Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka? Pertanyaan seperti ini sangat umum ditanyakan oleh pengguna aplikasi Facebook, karena kita tahu sendiri antara Messenger dan Facebook adalah dua aplikasi yang saling terhubung. Kenapa? Karena saat ini untuk bisa melihat pesan atau inbox di Fb kita memerlukan Messenger sebagai aplikasi tambahannya.

Oleh karena itu, apabila ada salah satu masalah dari salah satu aplikasi tersebut tertentu akan berdampak kepada keduanya. Nah, belakang ini banyak sekali pengguna aplikasi chatting ini yang mengeluhkan masalah tidak bisa membuka Messenger.

Apa Anda salah satu dari pengguna tersebut? Jika iya, tenang saja karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan membantu Anda semua mengatasi perihal diatas seperti penjelasan dibawah ini.

Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka

Menurut penulis untuk bisa mengatasi suatu masalah akan lebih mudah kalau kita memahami apa sih yang menjadi penyebab, sama halnya dengan masalah Messenger tidak bisa dibuka ini. Dibawah ini akan penulis jelaskan beberapa penyebab aplikasi Messenger tidak bisa dibuka beserta cara mengatasinya, diantarnya:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Kita tahu semua Messenger merupakan salah satu aplikasi chatting online yang terhubung langsung dengan Facebook. Oleh karena itu, untuk bisa mengakses aplikasi ini tentu memerlukan koneksi internet yang stabil bukan?

Jadi bisa saja penyebab Anda tidak bisa membuka aplikasi Messenger dikarenakan jaringan internet yang Anda gunakan buruk atau tidak stabil. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek kekuatan jaringan internet Anda di internet, apabila hasilnya memang jelek saya sarankan untuk ganti jaringan internet seperti jaringan Wifi, kemudian coba lagi untuk mengakses aplikasi Messenger.

Aplikasi Messenger Tidak Diupgrade

Selain dikarenakan jaringan internet tidak stabil, ada penyebab lain yang membuat aplikasi chatting ini tidak bisa dibuka yakni Messenger yang terinstall di ponsel Anda tidak pernah diupgrade atau diperbarui.

Kenapa perlu melakukan perbaruan mas? Jawabannya simpel, karena aplikasi yang mendapat pembarui pasti aplikasi yang tidak sempurna, artinya pihak developer melakukan pembaruan untuk mengatasi ketidak sempurnaan tersebut dengan menghilang masalah, bug, penambahan fitur dan lain sebagainya.

Cara mengatasi masalah ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu membuat Play Store atau App Store, kemudian mencari aplikasi Messenger. Apabila terdapat tulisan perbarui berarti aplikasi yang Anda gunakan bukan versi terbaru, jadi silahkan lakukan perbarui sesuai keinginan developer.

Cache atau Sampah Banyak

Penyebab lain yang sering disepelekan banyak orang adalah cache atau sampah penggunaan aplikasi Messenger. Padahal semakin banyaknya sampah atau cache pada suatu aplikasi akan membuat aplikasi tertekan, sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal.

Hal tersebut juga berlaku pada aplikasi Messenger, artinya aplikasi ini tidak bisa dibuka bisa saja dikarena menumpuknya sampah atau cache pengguna Messenger selama penggunaan.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu membuat pengaturan dan mencari penggunaan aplikasi Messenger, kemudian hapus cache atau sampah penggunaan tersebut, lalu buka kembali aplikasi Messenger.

Ruang Penyimpanan Ponsel Penuh

Hampir sama dengan penjelasan cache atau sampah penggunaan, ruang penyimpanan pada ponsel juga mempengaruhi kinerja suatu aplikasi. Salah satunya aplikasi Messenger ini.

Cara mengatasinya adalah dengan menghapus data baik berupa file ataupun aplikasi yang dirasa tidak penting sehingga akan memberi ruang pada smartphone Anda agar bisa mengakses aplikasi Messenger secara maksimal.

Terdapat File Corrupt

Sederhananya file Corrupt adalah sebuah atau beberapa file pada aplikasi Messenger yang terhapus tanpa sengaja atau disengaja. Hal tersebut sangat umum terjadi, karena file ini umumnya icon berupa (?) sehingga banyak pengguna yang beranggap file ini tidak penting.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus aplikasi Messenger dan menginstall ulang aplikasi tersebut secara penuh agar semua data yang terhapus bisa didownload kembali.

Ponsel Tidak Kompatibel

Kita tahu sendiri teknologi semakin maju, begitu pula dengan penggunaan aplikasi yang memiliki syarat tertentu untuk bisa menggunakan layanan mereka. Sama halnya dengan aplikasi Messenger yang memiliki syarat tertentu kepada penggunaanya.

Oleh karena itu, bisa saja penyebab aplikasi Messenger tiba-tiba tidak bisa digunakan karena ponsel yang Anda gunakan tidak support aplikasi ini. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti ponsel Anda hehe.

Adanya Bug dan Down Sistem

Tidak hanya beberapa penyebab diatas saja yang disebabkan oleh pihak Anda sendiri, ternyata terdapat dapat penyebab yang bisa saja berasal dari pihak developer Messenger.

Hal seperti sebenarnya sangat umum terjadi, apalagi untuk aplikasi yang memiliki pengguna banyak seperti Messenger Facebook. Salah satu penyebabnya adalah adanya virus pada sistem server dan server mengalami down karena banyak hal hal, mulai dari pengguna yang melebih kapasitas hingga server sedang mengalami perbaruan sistem.

Cara paling mudah mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu, karena Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi selain menunggu haha. Bercanda ya guys, Anda masih bisa kok menghubungi CS Messenger Facebook untuk menanyakan permasalahan yang sedang dialami.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan untuk Anda semua mengenai Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka­­­. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *