Kenapa Axis Tidak Bisa Isi Kuota Internet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Axis Tidak Bisa Isi Kuota – Mengisi kuota di provider Axis bisa dilakukan dengan banyak cara dan mudah. Mulai dari memasukan kode USSD di fitur telepon hingga menggunakan aplikasi AXISNet.

Akan tetapi, belakangan ini banyak pengguna Axis yang mengeluh karena tidak bisa melakukan pengisian kuota internet. Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Semuanya akan penulis jelaskan didalam artikel ini. Sebelum itu, yuk kita bahas sedikit mengenai operator Axis! Bisa dibilang Axis menjadi salah satu operator yang banyak digunakan oleh masyarkat Indonesia, terutama kalangan remaja.

Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pilihan paket internet yang bisa dibeli dengan harga murah atau biasa kita sebut eceran. Operator yang akrab dengan warna ungu ini menyediakan banyak sekali pilihan layanan dan fitur yang bisa pengguna gunakan secara gratis.

Salah satu fitur yang bisa pengguna gunakan untuk mengisi kuota internet adalah melalui aplikasi AXISNet, didalam aplikasi ini Anda bisa memasukan voucher untuk mengisi kuota.

Fitur tersebut dikenal dengan istilah AIGO atau AXIS Internet On The Go, dengan adanya fitur ini pengguna bisa dengan mudah memasukan voucher atau kode rahasia yang didapatkan saat membeli paket internet tertentu.

Penyebab Axis Tidak Bisa Isi Kuota Internet

kenapa axis tidak bisa isi kuota

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan gagal isi kuota internet melalui voucher. Mulai penyebab yang berasal dari Anda sendiri hingga pihak provider Axis.

Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi masalah ini dengan mudah teman-teman semua perlu mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan aktivitas mengisi kuota internet gagal.

Adapun beberapa penyebab yang saya maksud, diantaranya:

Salah Mengetik HRN

Hal pertama yang sering menyebabkan gagal mengisi kuota internet di aplikasi Axis adalah salah memasukan HRN.

HRN merupakan singkatan dari Hidden Recharge Number atau kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia akan menjadi “nomor isi ulang tersembunyi” atau yang biasa kita sebut dengan kode voucher yang kita dapatkan setelah mengosok bagian hologram kertas voucher.

Perlu Anda semua ketahui HRN biasanya digunakan untuk mengisi kuota internet melalui AIGO yang ada di aplikasi AXISNet atau melalui fitur telepon dengan kode USSD *838*kode voucher# dengan angka yang terdiri dari 16 digit.

Apabila saat memasukan kode voucher tersebut ada kesalahan atau nomor salah, maka permintaan yang Anda untuk mengisi voucher akan gagal. Oleh karena itu, saat memasukan kode voucher Anda harus pastikan lebih dulu apakah sudah benar atau tidak baru mengirim permintaan tersebut.

Hal ini tidak hanya berlaku di fitur AIGO yang ada di aplikasi AXISNet saja, melainkan juga kode USSD melalui fitur telepon di ponsel Anda.

Voucher Sudah Tidak Berlaku

Selain dikarena ada kesalahan dalam mengetik atau menginput kode voucher Axis, ternyata masa berlaku dari voucher tersebut juga bisa membuat Anda gagal mengisi kuota internet loh.

Perlu Anda semua ketahui, kode voucher Axis memiliki masalah berlaku sehingga tidak bisa digunakan selamanya, sistem ini hampir sama dengan masa aktif nomor Anda.

Jadi, Anda bisa memasukan masa berlaku kode voucher tersebut sampai kapan. Apabila keterangan yang ada di kertas voucher bahwa tanggal masa berlaku sudah lewat dari tanggal, bulan dan tahun saat ini. Maka bisa dipastikan penyebab gagal mengisi voucher disebabkan oleh masa berlaku kode voucher tersebut.

Anda tidak perlu khawatir, karena masa berlaku voucher bisa diatasi dengan cara mendatangi konter dimana Anda membeli voucher tersebut. Jelaskan kepada pemilik konter bahwa voucher yang Anda beli sudah melewati masa berlaku dan minta kode voucher baru yang masih aktif.

Baca Juga:

Cache atau Sampah Di Ponsel Menumpuk

Tidak hanya beberapa penyebab diatas saja, menumpuknya cache atau sampah juga bisa membuat Anda tidak bisa mengisi kuota internet, terutama menggunakan aplikasi AXISNet.

Kenapa begitu? Karena semakin banyaknya cache atau sampah di perangkat akan membuat ponsel Anda menerima beban semakin berat, sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal.

Hal seperti ini juga bisa membuat Anda tidak bisa mengirim permintaan di aplikasi AxisNet untuk melakukan pengisian kuota internet.

Maka dari itu, Anda bisa menghapus cache atau sampah yang ada di ponsel melalui fitur pengaturan dengan mencari aplikasi AxisNet atau aplikasi lain yang sering digunakan.

Selain menghapus secara manual, Anda juga bisa menghapus cache atau sampah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstall melalui Play Store atau App Store.

Jaringan Internet Axis Sedang Bermasalah

Penyebab lain yang bisa membuat Anda gagal mengisi internet adalah jaringan internet yang sedang Anda gunakan bermasalah.

Hal ini tidak hanya berlaku saat meminta aktivitas pengisi kuota, melainkan semua layanan yang ada di provider Axis, seperti menjelahi internet, mengakses aplikasi di ponsel dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi penyebab ini Anda bisa memasukan kode voucher atau HRN berulang kali atau lebih dari sekali, dengan catatan kode voucher yang dimasukan sudah benar ya.

Jika sudah, namun Anda juga belum bisa mengaktifkan paket internet yang ada di voucher tersebut bisa dipastikan jaringan internet Axis sedang bermasalah. Jaringan ini bisa bermasalah karena memang provider pusat Axis atau hanya berlaku di wilayah tempat tinggal Anda masing-masing.

Cara paling mudah mengatasi penyebab jaringan internet buruk adalah dengan menunggu, karena tanpa kita sadari pihak provider Axis terutama teknisinya akan langsung memproses masalah itu.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Axis Tidak Bisa Isi Kuota Internet dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *