Kenapa GCam Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Gcam Tidak Bisa Dibuka – Seperti yang kita tahu semua, Google Camera atau GCam adalah sebuah aplikasi kamera terbaik yang mampu memperbaiki kualitas kamera bawaan yang kurang baik menjadi lebih baik dengan hasil foto HP Flagship.

Intinya ponsel Anda harus support dengan sistem GCam, maka hasil foto dari kamera bawaan ponsel kurang memuaskan tidak masalah karena bisa dibantu dengan adanya Google Camera ini.

Kalau tidak support bagaimana mas? Maka ponsel Anda tidak akan bisa mengakses atau membuka aplikasi Google Camera. Meski terlihat sederhana, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui hal ini.

Selain dikarenakan ponsel tidak support, ada banyak sekali penyebab lain yang membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi GCam. Adapun beberapa penyebab tersebut akan Calonpengangguran jelaskan dibawah ini.

Sekilas Tentang Google Camera

Sebelum membahas apa saja penyebab aplikasi Google Camera tidak bisa dibuka, kita akan bahas lebih detail tentang aplikasi ini.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, Google Camera merupakan salah satu aplikasi kamera yang dibuat secara resmi oleh Google sejak tahun 2014 lalu.

Tenarnya aplikasi ini sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari kualitas foto yang dihasilkan, dengan menggunakan Google Camera kita bisa menghasilkan foto berkualitas mantap, meskipun kamera bawaan ponsel buruk atau kurang bagus.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengguna yang merasa puas dengan hasil foto di aplikasi GCam, karena mampu menghasilkan berbagai jenis foto pada mode hdr+ dan mode potrait yang sangat mulus serta detail.

Fitur Di Aplikasi Google Camera

Ada banyak hal keunggulan dari aplikasi ini, salah satunya menyediakan fitur yang terbilang lengkap dibandingkan aplikasi kamera lain.

Adapun fitur yang ada di aplikasi Google Camera, diantaranya:

Night Sight

Fitur pertama ini sebenarnya juga ada di aplikasi besuta Google lainnya, seperti Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Hadirnya fitur ini mampu membantu Anda dalam menangkap gambar, meski dalam kondisi minim cahaya atau pada malam hari.

Photobooth

Selain adanya fitur diatas, pengguna juga bisa menangkap moment-moment penting lainnya berkat hadirnya fitur Photobooth. Hal tersebut karena fitur ini memiliki peran mengambil foto pada moment tertentu ketika objek tersenyum, menjulurkan lidah, mengerlingkan mata, dan beberapa aktivitas lain.

Super Res Zoom

Hampir sama dengan fitur diatas, hadirnya Super Res Zoom bisa membantu pengguna dalam menangkap foto atau gambar tertentu. Namun, fungsi utama dari fitur ini adalah menangkap detail ekstra ketika melakukan zooming dengan memanfaatkan getaran tangan.

Group Selfie

Kalau Anda suka mengambil moment penting, seperti selfie ramai-ramai. Saya rasa hadirnya fitur ini sangat cocok untuk Anda, karena aplikasi mampu memanfaatkan sensor wide-lens sehingga mampu menangkap gambar dengan sudut yang lebih luas, yakni mencapai 184% dibandingkan aplikasi kamera lainnya.

Portrait Mode

Hadirnya fitur ini mampu membantu Anda dalam mengatur tingkat bokeh foto atau gambar yang ditangkap. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga disematkan dua fitur tambahan, yakni 2 beauty mode diantaranya Natural dan Soft.

Baca Juga:

Penyebab Aplikasi GCam Tidak Bisa Dibuka

kenapa gcam tidak bisa dibuka

Setelah menjelaskan beberapa hal penting yang perlu diketahui dari aplikasi Google Camera ini. Kita akan membahas topik utama artikel ini, yakni mengetahui apa saja penyebab aplikasi Google Camera tidak bisa diakses dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Versi Android Ponsel Tidak Support

Hal pertama yang paling sering membuat aplikasi Google Camera tidak bisa diakses adalah ponsel yang Anda gunakan tidak menggunakan versi android yang mendukung.

Hal tersebut dapat Anda lihat sendiri pada keterangan dari developer atau pengembang aplikasi ini, pasti menjelaskan didukung versi android sekian dan sekian.

Oleh karena itu, Anda bisa mengecek keterangan tersebut lebih dulu untuk mengetahui apa ponsel yang digunakan support atau tidak menggunakan aplikasi GCam.

Cache atau Sampah Menumpuk

Selain karena ponsel yang Anda gunakan tidak support aplikasi Gcam, hal lain yang sering membuat aplikasi Gcam tidka bisa diakses adalah cache atau sampah menumpuk.

Kenapa bisa begitu? Simpelnya begini, semakin banyaknya sampah atau cache maka akan membuat ponsel menerima beban lebih berat sehingga kesulitan saat mengakses aplikasi tertentu, terutama jenis aplikasi yang berat.

Satu-satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menghapus cache atau sampah yang ada di ponsel. Caranya sangat mudah, Anda bisa masuk ke menu pengaturan, tap menu aplikasi terinstall, pilih aplikasi GCam dan tap menu hapus cache.

Selain menghapus secara manual, Anda bisa meminta bantuan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus cache. Aplikasi ini bisa dengan mudah diinstall melalui Playstore dan biasanya menyematkan fitur clean.

Untuk menghasil perfomance terbaik ponsel, Anda bisa restart ponsel dengan tujuan menghapus bug dan hal lainnya yang bisa membuat kinerja ponsel tidak maksimal.

Menggunakan GCam Mod

Penyebab lain yang sering membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi GCam adalah menggunakan aplikasi versi mod.

Seperti yang sudah saya kata sebelumnya, meski versi mod atau modifikasi memiliki banyak keunggulan seperti fitur lebih banyak dan bisa menggunakan semuanya secara gratis, tetap ada kekurangannya.

Salah satunya rawan banned, bisa saja aplikasi GCam yang Anda gunakan sudah terdeteksi oleh developer Google Camera sehingga meminta akses banned pada aplikasi mod tersebut, sehingga Anda tidak bisa membuka kembali aplikasi ini.

Saran dari saya, mulai dari sekarang lebih baik menggunakan aplikasi versi asli saja, walaupun fitur tidak sebanyak versi mod, tetap saja dari segi keamanan versi asli menang jauh. Selain itu juga, kalau kita menggunakan versi asli berarti secara tidak langsung kita sudah mendukung developer GCam.

Server GCam Bermasalah

Penyebab terakhir yang bisa saja membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi Google Camera adalah server utama mereka sedang mengalami gangguan, ntah karena sedang melakukan upgrade server atau pemeliharaan seperti menghapus bug ataupun virus.

Jika penyebab tidak buka aplikasi GCam karena ini, Anda tidak bisa berbuat apa-apa sampai teknisi Google Camera selesai memperbaiki masalah tersebut.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkait Kenapa Aplikasi GCam Tidak Bisa Dibuka dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *