Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup? Ini Cara Mengatasinya

Belum lama ini, ada banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, di sini Calonpengangguran akan memberikan penjelasan penyebab serta cara untuk mengatasinya.

Jika pulsa Indosat yang kamu miliki lebih, tidak heran jika kita gunakan untuk membeli paket Internet bukan? Apalagi harga dan jumlah paket data yang ada di Indosat beragam, dan harga yang mereka bandrol sangat bersahabat.

Tak heran, apabila jika saat ini ada banyak anak milenial yang menggunakan provider satu ini. Tak hanya memiliki paket data dan pulsa yang murah saja, tetapi Indosat juga sangat sering memberikan berbagai macam bonus untuk para penggunanya jika membeli paket internet menggunakan pulsa.

Akan tetapi, baru-baru ini ada banyak orang yang mengalami masalah pada saat ingin membeli paket Internet menggunakan pulsa. Padahal pulsa yang mereka miliki masih cukup dan sudah memenuhi nominal yang dibandrol.

Ternyata masalah ini tidak terjadi di saya saja, namun ada beberapa pengguna lainnya yang juga kebingungan karena hal ini. Setelah saya cari tahu, ada beberapa penyebab dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

kenapa tidak bisa beli paket indosat padahal pulsa cukup

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa ternyata ada banyak orang yang mengalami masalah tidak bisa membeli paket internet di kartu Indosat padahal pulsa cukup. Ternyata masalah ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang saja, melainkan hampir semua pengguna layanan Indosat. Lantas Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup? Semua akan Cp jelaskan untuk kamu sebagai berikut.

Koneksi Internet Buruk

Untuk membeli paket internet di kartu Indosat, pengguna bisa melakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan kode dial dan menggunakan aplikasi myIM3. Sayangnya tidak semua pengguna paham, setiap kali ingin mengaktifkan atau membeli paket internet jaringan harus terhubung dengan baik.

Banyak pengguna yang menganggap untuk membeli paket internet Indosat tidak memerlukan koneksi yang bagus, padahal itu salah. Baik saat kamu membeli paket internet melalui kode dial ataupun aplikasi myIM3, keduanya memerlukan koneksi yang stabil. Jadi, bisa saja karena lokasi kamu berada saat ini susah sinyal sehingga proses pembelian paket internet gagal, meskipun pulsa cukup.

Nomor Sudah Tidak Aktif

Perlu kamu semua ketahui, SIM Card Indosat memiliki masa berlaku yang akan diperbarui setiap kali pengguna mengisi pulsa dan membeli paket internet tertentu. Apabila kartu Indosat milik mu ternyata tidak pernah melakukan transaksi apapun dalam kurun waktu 2 bulan terakhir, maka pihak Indosat akan menonaktifkan kartu tersebut.

Ketika kartu sudah dinonaktifkan kira-kira apa yang akan terjadi? Kartu Indosat tidak akan bisa digunakan lagi, baik untuk ngisi pulsa, membeli paket internet, menerima pesan, melakukan panggilan dan lain sebagainya.

SIM Card Indosat Rusak

Kita semua tahu, SIM Card atau Kartu SIM Indosat memiliki bentuk seperti chip yang salah satu bagiannya berfungsi sebagai penghubung ke perangkat seluler. Ketika bagian yang berfungsi sebagai penghubung itu rusak, tentu saja perangkat tidak akan bisa menggunakan kartu SIM tersebut bukan?

Ada banyak hal menyebabkan SIM Card rusak, seperti terendam air, jatuh, dipasang dengan paksa, terpapar sinar matahari terlalu lama dan lain lain. Ketika SIM Card rusak, icon sinyal pada perangkat tidak akan menampilkan logo sinyal tapi logo xx atau keterangan tidak ada layanan. Keterangan seperti ini tidak hanya menandakan sinyal Indosat sedang gangguan loh, tapi juga bisa karena SIM Card itu rusak.

Mengaktifkan Paket Lain

Penyebab selanjutnya yang sering kali membuat pengguna Indosat tidak bisa membeli paket internet padahal memiliki pulsa yang cukup adalah karena sudah mengaktifkan paket lain.

Meski sebenarnya ini tidak berlaku pada semua kartu SIM Indosat ya, terdapat beberapa SIM Card yang hanya bisa mengaktifkan satu jenis paket internet. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa menggunakan dan menghabiskan paket tersebut lebih dulu.

Harga Paket Belum Termasuk Pajak

Pada beberapa jenis paket Indosat harga yang ditunjukan bukanlah harga yang sebenarnya, maksudnya harga paket tersebut bisa berubah tergantung lokasi si pembeli berada. Ini berlaku pada pengguna yang tinggal di daerah terpencil dan susah sinyal, sehingga pihak Indosat harus secara khusus memberi pelayanan dalam hal mengirim sinyal kepada pengguna, oleh karena itu pengguna itu harus membayar pajak pelayanan kepada provider Indosat sehingga harga paket akan lebih mahal.

Contoh, si a tinggal di daerah a ingin membeli paket a dengan harga 20 ribu dan si b tinggal di daerah b ingin membeli paket a dengan harga 20 ribu juga. Ternyata kedua pembeli ini harus menyiapkan jumlah pulsa yang berbeda loh, karena si a tinggal di daerah pedesaan yang notabene susah sinyal harus membayar paket tersebut dengan harga 22 ribu, sementara si b tetap dengan harga 20 ribu karena tinggal di perkotaan.

Server Indosat Error

Selanjutnya adalah karena server Indosat sedang error. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kamu tidak bisa membeli paket Internet padahal pulsa yang dimiliki masih banyak atau terbilang cukup.

Biasanya, masalah pada server ini hanya akan berlangsung beberapa jam saja, dan setelah pulih maka kamu akan bisa membeli paket Internet seperti biasanya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakan permasalah lainya yang terjadi di kartu Indosat melalui Call Center.

Perangkat Bermasalah

Selain beberapa penyebab internet yang berasal dari pihak Indosat itu sendiri, ternyata persoalan tidak bisa membeli paket internet Indosat juga bisa disebabkan oleh perangkat yang kamu gunakan bermasalah atau error loh.

Masalah pada perangkat sendiri ada banyak sekali penyebabnya, mulai dari cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall di perangkat, tidak rutin update perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Kebiasaan buruk tersebut memang tidak menyerang perangkat secara langsung, melainkan secara pelan-pelan. Bagian perangkat yang paling terdampak adalah performa. Apabila performa perangkat mengalami penuruna, maka perangkat tidak akan bisa merespon perintah kamu secara optimal, salah satu perintah untuk membeli paket Indosat ini.

Mengunci Jaringan 4G

Ketika hendak membeli paket internet Indosat melalui kode dial atau UMB di aplikasi panggilan, maka secara otomatis jaringan 4G akan diubah ke jaringan 2G. Tapi, karena kamu sudah mengelock atau mengunci jaringan 4G.

Maka jaringan tidak akan bisa diubah ke 2G sehingga percuma saja kamu memasukan kode UMB karena pasti akan gagal. Mungkin saja karena inilah kamu tidak bisa membeli paket internet Indosat.

Provider Diblokir Oleh Server Perangkat

Perangkat seluler ada banyak sekali merk nya, seperti Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dan lain sebagainya yang menyematkan teknologi android sebagai otak utamanya. Selain perangkat Android, ada perangkat iOS atau lebih dikenal dengan nama iPhone.

iPhone menjadi perangkat seluler yang paling diminati oleh warganet, karena menawarkan desain mewah. Selain karena desainnya, ada banyak keunggulan lain yang dimiliki iPhone dibandingkan perangkat Android, terutama dari segi kecepatan atau performa.

Berbicara mengenai perangkat iPhone, pasti teman teman semua tidak asing dengan sebutan iPhone inter bukan? Ternyata banyak orang diluar sana yang mencari iPhone inter atau ex-inter, karena dari segi harga jauh lebih murah dibanding iPhone iBox.

Ternyata pemerintah Indonesia sedang berusaha menghentikan pemasaran iPhone inter, salah satu caranya adalah memblokir akses sinyal iPhone inter pada banyak provider, seperti Telkomsel, Indosat, XL dan lain lain.

Jadi, masalah tidak bisa membeli paket Indosat bisa saja dikarenakan perangkat yang kamu gunakan sudah diblokir sehingga tidak bisa menggunakan layanan provider di Indonesia.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Paket Indosat

Pastikan Koneksi Stabil

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah koneksi internet stabil atau tidak, ini bertujuan agar saat kamu coba membeli paket Indosat tidak terjadi kesalahan teknis.

Untuk bisa memastikan koneksi bermasalah atau tidak, kamu bisa coba mengirim pesan atau melakukan panggilan, apabila bisa keduanya bisa dilakukan berarti tidak ada masalah pada koneksi kamu, tapi jika keduanya tidak bisa berarti koneksi kamu bermasalah, oleh karena itu silahkan pindah ke lokasi yang dirasa memiliki sinyal kuat.

Pastikan Nomor Indosat Masih Aktif

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah pastikan bahwa nomor Indosat yang kamu gunakan masih aktif. Karena, jika nomor Indosat yang kamu miliki sudah tidak aktif, maka untuk melakukan pembelian tidak akan bisa.

Tak terkecuali, walaupun kamu masih memiliki pulsa didalamnya, jika masa aktif kartu sudah habis, maka kartu tersebut tidak akan bisa digunakan untuk apa-apa. Kalau kartu sudah dinonaktifkan, kamu akan kesulitan untuk mengaktifkannya lagi karena prosedurnya cukup ribet, seperti menyiapkan No KK dan NIK yang sama dengan no KK dan NIK yang digunakan untuk mendaftar pada waktu itu.

Salah satu cara untuk mengatasi nomor Indosat agar tidak dinonaktifkan adalah mengisi pulsa kembali dengan nominal yang berbeda dan jangan menggunakan pulsa yang lama, karena kemungkinan sudah expired atau kamu juga bisa mengganti dengan kartu yang baru.

Cek Fisik SIM Card

Seperti yang saya sampaikan diatas, SIM Card Indosat memiliki bentuk fisik seperti chip yang salah satu bagiannya difungsi sebagai penghubung ke perangkat. Jika bagian tersebut rusak, maka sinyal tidak akan bisa muncul.

Oleh karena itu, coba kamu cek fisik SIM Card tersebut rusak atau tidak terutama bagian berwarna kuning, kalau ternyata ada goresan atau ada bagian warna kuning hilang bisa dipastikan SIM Card rusak.

Cara Paling mudah mengatasi hal ini adalah datang ke kantor Indosat, beritahu penyebab kartu Indosat kamu rusak dan minta untuk membuat SIM Card baru dengan nomor yang sama, kalau dirasa nomor itu sangat penting.

Nonaktifkan Paket Lain

Berikutnya kamu bisa mengecek apakah ada paket lain yang aktif di kartu Indosat mu, caranya sangat mudah kamu masuk ke aplikasi Panggilan, ketik *123#, Ketik menu (22) Info, Pilih menu (1 ) Cek Kuota dan Pilih Paket Internet, maka secara otomatis kamu akan ditampilkan beberapa paket yang masih aktif. Selain itu, kamu juga bisa mengecek paket aktif Indosat melalui aplikasi myIM3 yang sudah login menggunakan nomor Indosat mu.

Pastikan Pulsa Cukup

Meski kamu sudah beranggap pulsa cukup atau pulsa ada, tapi seperti yang saya sampaikan diatas terdapat pengguna Indosat ditampilkan harga paket tidak sesuai dengan harga yang harus dibayar. Oleh karena itu, cek dengan teliti apakah benar harga paket tersebut memang segitu atau ada pajak tambahan yang harus dibayar.

Ganti Tipe Jaringan

Cara selanjutnya untuk mengatasi tidak bisa membeli paket Indosat yaitu bisa disebabkan oleh tipe jaringan yang kamu gunakan. Silahkan ubah tipe jaringan yang kamu gunakan menjadi 2G atau 3G dan jaringan menggunakan jaringan otomatis.

Dan untuk mengubahnya setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda, sedangkan untuk ponsel yang saya gunakan yang berjenis Samsung bisa kamu ikuti seperti dibawah ini:

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan
  • Berikutnya pilih opsi Koneksi
  • Lalu klik Jaringan Seluler dan pilih mode Jaringan
  • Alihkan ke jaringan 2G dan 3G
  • Selesai

Setelah kamu melakukan hal tersebut, silahkan coba membeli paket internet yang diinginkan. Dan biasanya, setelah kamu melakukan hal tersebut bisa digunakan untuk membeli paket Internet.

Ganti Kartu SIM

Cara berikutnya untuk mengatasi tidak bisa membeli paket internet Indosat padahal pulsa masih cukup yaitu kamu bisa mengganti kartu yang sedang digunakan dengan kartu yang baru di konter terdekat.

Cara ini cukup ampuh, untuk kamu-kamu yang tidak ingin ribet dalam mengalami masalah tidak bisa membeli paket Internet di Indosat.

Untuk membeli kartu beserta paket Indosat juga terbilang sangat murah bukan? Harga-harga yang mereka bandrol menyesuaikan kantong pelajar atau anak-anak milenial saat ini.

Hubungi CS Indosat

Setelah melakukan beberapa hal diatas dan hasilnya tetap tidak bisa, berarti ada masalah pada server utama Indosat. Kalau ini sampai terjadi, sebagai pengguna kamu tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu.

Tapi bagaimana cara memastikan kalau server Indosat yang bermasalah atau tidak? Cara paling mudahnya ada menghubungi CS Indosat untuk mendapatkan jawaban terkait masalah yang kamu alami. Untuk menghubungi Help Center Indosat kamu bisa kunjungi laman resmi mereka melalui link ini https://im3.id/portal/id/geraionline

Perbaiki Performa Perangkat

Sembari menunggu respon dari CS Indosat, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk memperbaiki performa perangkat, seperti membersihkan cache semua aplikasi yang terinstall, menghapus file dan aplikasi tidak penting, perbarui perangkat lunak, dan memuat ulang perangkat. Dengan melakukan ini, saya bisa jamin perangkat akan menunjukan performa terbaiknya sehingga masalah seperti ini bisa diminimalisir kedepannya.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup beserta cara mengatasinya. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada kartu indosat.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *