Kenapa Excel Tidak Bisa Diedit? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Excel Tidak Bisa Diedit – Tidak bisa dipungkiri kalau perkembangan teknologi banyak sekali membantu pekerjaan kita, salah satu dalam hal mengolah angka.

Platform ini adalah Microsoft Excel, dengan adanya aplikasi ini kita bisa menyelesaikan pengolahan angka dalam jumlah banyak dengan waktu lebih cepat, mudah dan praktis.

Kita tahu semua Microsoft Excel adalah hasil produk dari perusahaan Microsoft Office. Kalau kamu salah satu pengguna platform ini, pasti akan bingung bukan kalau tiba-tiba file atau Excel tidak bisa diedit atau dibuka bukan?

Kamu semua tenang saja, karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan menjelaskan beberapa penyebab Excel tidak bisa edit beserta cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Excel Tidak Bisa Diedit

kenapa excel tidak bisa diedit

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa sebagai produk hasil tangan manusia tidak bisa menutup kemungkinan platform ini mengalami masalah, baik yang berasal dari aplikasi atau filenya.

Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi masalah ini tentu kamu perlu mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan excel tidak bisa diedit, diantaranya:

Aplikasi Excel Mengalami Crash

Hal pertamayang sering membuat kamu tidak bisa mengakses atau mengedit file Excel adalah aplikasi Excel yang terinstall di perangkat mengalami crash atau berhenti tiba-tiba.

Penyebab crash sendiri sangat beragam, mulai dari perangkat yang tidak support dengan versi aplikasi Excel, aplikasi Excel tidak versi terbaru, sistem perangkat belum di update dan lain sebagainya.

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah dengan melakukan pengecekan beberapa hal yang sudah saya sampaikan, seperti cek apakah aplikasi Excel ada versi terbaru atau tidak, kalau ada silahkan lakukan update dan seterusnya.

File Sedang Diakses Orang Lain

Hal selanjutnya yang menyebab excel tidak bisa diedit adalah file sedang diakses oleh orang lain. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya file excel yang kamu lihat atau hendak diakses adalah hasil karya orang lain.

Jadi bisa saja, ketika kamu hendak mengakses file tersebut ternyata sedang diedit oleh si pembuat sehingga kamu tidak bisa mengedit file tersebut atau tampil keterangan terkunci.

Selain beberapa hal diatas, ada beberapa hal lain yang sering membuat excel tidak bisa diedit dan sering dianggap sepele oleh pengguna, diantaranya:

  • Versi Excel yang digunakan berbeda.
  • Server tidak support fitur pengeditan online.
  • Format file yang tidak kompatibel dengan versi Excel.
  • Pengguna tidak memiliki hak akses terhadap file.

Cara Lain Mengatasi Excell Tidak Bisa Edit

Selain melakukan beberapa cara diatas, ada hal lain yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah diatas, lebih lengkapnya simak penjelasan sebagai berikut.

Aktifkan Izin Edit Pada Cell

Tidak menutup kemungkinan, file excel yang hendak kamu edit ternyata mengaktifkan fitur read-only, yang berarti kamu hanya bisa membaca file tersebut sehingga tidak akan bisa mengedit. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengaktifkan fitur “Allow editing directly in cells”, bagaimana caranya? Gini caranya:

  • Pertama buka file Microsoft Excel.
  • Jika sudah tekan menu File dibagian atas dan pilih menu Options pada bagian bawah.
  • Kemudian klik menu Advanced.
  • Pada bagian Editing options, silahkan centang opsi “Allow editing directly in cells”.
  • Terakhir, simpan perubahan dengan menekan tombol OK.
  • Selesai.

Buka Excel Melalui Properties File

Tidak hanya mengaktifkan fitur edit di Exce, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi file excel tidak bisa diedit. Cara dengan mengakses file excel melalui properties file, sebagai berikut:

  • Silahkan cari file Excel yang ingin kamu edit.
  • Kalau sudah ketemu, klik kanan pada file tersebut dan pilih Properties.
  • Pada tab General, klik Unblock di bagian bawah.
  • Setelah itu, file Excel sudah bisa dibuka dan diedit.

Buka Excel Melalui Trust Center

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ketika mengalami masalah file excel tidak bisa diedit adalah dengan mengakses file ini melalui trust center. Bagaimana caranya? Gini cara mudahnya:

  • Pertama buka aplikasi Microsoft Excel, lalu klik menu Options.
  • Setelah itu, pilih opsi Trust Center Settings.
  • Jika sudah, selanjutnya klik OK.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai Kenapa Excel Tidak Bisa Diedit dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *