Apa Itu Verifikasi Meta di Instagram? Ini Dia Keuntungan dan Tarifnya!

Belum lama ini, ada banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Apa Itu Verifikasi Meta di Instagram. Apakah kamu juga sedang mempertanyakan hal tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Siapa si yang tidak mengenal sosial media yang bernama Instagram? Rata-rata orang di seluruh dunia mengetahui sosial media satu ini, dan pada menggunakannya. Karena aplikasi ini memiliki banyak fitur unggulannya.

Tak heran jika saat ini perusahaan Instagram dan Facebook yang bernama Meta menghadirkan berbagai macam terobosan. Hal ini berupaya agar para pengguna tetap nyaman dalam menggunakannya untuk berinteraksi.

Contohnya seperti aplikasi Twitter yang merilis sebuah fitur Twitter Blue, fitur ini merupakan sebuah layanan premium yang berfungsi untuk memperoleh akun terverifikasi atau centang biru, atau biasa kita sebut verified.

Tak hanya mendapatkan centang biru saja, pengguna juga bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas eksklusif dengan berlangganan fitur tersebut. Hanya saja, untuk orang yang ingin menggunakannya harus membayar uang langganan.

Dengan adanya hal tersebut, pastinya perusahaan Meta yang merupakan induk dari aplikasi Instagram, Facebook dan WhatsApp tak mau kalah, mereka pun meluncurkan fitur yang serupa. Merak menamai fitur tersebut dengan Verifikasi Meta.

Karena fitur ini terdengar sangat baru, ada banyak orang yang belum memahaminya dan mengetahuinya. Untuk kamu yang penasaran mengenai fitur tersebut, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas.

Apa Itu Verifikasi Meta?

apa itu verifikasi meta di instagram

Verifikasi Meta adalah sebuah fitur yang mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh Twitter Blue. Fitur ini merupakan sebuah fitur premium yang berbayar pastinya, dan memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh apabila berlangganan.

Verifikasi Meta sendiri berfungsi sebagai salah satu layanan yang menawarkan akun terverifikasi atau biasa kita sebut Centang Biru. Fitur ini sendiri sudah rilis pada bulan Februari 2023, dan pada waktu pertama rilis, fitur ini tidak dipungut biaya sedikitpun.

Dan setiap orang yang ingin akunnya terverifikasi, hanya perlu melakukan pengajuan ke pihak Instagram atau Facebook untuk mendapatkannya. Namun sayangnya, kini setiap orang yang ingin memiliki centang biru harus berlangganan terlebih dahulu. Pasalnya, Meta telah membuat serta mengembangkan menjadi fitur premium.

Hanya dengan berlangganan di Verifikasi Meta, kamu tidak hanya akan mendapatkan simbol Centang Biru saja. Namun kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki oleh Instagram yang biasanya.

CEO Meta yang bernama Mark Zuckerberg sendiri mengungkapkan bahwa timnya sedang berusaha semaksimal mungkin untuk terus mengembangkan fitur ini. Ia juga berjanji akan merilis Verifikasi Meta Secara Global.

Pasalnya, fitur ini hanya baru bisa digunakan di beberapa daerah saja, seperti Selandia Baru, Amerika Serikat dan Australia. Sebelum dirilis secara global, alangkah bagusnya jika kamu mengetahui keunggulan dan manfaat berlangganan Verifikasi Meta.

Manfaat Menggunakan Fitur Verifikasi Meta

Setelah mengetahui apa itu fitur Verifikasi Meta, kamu juga wajib atau harus mengetahui apa saja keuntungan yang mereka tawarkan. Hal ini juga akan menjadi salah satu perbedaan dengan sebelumnya yang tidak mengajukan Verifikasi Meta.

Berikut dibawah ini keuntungan yang berlangganan Verifikasi Meta:

  • Mendapatkan Centang Biru atau Verified
  • Mendapatkan Perlindungan dari akun fake
  • Mendapatkan banyak Stiker
  • Mendapatkan keuntungan Visibility untuk menjangkau audiens lebih luas
  • Mendapatkan akses layanan pelanggan manusia
  • Mendapatkan 100 bintang perbulannya untuk dibagikan ke akun kreator yang disukai (khusu untuk Facebook)

Syarat Mengajukan atau Daftar Verifikasi Meta

Adapun beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu untuk mengajukan atau mendaftar Verifikasi Meta. Pasalnya, mereka akan meninjau terlebih dahulu apakah kamu layak untuk menggunakan fitur ini atau tidak.

  • Minimal usia 18 Tahun keatas
  • Memiliki riwayat postingan atau akun baru tidak akan bisa mendaftar fitur ini
  • Memiliki tanda pengenal resmi
  • Akun Instagram perorangan bukan akun bisnis

Biaya Langganan Verifikasi Meta di Instagram dan Facebook

Pastinya untuk menggunakan fitur yang ada di Verifikasi Meta, kamu wajib berlangganan terlebih dahulu. Hal ini karena fitur Verifikasi Meta adalah fitur premium yang memiliki banyak keunggulan di dalamnya.

Adapun untuk berlangganan setiap akun yang mengajukan pendaftaran akan dikenakan biaya yang berbeda-beda. Biaya yang akan dibandrol tergantung dengan media yang mereka gunakan.

APabila kamu berlangganan Verifikasi Meta untuk akun Instagram dan Facebook versi web, maka biaya langganan akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biasanya, yaitu Rp 182.000 per bulannya. Akan tetapi untuk versi iOS akan dikenakan biaya sebesar Rp 227.000 per bulannya.

Cara Konfirmasi Akun Verifikasi Meta di Instagram dan Facebook

Setelah kamu membeli verifikasi Meta, kamu diwajibkan untuk mengirim profil terdaftar untuk mengkonfirmasi bahwa telah memenuhi persyaratan dari Instagram atau Facebook. Dan biasanya, proses ini hanya memakan waktu paling lama 48 Jam.

Jika proses verifikasi dimulai, maka pengguna tidak akan dapat mengubah nama, gambar profil dan tanggal lahir yang sudah didaftarkan. Apabila pengguna mengubah informasi mereka menjadi palsu atau menyesatkan dalam proses verifikasi, maka proses tersebut dapat dibatalkan lalu Instagram dan Facebook akan menindak lanjuti.

Apabila pengguna sudah mengirim dan menyelesaikan proses Verifikasi, Facebook atau Instagram akan mengirimkan notifikasi dalam waktu 48 Jam. Setiap pengguna yang mengajukan Verifikasi Meta akan diberi tautan untuk menuju pusat bantuan terkait platform mengenai keputusan Facebook dan Instagram.

Jika profil pendaftar tidak berhasil terverifikasi pada percobaan pertama, maka kamu bisa mencoba lagi. Dan jika tidak lulus, uang yang sudah kamu bayarkan tadi akan dikembalikan oleh pihak Meta. Pengguna pun bisa mengajukan ulang permohonan verifikasi pada akun sosial mereka mereka setelah pendanan berhasil dikembalikan.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Apa Itu Verifikasi Meta di Instagram. Semoga artikel yang saya bagikan ini, bisa membantu kamu untuk mengetahui fitur terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan Meta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *