Kenapa Senter iPhone Tidak Menyala? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Senter iPhone Tidak Menyala. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Flash di iPhone atau biasa disebut senter, merupakan sebuah sumber penerangan yang paling penting dalam penerangan untuk foto maupun dalam hal-hal lainnya. Namun belakangan ini, ada banyak kendala yang dialami oleh pengguna iPhone.

Kendala yang saat ini sedang banyak dialami pengguna iPhone seperti bug atau error pada sistem iOS. Hal tersebut terdengar masuk akal, karena mengingat sangat jarang ada akses aman modul flash led di iPhone mengalami kerusakan atau masalah.

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, disini Calonpengangguran akan menjelaskan tentang cara mengatasinya. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu menyimak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas, agar dalam waktu mengatasinya tidak ada yang ketinggalan.

Cara Mengatasi Senter iPhone Tidak Menyala

kenapa senter iphone tidak menyala

Setiap masalah pastinya memiliki jalan keluar untuk mengatasinya, sama hal seperti masalah yang sedang kamu alami seperti senter iPhone tidak menyala. Masalah seperti ini bisa kamu atasi dengan mudah, kamu hanya perlu mencoba cara-cara yang sudah saya berikan dibawah ini:

Update Perangkat Lunak

Hal pertama yang wajib kamu untuk mengatasi masalah yang ada di iPhone seperti senter/flash tidak menyala yaitu dengan update perangkat lunak. Pastikan bahwa kamu sudah menggunakan versi terbaru untuk menghindari bug atau error yang sedang terjadi.

Dan untuk kamu yang belum update perangkat lunak, silahkan buka Pengaturan lalu pilih General dan klik Software Update. Now, allow iOS to check for the update. Apabila itu menunjukan pembaruan terbaru, maka silahkan unduh dan instal seperti biasa.

Jangan Menggunakan Kamera Terlebih Dahulu

Hal berikutnya adalah yang menggunakan kamera terlebih dahulu jika ingin menghidupkan senter di iPhone. Karena flash pada kamera dan senter menggunakan bohlam yang sama, jadi jika kamu ingin menggunakan senter, silahkan tutup aplikasi kamera terlebih dahulu. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mencegah kemungkinan konflik pada perangkat lunak.

Lepas/Copot Case

Berikutnya yaitu melipat atau copot case iPhone yang kamu gunakan. Ada banyak case atau aksesoris iPhone yang cenderung menghalangi flash dan mencegah bekerja secara normal. Jadi, coba kamu lepas case dan mulai menghidupkan senter/flash.

Restart iPhone

Cara berikutnya untuk memperbaiki masalah seperti bug, error atau senter iPhone tidak bisa hidup bisa kamu atasi dengan restart ulang ponsel tersebut. Karena iPhone kini banyak variasinya, silahkan gunakan cara yang saya jelaskan dibawah ini:

  1. iPhone dengan Home Button: Untuk kamu yang menggunakan iPhone tersebut, silahkan tekan dan tahan tombol samping/atas lalu seret penggeser mematikan untuk mematikan. Selanjutnya, silahkan klik dan tahan tombol samping/atas untuk mem-boot ulang iPhone kamu
  2. iPhone Tanpa Home Button: Untuk kamu yang menggunakan iPhone tersebut silahkan klik dan tahan tombol volume atas/bawah dan tombol samping sampai penggeser daya mati muncul di layar. Setelah itu, seret penggeser mematikan untuk mematikan perangkat kamu.

Mengingat bahwa saat ini versi iPhone ada yang memiliki Home Button dan ada yang tidak memilikinya. Tentunya, untuk mematikan atau merestart ponsel tersebut berbeda.

Coba Senter/Flash Dengan Kamera

Selanjutnya, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu apakan bohlam senter tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Salah satu cara untuk memeriksanya yaitu dengan menggunakan aplikasi kamera iPhone yang kamu miliki.

Caranya yaitu silahkan buka aplikasi Kamera dan masuk ke opsi Foto. Pada halam ini, silahkan klik ikon Panah untuk melihat pengaturan tambahan. Lalu klik ikon Flash dan pilih Aktif, coba klik foto dan lihat apakan flash yang terdapat di ponsel kamu menyala atau tidak.

Apabila flash menyala, maka sudah dapat dipastikan bahwa kamera iPhone yang kamu miliki terdapat masalah pada perangkat lunak.

Setel Ulang iPhone

Jika cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi masalah senter iPhone tidak bisa menyala, kamu bisa melakukannya dengan menyetel ulang iPhone ke default pabrik yang merupakan salah satu solusi yang sangat berguna pada saat mengalami masalah terus menerus.

Karena hal ini cukup efektif untuk memecahkan masalah terkait perangkat lunak utama, dan tak ada salahnya jika dicoba. Kamu bisa melakukan cara ini dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan dibawah ini:

  1. iOS Versi 15 atau baru: Untuk kamu yang menggunakan versi iOS tersebut, silahkan masuk ke menu Pengaturan dan pilih General lalu klik Transfer or Reset iPhone dan klik Reset,klik kembali Reset All iPhone
  2. IOS 14 atau versi lebih bawahnya: Jika kamu menggunakan versi iOS tersebut silahkan masuk ke menu Pengaturan lalu klik General, dan tekan Reset lalu klik Reset All Settings

Hubungi CS Apple

Terakhir adalah dengan menghubungi CS Apple. Jika semua cara yang saya berikan diatas belum bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah senter di iPhone tidak bisa menyala, kamu bisa langsung menghubungi CS Apple.

Nantinya, kamu bisa mencari solusi mengenai masalah yang sedang dialami. Tak hanya senter tidak menyala saja, namun kamu bisa menanyakan banyak hal mengenai masalah yang sering terjadi di dalam iPhone yang kamu miliki.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Senter iPhone Tidak Menyala. Semoga artikel yang saya bagikan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada flash atau senter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *