internet. Contoh, Anda membeli kuota internet di provinsi Jambi, maka kuota lokal yang sudah Anda beli tersebut hanya bisa digunakan di provinsi Jambi saja, jadi ketika Anda berada di provinsi Sumatera Barat kuota lokal yang sudah dibeli sebelumnya tidak akan bisa digunakan, begitu juga di provinsi lain.

Sementara untuk perihal kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya akan penulis jelaskan lebih detail pada pembahasan sebagai berikut.

Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa penyebab kuota lokal Tri yang Anda miliki tidak bisa digunakan, baik itu berasal dari Anda sendiri ataupun dari pihak provider Tri. Semuanya akan calonpengangguran jelaskan diantaranya:

Diluar Jangkauan Kuota Lokal

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas tadi, bahwa kuota lokal adalah kuota internet yang bisa digunakan pada satu wilayah atau daerah yang sudah ditentukan. Jadi, kalau kuota internet Anda beli di provinsi Jambi maka kuota lokal hanya bisa digunakan di wilayah Jambi, seperti Rimbo Bujang, Mendalo Darat, Telanaipura, dan daerah Jambi lainnya.

Apabila Anda berada di luar provinsi Jambi, seperti Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan provinsi lainnya maka kuota lokal tidak akan bisa digunakan sampai Anda kembali lagi ke provinsi Jambi.

Masa Aktif Kuota Lokal Habis

Selain karena berada di luar jangkauan, penyebab lain kenapa kuota lokal tri tidak berfungsi adalah karena masa aktif dari kuota lokal tersebut sudah habis. Sama halnya dengan kuota internet lainnya, kuota lokal juga memiliki batas waktu pemakaian, artinya habis atau tidak kuota lokal tidak akan bisa digunakan lagi apabila masa aktif sudah berakhir.

Kuota Lokal Habis

Meneruskan perihal masa aktif kuota lokal berakhir, kuota lokal yang sudah habis tentu tidak akan bisa digunakan. Mengingat kuota lokal hanyalah kuota internet pendukung, artinya jumlah kuota lokal akan lebih sedikit dibandingkan kuota utama sehingga wajar kalau antara dua jenis kuota tersebut kuota lokal akan habis lebih dulu.

Provider Tri Sedang Gangguan

Selain beberapa penyebab diatas karena masalah Anda sendiri, ternyata kuota lokal tri tidak bisa digunakan juga bisa dikarenakan provider dari pihak Tri sedang mengalami gangguan sehingga Anda tidak akan bisa mengakses internet. Kalau masalah ini benar-benar terjadi, umumnya tidak hanya kuota lokal yang tidak bisa digunakan melainkan kuota tri lainnya tidak akan bisa digunakan.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan provider Tri gangguan, mulai dari jumlah pengguna yang melebih kapasitas server, pihak Tri sedang mengupgrade server hingga terjadi kerusakan.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Disini penulis akan menjelaskan dua jenis cara untuk mengatasi kuota lokal tidak berfungsi, pertama mengatasi masalah yang disebabkan oleh pihak Anda sendiri dan kedua dari pihak provider Tri sebagai berikut.

Mengecek Kuota Lokal Tri

Pertama kita akan mengatasi masalah yang berasal dari pihak Anda sendiri yakni wilayah penggunaan kuota lokal, masa aktif kuota lokal dan jumlah kuota lokal. Disini anda harus memastikan bahwa kuota lokal Tri yang Anda miliki digunakan pada wilayah yang benar seperti penjelasan saya diatas.

Kemudian cek masa aktif kuota lokal Tri Anda, apakah masih berlaku atau aktif, jika masih aktif seharusnya kuota lokal bisa digunakan sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Terakhir cek sisa kuota lokal, jika kuota lokal masih ada, masih aktif, dan digunakan di wilayah atau daerah yang sesuai seharusnya kuota lokal bisa digunakan secara normal, kecuali masalah berasal dari pihak provider Tri.

Menghubungi Customer Service Tri

Apabila cara diatas sudah Anda lakukan dan hasilnya kuota lokal tetap tidak bisa digunakan, Anda bisa menghubungi pihak CS Tri untuk menanyakan perihal masalah yang sedang Anda alami.

Pihak Tri sendiri sangat terbuka kepada penggunanya yang ingin menanyakan perihal masalah yang mereka alami, karena terdapat banyak cara yang bisa Anda coba untuk menghubungi CS Tri diantara:

  • Email: 3care@three.co.id;
  • Telepon: 123 (dari nomor Tri) / 08964400123; atau
  • Kunjungi 3Store terdekat.

Aktifkan Mode Pesawat

Setelah dua cara diatas sudah Anda lakukan dan hasilnya juga belum bisa mengakses internet, coba Anda aktifkan mode pesawat berulang kali lebih dulu dan tunggu 5 sampai 10 menit sembari menunggu pihak Tri memperbaikin masalah Anda.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan untuk Anda semua mengenai Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *