Kenapa App Store Lemot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Banyak sekali pengguna perangkat Apple yang menanyakan kenapa App Store lemot saat diakses dan mengunduh aplikasi. Apakah Anda salah satu pengguna tersebut? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberikan solusinya.

Kita tahu semua, App Store merupakan platform resmi yang digunakan user Apple seperti iPhone, iPad dan Macbook untuk menginstall berbagai macam aplikasi. Tidak jauh berbeda dengan user android yang menggunakan Play Store untuk menginstall aplikasi.

Ternyata masalah ini tidak hanya terjadi sekali, hampir semua pengguna perangkat Apple merasakan hal diatas. Terutama saat mendownload aplikasi, rasanya lebih lambat saja.

Banyak pengguna Apple yang berasumsi App Store lemot karena perangkat tidak pernah diperbarui sampai menumpuk cache atau sampah di perangkat tersebut. Sekarang Anda tidak perlu berasumsi kemana-mana, karena akan kita bahas sebagai berikut.

Sekilas Tentang App Store

App Store merupakan layanan resmi untuk mendownload aplikasi bagi perangkat Apple yang terbukti menjadi tempat aman dan terpercaya untuk mengunduh berbagai macam aplikasi. Tidak jauh berbeda dengan Play store, App Store tidak hanya sebagai toko aplikasi, melainkan destinasi inovatif yang mampu memberi pengalaman luar biasa bagi pengguna.

Hal ini terbukti dengan ketelitian pihak App Store dalam memastikan aplikasi yang hadir di layanan mereka sudah melewati standar tertinggi untuk privasi, keamanan, dan konten.

Sumber App Store

Penyebab App Store Lemot

kenapa app store lemot

Sebenarnya ada begitu hal yang bisa menyebabkan App Store lemat saat dibuka dan sedang menginstall aplikasi. Mulai penyebab yang berasal dari Anda sendiri hingga yang berasal dari pihak Apple.

Adapun penyebab yang saya maksud akan dijelaskan dibawah ini:

Koneksi Internet Buruk

Hal pertama yang bisa menyebabkan App Store lemot saat diakses atau sedang download aplikasi. Untuk memastikan apakah jaringan Anda yang bermasalah atau tidak, Anda bisa coba mengakses aplikasi lain atau coba browsing di internet.

Jika hasilnya memang koneksi Anda yang bermasalah, satu satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan mengganti jaringan internet yang Anda gunakan. Sebelum itu, coba restart perangkat Anda lebih dulu, tujuannya agar perangkat fresh dalam mengakses dan menerima jaringan internet.

Apabila cara diatas tidak juga berhasil, Anda bisa hubungkan perangkat ke jaringan wifi atau hotspot teman yang memiliki jaringan internet lebih bagus.

Baca Juga Kenapa AirPods Tidak Mau Connect? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyaknya Cache atau Sampah di Perangkat

Selain karena jaringan internet yang Anda gunakan bermasalah, hal lain yang bisa menyebabakn App Store lemot adalah cache atau sampah sudah menumpuk di perangkat iOS yang Anda gunakan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya sederhana, semakin banyak sampah di perangkat iOS Anda, maka semakin banyak tekan yang akan diberikan perangkat tersebut sehingga saat mengakses aplikasi tertentu akan lemot atau lambat.

Hal tersebut juga berlaku di App Store, ketika perangkat iOS yang Anda gunakan menyimpan terlalu banyak cahce maka perangkat tidak bisa bekerja secara maksimal. Lantas bagaimana cara menghapus cache atau sampah di perangkat iOS mas? Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti step by step dibawah:

  • Pertama buka App Store terlebih dahulu.
  • Jika sudah muncul ikon navigasi yang terdapat pada bagian bawah, seperti Top Charts, Featured, dll.
  • Anda bisa tap salah satu ikon tersebut sebanyak 10x secara beruntun. Kalau tahap diatas sudah benar, secara otomatis screen App Store akan blank dalam beberapa saat.
  • Setelah itu halaman akan reload tetapi proses loading akan sangat lambat.

Catatan: Apabila Anda baru pertama kali membersihkan cahce atau sampah di perangkat iOS ini, Anda hanya perlu tap icon yang sama sebanyak 9 kali saja. Beda halnya, kalau Anda sudah pernah melakukan clear cahce, Anda bisa tap icon mana saja.

Perlu Anda ketahui, pembersihan cache diatas akan menghapus semua informasi yang tersimpan di App Store sehingga akan lebih ringan saat diakses nantinya.

Server App Store Sedang Gangguan

Penyebab terakhir yang membuat lemot saat mengakses App Store adalah server Apple sedang mengalami gangguan atau masalah. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, tidak menutup kemungkinan server dari Apple mengalami gangguan.

Masalah yang paling sering dialami perusahaan Apple adalah bug dan serang virus yang dikirim oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, demi memberi kenyamanan dan keaman kepada penggunanya, pihak Apple terus melakukan pemeliharaan agar hal-hal yang tidak diinginakan terjadi, seperti bocornya data pengguna.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai kenapa App Store lemot dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *