Kenapa Valorant Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Valorant Tidak Bisa Dibuka – Banyak sekali players Valorant yang sedang mengalami masalah karena tidak bisa membuka aplikasi game ini sehingga mencari solusinya di internet.

Tidak heran, karena saat ini Valorant menjadi game FPS yang sedang naik daun bahkan popularitasnya menyaingin game FPS lain seperti CS:GO dan Point Blank.

Sebenarnya membahas mengenai game Valorant yang tidak bisa dibuka, ada banyak sekali penyebabnya, baik yang berasal dari pihak kamu sendiri ataupun dari pihak developer.

Untuk itu, Calonpengangguran hadir demi bisa membantu kamu semua yang sedang mengalami masalah tidak bisa membuka game Valorant dengan mengetahui apa saja penyebabnya beserta cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Valorant Tidak Bisa Dibuka

kenapa valorant tidak bisa dibuka

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi, bahwa saat ini player Valorant sedang mengalami masalah tidak bisa mengakses atau login ke aplikasi game baik versi Mobile ataupun PC.

Salah satu penyebab yang paling sering membuat game Valorant tidak bisa diakses adalah RAM dan ROM atau memori internal. Hal ini terjadi setelah kamu selesai melakukan update versi aplikasi.

Tapi kalau ternyata kamu tidak melakukan apapun dan tiba-tiba saja Valorant tidak bisa dibuka, pasti ada penyebab lain yang harus dicari tahu. Oleh karena itu, dibawah ini akan Calonpengangguran jelaskan beberapa penyebab yang membuat game Valorant tidak bisa diakses, diantaranya:

Perangkat Yang Digunakan Tidak Support

Salah satu penyebab game Valorant tidak bisa dibuka pada perangkat yang kamu gunakan adalah kedua pihak tidak saling support. Kenapa bisa begitu? Karena bisa saja pihak Valorant sudah melakukan upgrade terkait perangkat yang support untuk memainkan game Valorant.

Secara umum, untuk bisa memainkan game ini perangkat yang kamu gunakan harus menggunakan  sistem operasi Windows 7/8/10 64-Bit.

Lalu, perangkat kamu juga memiliki RAM dengan minimal 4GB dan VRAM minimal 1GB.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang perlu kamu cek adalah pengguna CPU pada perangkat, karena game Valorant hanya support pada perangkat yang menyematkan  CPU Intel Core 2 Duo E8400 atau Athlon 200GE dan GPU Intel HD 4000 atau Radeon R5 200.

Aplikasi Game Valorant Belum Diperbarui

Lupa memperbarui aplikasi game Valorant juga bisa loh membuat kamu tidak bisa mengaksesnya, hal ini paling sering disepelekan oleh pengguna diluar sana, padahal menurut saya pribadi ini adalah hal yang paling penting.

Kenapa begitu? Karena tujuan utama developer melakukan pembaruan aplikasi game adalah untuk memperbaiki masalah yang ada di versi sebelumnya dan menambah beberapa fitur baru.

Sementara, kamu sebagai pengguna sering lupa memperbarui aplikasi game Valorant. Apabila sudah terjadi masalah seperti tidak bisa diakses baru bingung mencari solusinya, maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk selalu mengecek apakah game yang kamu main sudah diperbarui atau belum. Jika sudah, segeralah perbarui aplikasi game tersebut.

Game Valorant Sedang Maintenance

Hal lain yang bisa saja menyebabkan kamu tidak bisa membuka game Valorant adalah pihak pengembang atau developer sedang melakukan pembaruan atau upgrade server.

Meski hal ini tidak terjadi pada semua pengguna, artinya hanya pada beberapa pengguna saja. Cobalah untuk memastikan hal ini benar atau tidak dengan mengirim pesan ke pihak pengembang terkait masalah yang kamu hadapi.

Koneksi Internet Buruk

Hal terakhir yang bisa saja membuat kamu tidak bisa mengakses game Valorant adalah koneksi internet yang digunakan sedang bermasalah.

Untuk memastikan hal ini benar atau tidak, kamu bisa mengunjungi situs https://www.speedtest.net/id, apabila ping berada diangkat tinggi atau 200 Mbps berarti koneksi mu yang bermasalah.

Sebaliknya, kalau ternyata ping internet mu bagus berarti masalahnya ada di hal lain.

Beberapa Kode Error Valorant

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, tidak ada salah kamu juga mengetahui beberapa kode error yang sering muncul ketika mengakses game Valorant sebagai berikut.

Kode 0 – Koneksi error. Cara mengatasinya tutup dan jalankan kembali (restart) aplikasi Valorant.

Kode 1 – Koneksi error. Cara mengatasi sama dengan diatas, kamu tutup dan jalankan kembali (restart) aplikasi Valorant.  

Kode 4 – Username tidak valid karena terdapat masalah pada nickname di dalam game. Silahkan ganti nickname yang kamu gunakan pada game Valorant.

Kode 5 – Akun Valorant kamu sedang diakses oleh orang lain. Kenapa? Karena sesuai peraturan satu akun Valorant tidak bisa dibuka secara bersamaan di banyak perangkat, silakan log-out akun di perangkat yang diinginkan.

Kode 7 – Tidak dapat terhubung ke layanan. Hal ini dikarenakan akun Valorant kamu sedang dalam keadaan ditangguhkan (suspend). Untuk memastikan benar atau tidaknya, kamu bisa cek e-mail yang telah ditautkan ke akun untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Sementara penyebab akun di suspend ini terkait oleh platform.

Kode 8 hingga 21 – Gangguan pada Riot Client. Cara mudah mengatasinya adalah restart aplikasi Riot Client.

Kode 29 – Masalah pada jaringan internet. Ubah jaringan internet yang kamu gunakan.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Game Valorant Tidak Bisa Dibuka dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *