Kenapa HP Tidak Ada Suara? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa HP Tidak Ada Suara? Apakah kamu juga sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Siapa sih yang ingin menggunakan HP yang tidak memiliki suara, tentunya hal tersebut akan terasa membosankan jika saat kita ingin melihat sebuah video atau mendengarkan musik bukan. Apalagi hal tersebut terjadi di saat tiba-tiba, pada saat kita ingin melakukan panggilan maupun video call yang penting.

Suara yang ada di ponsel merupakan suatu bagian penting yang tidak harus ketinggalan pastinya. Hal seperti ini sangat sering dialami oleh beberapa orang, dan tidak sedikit orang yang dibuat bingung oleh masalah seperti ini.

Maka dari itu, Calonpengangguran akan menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasi HP tidak mengeluarkan suara. Simak sampai tuntas yaa.

Penyebab HP Tidak Ada Suara

kenapa hp tidak ada suara

Sebelum lanjut ke cara mengatasinya, alangkah baiknya jika kamu mengetahui juga penyebab dari masalah tersebut bukan. Agar nantinya jika masalah tersebut terulang kembali, tidak membuat kamu kebingungan kembali.

Ada beberapa penyebab HP tidak mengeluarkan suara, besar kemungkinan bahwa HP yang kamu miliki juga mengalami masalah yang seperti ini juga. Salah satu masalah yang menyebabkan HP tidak mengeluarkan suara seperti dibawah ini:

Efek Mute Aktif

Hal pertama dan utama yang harus kamu perhatikan kenapa HP yang dimiliki tidak mengeluarkan suara adalah apakah fitur mute yang ada di HP kamu sedang aktif atau tidak. Biasanya fitur tersebut secara tidak sengaja aktif dengan sendiri.

Hal ini perlu kamu waspadai, karena jika fitur mute aktif maka sudah pasti bahwa HP yang kamu miliki tidak akan mengeluarkan suara. Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini, tetapi dampaknya membuat banyak orang pusing.

Speaker HP Rusak

Berikutnya adalah karena Speaker HP yang kamu miliki sudah rusak, dan sehingga harus langsung diperbaiki di konter terdekat. Ada beberapa kerusakan pada komponen yang menyebabkan suara di HP tidak berfungsi seperti dibawah ini:

  • HP terjatuh di bebatuan secara tidak sengaja
  • Speaker HP sudah lama dan tidak layak pakai
  • HP secara tidak sengaja terendam air dengan waktu yang cukup lama
  • Lubang Speaker tertumpuk oleh debu

Mode Headset Aktif

Ketika kamu sedang menggunakan headset, maka secara otomatis sistem speaker akan mati atau tidak berfungsi. Sehingga output yang akan dihasilkan hanya akan tertuju di headset. Hal ini akan terjadi ketika muncul bug mode headset, dan sistem akan mendeteksi seolah-olah headset sudah tersambung padahal tidak tersambung sama sekali.

Cara mengatasi HP Tidak Keluar Suara

Setelah mengetahui penyebab dari masalah tersebut, sekarang saya akan menjelaskan tentang cara untuk mengatasinya. Ada beberapa masalah yang membuat HP tidak mengeluarkan suara seperti di sebabkan error atau rusak di sistem dan hardware yang berkaitan. Kalau penyebabnya pada sistem, maka akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika benar-benar disebabkan oleh sistem. Kamu dapat mengikuti arahan yang saya berikan dibawah ini.

Coba Gunakan Headset

Pertama silahkan coba sambungkan speaker ke headset, jika terdengar ada suara di headset tetapi di speaker HP tidak ada, maka sudah dipastikan bahwa speaker yang ada di HP kamu sudah rusak atau harus diperbaiki di konter terdekat.

Klik Volume Up sampai mentok ke atas

Selanjutnya adalah dengan mengklik volume UP sampai full atau mentok ke atas. Hal ini untuk memastikan apakan kamu sudah menggunakan volume full atau tidak. Kebanyakan orang lupa untuk up volume jika sedang melakukan panggilan atau mendengarkan musik.

Hapus Cache HP

Jika masih belum bisa, kamu dapat menghapus cache ponsel yang dimiliki, setiap ponsel memiliki cache atau sampah yang menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan speaker yang kamu miliki tidak dapat berfungsi atau terjadi error karena cache pada ponsel menumpuk.

Service Speaker HP

Cara terakhir adalah dengan Service Speaker HP ke konter yang ada di kotamu. APabila cara diatas tidak ada yang berhasil, maka langkah yang terakhir adalah dengan membawa HP tersebut ke konter atau tempat servis.

Dari pengalaman saya pribadi, untuk membenarkan speaker yang ada di HP dibandrol dengan harga 50 sampai 100 ribu. Tentunya setiap HP memiliki harga yang berbeda-beda.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa HP Tidak Ada Suara. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi hal-hal yang sedang dipertanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *