Kenapa Discord Tidak Ada Suara? Ini Dia Penyebabnya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Discord Tidak Ada Suara. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini Calonpengenagguran akan memberikan tips dan trik mengenai cara mengatasinya.

Untuk kamu yang belum tahu, Discord adalah sebuah aplikasi layanan VoIP yang paling sering digunakan oleh para gamers untuk saling berkomunikasi. Popularitas aplikasi Discord ini semakin meningkat, karena semakin banyak game online yang membutuhkan komunikasi secara langsung secara jarak jauh.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa pengguna yang sering mengalami masalah seperti suara di Discord tidak keluar. Perlu kamu ketahui, bahwa suara yang hilang ini terjadi oleh satu orang pengguna saja.

Maksudnya, kamu bisa mendengar suara teman kamu di Discord, akan tetapi teman kamu tidak bisa mendengar suara kamu saat itu ataupun sebaliknya. Masalah Discord tidak muncul suara pastinya membuat banyak para pengguna kecewa.

Hal ini pastinya membuat para pengguna tidak merasa nyaman, terutama jika sedang asik-asiknya streaming, voistreaming, share screen, atau voice call grup dan lainnya.

Walaupun begitu, kamu tidak usah khawatir, dikarenakan Calonpengangguran akan menjelaskan apa saja penyebab dan cara mengatasinya dengan mudah. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu menyimak penjelasan yang akan saya berikan ini sampai tuntas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Discord Tidak Ada Suara

kenapa discord tidak ada suara

Perlu kamu ketahui, bahwa setiap masalah pastinya memiliki sebab, dan setiap masalah pastinya memiliki cara mengatasinya. Nah, sedangkan penyebab dan cara mengatasi Discord tidak ada suara, kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini:

Jaringan Internet

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan sebelum menggunakan Discord adalah jaringan internet. Jaringan Internet yang buruk atau lemot, akan membuat aplikasi Discord tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Jaringan Internet yang tidak stabil, akan membuat kinerja aplikasi Discord buruk. Dan biasanya, Discord akan mengalami masalah seperti error, bug, bahkan yang paling sering terjadi adalah Discord tidak ada suaranya.

Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini sangat lah mudah, kamu hanya perlu menggunakan jaringan internet yang kuat dan stabil. Disini, saya menyarankan kamu untuk menggunakan jaringan Wifi, karena jaringan Wifi lebih stabil apabila dibandingkan dengan jaringan yang terdapat pada kartu SIM.

Versi Aplikasi Discord

Penyebab berikutnya kenapa Discord tidak ada suara, biasanya disebabkan oleh versi aplikasi itu sendiri. Setiap aplikasi pastinya akan melakukan pembaharuan atau perbaikan untuk mengurangi masalah yang sebelumnya terjadi, atau meningkatkan performa serta menambah fitur-fitur didalamnya.

Jika para pengguna masih menggunakan Discord versi lama, tidak heran jika sering mengalami masalah seperti tidak bisa terhubung, tidak bisa masuk grub, tidak ada suara, bahkan aplikasi Discord bisa jadi tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa untuk memperbarui aplikasi Discord ke versi terbarunya. Kamu bisa memperbaharuinya melalui Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan versi terbarunya.

Reset Voice Settings

Berikutnya kenapa Discord tidak keluar suaranya disebabkan oleh Voice Settings yang berantakan. Kebanyakan orang hanya bisa menggunakannya, namun tidak bisa mengatur hal-hal yang terdapat di dalam aplikasi itu sendiri.

Dengan pengaturan Voice Settings yang acak-acakan, bisa menyebabkan suara pada Discord tidak keluar, dan untuk Reset Voice Settings kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan dibawah ini:

  • Pertama, silahkan klik Gear yang bertuliskan User Settings yang ada di bagian kiri bawah layar
  • Lalui pilih opsi Voice & Video yang ada di bawah App Settings
  • Scrol kebawah dan klik Reset Voice Settings
  • Dan klik OK pada jendela konfirmasi yang muncul di layar
  • Selanjutnya lepas dan hubungkan kembali ke Microphone
  • Selesai

Ubah Input Mode ke Push to Talk

Apabila Discord tidak ada suaranya bisa kamu atasi dengan mengubah Input Mode ken Push to Talk. Hal ini bisa membantu kamu dalam mengatasi Discord yang tidak ada suaranya. Namun, jika kamu memilih Push to Talk, maka kamu harus menekan dan menekan sebuah tombol tertentu pada saat kamu akan berbicara.

Mungkin ini akan menjadi aneh, dan untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, silahkan masuk ke Discord, dan klik User Settings
  • Lalu pilih mode Input Mode dan pilih Push to Talk
  • Silahkah atur Shortcut tombol untuk mengaktifkan Push to Talk
  • Dan biarkan bar Push to Talk Release Delay yang berada di bagian kiri bawah
  • Selesai

Disable Fitur QoS Discord

Ada banyak para pengguna yang mengatakan bahwa pengaturan QoS dapat mengakibatkan Discord menjadi error. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu juga mencoba untuk menonaktifkan fitur QoS jika masalah Discord tidak ada suaranya kamu alami.

Untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di bawah ini:

  • Pertama, silahkan buka opsi User Settings
  • Lalu pilih Voice & Video
  • Dan mematikan opsi Enable Quality of Service High Packet Priority yang ada di bagian Quality of Service

Server Discord Gangguan

Hal berikutnya kenapa Discord tidak ada suaranya adalah dikarenakan Server Discord sedang gangguan. Masalah ini sangat wajar terjadi, dikarenakan setiap aplikasi pastinya akan mengalami gangguan entah kapan itu dan entah kapan waktunya.

Masalah server gangguan bisa menyebabkan, Discord error, lemot, tidak ada suara, bahkan Discord bisa jadi tidak akan bisa dibuka. Jika masalah ini yang terjadi, maka kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu sampai server aplikasi Discord kembali normal.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Discord Tidak Ada Suara. Semoga artikel yang saya bagikan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi Discord.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *