Kenapa Video di Galeri Tidak Bisa Diputar? Begini Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Video di Galeri Tidak Bisa Diputar. Apakah kamu juga sedang mempertanyakan hal tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Aplikasi Galeri adalah sebuah tempat dimana kita bisa menyimpan file berupa foto maupun video. Pastinya kita dapat membuka aplikasi galeri ini kapan saja untuk mencari file foto yang ingin kita gunakan.

Akan tetapi, belakangan ini ada banyak orang yang mengalami masalah pada saat ingin melihat file foto maupun video di dalam aplikasi galeri. Salah satu masalah yang mereka alami yaitu tidak bisa memutar video di dalam aplikasi galeri.

Namun, untuk kamu yang mengalami masalah seperti ini, disini saya akan menjelaskan penyebab serta cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk kamu yang penasaran, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kenapa Video di Galeri Tidak Bisa Diputar

kenapa video di galeri tidak bisa diputar

Untuk kamu yang belum tahu, pastinya setiap masalah memiliki sebab, dan setiap masalah memiliki solusi untuk mengatasinya. Dan untuk mengatasi video di galeri tidak bisa diputar, kamu bisa mengikuti cara yang sudah saya berikan dibawah ini:

Update Aplikasi Galeri

Pertama-tama yang harus kamu perhatikan jika mengalami masalah seperti video di dalam galeri tidak bisa diputar adalah versi aplikasi galeri yang kamu gunakan. Masih sedikit orang yang mengetahui hal ini, walaupun aplikasi galeri bawaan ponsel, namun aplikasi tersebut harus tetap rutin di update.

Guna meng-update aplikasi galeri adalah mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan seperti error, bug, file corrupt dan lainnya. Maka dari itu, silahkan update aplikasi galeri di Google Play Store untuk mendapatkan versi terbaru dan menghilangkan bug atau error yang sedang terjadi.

File Video Corrupt atau Rusak

Selanjutnya, hal yang harus kamu perhatikan, jika mendapati masalah seperti video di galeri tidak bisa diputar yaitu bisa disebabkan oleh file video corrupt. Hal ini bisa terjadi ketika kamu melakukan download video atau merekam langsung melalui ponsel dan ternyata filenya rusak.

File Corrupt dapat menyebabkan masalah seperti video tidak bisa diputar, terjeda, patah-patah, lag, freeze dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu hanya perlu rekam ulang, atau mengunduh ulang video yang tidak bisa diputar tadi.

Format File Video Tidak Mendukung

Berikutnya, penyebab video di galeri tidak bisa diputar juga bisa disebabkan oleh format file yang tidak mendukung. Hal ini biasanya format file yang kamu miliki tidak support dengan aplikasi galeri bawaan ponsel yang kamu miliki/

Masalah ini sering terjadi pada saat kamu mengunduh file video dari internet lalu kamu simpan didalam memori internal dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Maka dari itu, untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, silahkan unduh video seperti biasa, dan jangan menggunakan pihak ketiga.

Bersihkan Cache dan Data Galeri

Tak hanya itu, video dialam aplikasi galeri tidak bisa diputar juga bisa disebabkan oleh Cache dan Data yang terdapat di aplikasi Galeri menumpuk. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap aplikasi file Cache dan Data Nya tersendiri, dan apabila sampai file Cache dan Data ini menumpuk, maka akan membuat sistem kerja aplikasi sedikit melambat atau bahkan error.

Salah satu masalah yang akan terjadi seperti aplikasi tidak bisa dibuka, foto error, video tidak bisa diputar dan masih banyak lagi.

Dan untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu menghapus Cache dan Data yang terdapat di aplikasi Galeri. Untuk cara menghapusnya, silahkan masuk ke menu Pengaturan, lalu klik Manajemen Aplikasi, dan klik aplikasi Galeri, setelah masuk klik Hapus Cache dan Hapus Data.

Restart Ponsel

Cara terakhir untuk mengatasi video di dalam galeri tidak bisa diputar bisa kamu atasi dengan cara merestart ponsel yang sedang digunakan. Hal ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi di ponsel. Merestart ponsel dapat memulihkan ponsel yang sedang mengalami error dan bug.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Video di Galeri Tidak Bisa Diputar. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi ada aplikasi galeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *