Cara Menghapus NSFP yang Tidak Terpakai Dengan Mudah!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Cara Menghapus NSFP yang Tidak Terpakai. Apakah kamu juga sedang mempertanyakan hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskannya.

Setiap negara seperti Indonesia, tentunya semua masyarakat di dalamnya memiliki kewajiban yang tidak dapat lepas begitu saja. Salah satu kewajiban yang ada di Indonesia adalah Pajak. Pajak adalah salah satu kewajiban masyarakat yang tentunya tidak dapat lepas dari perseorangan.

Hal ini dikarenakan peraturan pajak sendiri sudah diatur dengan serapi mungkin dalam Undang-Undang. Dan setiap masyarakat yang memiliki penghasilan diatas rata-rata, maka diwajibkan untuk membayar pajak.

Nah, ada satu hal yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar yaitu istilah Faktur Pajak. Faktur Pajak adalah suatu bukti pajak yang dipungut oleh PKP yang menyerahkan barang maupun sebuah jasa yang kena pajak.

Setiap faktur pastinya memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan yang paling umum ada pada nomor serinya. Nomor seri ini, diterbitkan langsung oleh pemerintah Indonesia.

Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan cara menghapus NSFP atau nomor seri faktur pajak yang sudah tidak terpakai. Hal ini sangat kamu butuhkan, apabila kamu mendapatkan NSFP baru, akan tetapi NSFP yang lama masih tersisa dan belum dihapus.

Dan pastikan bahwa kamu menyimak penjelasan ini sampai tuntas, agar nantinya tidak ada kesalahan dalam melakukannya.

Cara Menghapus NSFP yang Tidak Terpakai

cara menghapus nsfp yang tidak terpakai

Untuk menghapus NSFP yang sudah tidak terpakai, kamu wajib untuk melakukan beberapa langkah. Sebenarnya, untuk menghapus NSFP yang tidak terpakai sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, pastikan bahwa kamu sudah mengunduh aplikasi e-faktur atau menggunakan e-faktur versi desktop.
  • Masuk ke aplikasi e-faktur yang sudah kamu unduh
  • Lalu masuk ke menu referensi dan klik menu referensi nomor faktur
  • Selanjutnya silahkan hapus nomor seri faktur pajak yang tertera pada layar kamu
  • Nantinya nomor faktur yang tampil dan harus dihapus adalah nomor seri faktur pajak lama
  • Setelah menghapus nomor seri lama, silahkan lanjutkan dengan menambahkan nomor seri faktur pajak terbaru
  • Setelah memasukan nomor seri terbarumu, kamu dapat mengeceknya kembali. Caranya kamu dapat mencoba membuka faktur pajak keluaran atau membuatnya untuk dapat melihat apakah NSFP kamu terupdate atau belum
  • Jika nomor seri menampilkan nomor seri baru, maka proses penghapusan nomor seri lama sudah berhasil
  • Selesai

Bagaimana? Sangat mudah bukan, hal ini tentunya dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun jika ingin mengganti nomor seri faktur pajak yang ingin diganti. Hal yang terpenting adalah, kamu memiliki koneksi Internet yang stabil dan menggunakan aplikasi e-faktur versi terbaru.

Prosedur Pengembalian Nomor Seri Faktur Pajak yang Sudah Tidak Terpakai Dengan Mudah

Wajib kamu ketahui bahwa nomor seri faktur pajak yang terbatas memiliki waktu hanya 1 Tahun, dan membuat para penggunanya harus rutin wajib melaporkan ke NSFP yang tidak dapat digunakan secara teliti.

Jika kamu bertanya kenapa masa berlakunya hanya 2 Tahun, karena prosedur dari Undang-Undang memang sudah seperti itu. Alasannya karena setiap nomor seri terdapat kode tahun, dan apabila sudah berganti tahun, maka nomor tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

Tidak hanya itu, nomor seri yang sudah tidak aktif atau tidak terpakai wajib dilaporkan atau dikembalikan ke Direktorat Jenderal Pajak, hal ini dilakukan agar tidak ada orang yang menyalah gunakannya.

Berikut dibawah ini cara pengembalian NSFP dengan mudah:

  • Pertama, silahkan kunjungi situs resmi ditjen pajak dan unduh formulir pengembalian nomor seri e faktur pajak
  • Isi formulir pengembalian dengan benar, pastikan sudah sesuai dengan arahan dan jangan sampai lupa cantumkan tanda tangan
  • Perlu kamu ketahui bahwa, setiap orang dapat langsung melaporkan ke KPP

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Cara Menghapus NSFP yang Tidak Terpakai. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *