Kenapa Excel Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Excel Tidak Bisa Dibuka. Apakah kamu sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskan penyebab serta memberikan cara untuk mengatasinya, maka dari itu simak penjelasan ini sampai tuntas.

Microsoft Excel adalah sebuah program Microsoft Office yang digunakan untuk mengelola sebuah angka dalam bentuk tabel spreadsheet. Program satu ini lebih banyak digunakan oleh perkantoran di bagian administrasi, keuangan, marketing dan masih banyak yang lainnya.

Tidak dalam pekerjaan saja Microsoft Excel sering digunakan, akan tetapi Microsoft Excel juga sudah dikenalkan pada bidang dunia pendidikan sebagai software dasar untuk pembelajaran. Rata-rata anak SMA sudah masuk kedalam bidang pembelajaran Microsoft Excel atau semua program yang ada di Microsoft Office.

Dengan adanya program Microsoft Excel, setiap pengguna dapat melakukan banyak hal seperti melakukan perhitungan angka, mengatur data serta menggunakan berbagai rumus untuk perhitungan dengan cepat dan mudah.

Walaupun seperti itu, ada beberapa pengguna Microsoft Excel yang sering mengalami masalah seperti hang, not responding, fram, tidak bisa di klik sampai ada yang Microsoft Excelnya tidak bisa dibuka.

Penyebab Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka

Sebelum lanjut ke cara mengatasinya, alangkah baiknya jika kamu mengetahui penyebab Penyebab Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka. Kebanyakan orang hanya ingin mengetahui tentang cara mengatasinya, akan tetapi mereka sangat menyepelekan penyebabnya.

Dan pada akhirnya mereka akan terus mengalami masalah yang serupa secara terus menerus. Untuk kamu yang ingin mengetahui penyebab Microsoft Excel tidak bisa dibuka, silahkan menyimak penjelasan yang sudah saya berikan dibawah ini.

  • Pertama, yang wajib kamu perhatikan adalah Program belum di aktivasi, Microsoft Office atau Microsoft Excel yang belum melakukan aktivasi atau masa trialnya sudah melewati batas, maka dapat dipastikan sudah tidak dapat untuk digunakan, dan untuk menggunakannya kamu perlu mengaktivasi terlebih dahulu.
  • Berikutnya karena adanya kerusakan pada program atau corrupt, hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa Microsoft Excel tidak bisa dibuka entah itu dari package yang hilang, instalasi yang tidak sempurna dan lainnya
  • Dan hal yang sering dialami oleh pengguna Microsoft adalah pada saat update Windows dan terjadi masalah pada Microsoft Office, hal ini biasanya disebabkan karena masih ada package yang belum selesai terinstal atau ter update
  • Terakhir adalah karena Add-Ins bermasalah, hal ini juga mungkin atau bahkan pasti akan menyebabkan Microsoft Excel tidak dapat dibuka, tetapi tidak hanya itu sebab Microsoft Excel akan not responding sampai-sampai Microsoft Excel akan freez

Itulah masalah yang sangat sering menyebabkan Microsoft Excel tidak bisa dibuka, akan tetapi masih banyak masalah lainnya yang menyebabkan Microsoft Excel. Hanya saja masalah tersebut yang sudah saya jelaskan diatas yang sering terjadi.

4 Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

kenapa excel tidak bisa dibuka

Setelah mengetahui penyebab kenapa Excel Tidak Bisa Dibuka, saatnya saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah seperti ini merupakan hal yang sangat mudah. Hanya saja, kebanyakan orang gagal untuk melakukannya karena tidak membaca aturannya dengan benar.

Maka dari itu, pastikan bahwa kamu menyimak penjelasan yang sudah saya berikan dibawah dengan teliti agar dapat membuka Microsoft Excel.

Menggunakan Bantuan Fitur Open and Repair

Hal pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi Excel tidak bisa dibuka adalah dengan menggunakan bantuan dari fitur Open and Repair. Fitur ini dapat kamu gunakan, karena sebuah fitur bawaan dari Microsoft, dan untuk memperbaiki masalah tersebut kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, silahkan buka Microsoft Excel
  • Lalu masuk ke menu File > Open
  • Dan klik file Excel yang tidak dapat dibuka
  • Nantinya pada tombol Open, kamu klik panah bawah dan pilih Open and Repair
  • Selesai

Buka File dengan Safe Mode

Berikutnya untuk mengatasi Excel tidak dapat dibuka, kamu juga dapat membuka file tersebut menggunakan Safe Mode. Cara ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah pada Microsoft Excel jika tidak bisa dibuka. Untuk caranya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, tekan Windows dan R pada keyboard kamu
  • Lalu ketik exe/ safe dan pilih OK
  • Excel akan terbuka minimal dan tanpa adanya Add Ins
  • Apabila Excel masih terbuka secara normal atau biasanya, maka kamu perlu memeriksa tambahan lainnya dan melakukan disable secara manual

Ubah Ekstensi File

Berikutnya kenapa Excel tidak bisa dibuka, bisa jadi disebabkan karena ekstensi file tersebut tidak kompatibel dengan MS Excel. Maka secara default, file Excel disimpan dengan ekstensi XLSX atau bahkan XLS.

Maka dari itu, kamu dapat mencoba untuk mengubah format file tersebut sesuai yang didukung oleh Excel. Dan untuk caranya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, silahkan masuk ke Microsoft Excel dan klik File
  • Lalu klik Export dilanjutkan dengan klik Change File Type
  • Silahkan ubah ekstensi file ke format yang didukung oleh Excel
  • Dan klik Save as
  • Selesai

Cari File AutoRecovery

Jika kamu belum bisa membuka file Excel, maka kamu dapat menggunakan bantuan dari File Auto Recovery di Excel. Cara ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada file Backup yang disimpan secara otomatis oleh Excel untuk menggandakan file kamu yang corrupt.

Bisa jadi, tidak semua pekerjaan yang kamu lakukan sudah tersimpan, tetapi setidaknya kamu tidak mengerjakannya dari awal lagi. Dan untuk mencari file Auto Recovery, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan buka Microsoft Excel
  • Dan masuk ke File > Info
  • Selanjutnya pada bagian Versions apakah ada file auto save
  • Lalu buka file tersebut dan klik Restore
  • Simpan file dengan nama yang ingin kamu gunkana dan ubah ke ekstensi XLSX atau XLS
  • Selesai

Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa membuka Excel? 4 cara yang barusan saya jelaskan sudah terbukti ampuh untuk mengatasi hal semacam itu. Dan saya sendiri sudah merasakannya, dan hasilnya saya sudah bisa kembali membuka Excel yang tadinya tidak bisa dibuka.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang kenapa excel tidak bisa dibuka. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi hal-hal yang sedang dipertanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *