Ternyata Mudah! Cara Menjernihkan Video di Capcut

Cara menjernihkan video di Capcut – Pada era teknologi saat ini, dalam menjernihkan suatu video bukanlah hal yang susah. Terdapat banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menjernihkan video, salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapatkan melalui Play Store atau App Store.

Berbicara terkait hal menjernihkan video dapat dilakukan dengan menggunakan handphone maupun komputer. Ada macam aplikasi yang biasanya dikhususkan untuk menjernihkan video dengan mudah, aplikasi yang paling populer belakangan ini adalah Capcut.

Pasti diantara pembaca semua sudah kenalkan dengan aplikasi editing satu ini, selain bisa menciptakan video layaknya seorang profesional, ternyata ada manfaat dan fitur lain yang bisa kamu gunakan pada aplikasi Capcut.

Buat teman-teman semua yang ingin tahu mengenai tutorial menjernihkan video di aplikasi Capcut karena merasa hasil edit video yang kamu buat kurang oke, oleh karena itu pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberi penjelasan terkait hal tersebut secara mendetail.

Sekilas Tentang Capcut Si Penjernih Video

Sebuah aplikasi yang dapat menjernihkan video dan belakangan ini banyak dibicarakan di media sosial, khususnya TikTok dikenal dengan Capcut.

Hal ini disebabkan adanya banyak pengguna yang membagikan bagaimana cara menjernihkan video dengan Capcut.

Aplikasi ini sangat mudah kamu gunakan dan bisa diinstall secara gratis melalui Google Play Store. Saat ini terdapat lebih dari 50 juta pengguna aplikasi Capcut yang ada di seluruh dunia.

Aplikasi capcut ini mempunyai banyak keunggulan, baik itu dari mengedit, trim video, menambahkan filter, menjernihkan video dan masih banyak lagi.

Namun, salah satu keunggulan dari capcut yaitu dapat membuat video lebih High Definition atau HD jika dibandingkan dengan aslinya.

Hal ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang mempunyai kamera beresolusi rendah. Dibawah ini akam dijelaskan bagaimana cara menjernihkan video menjadi HD.

HD atau singkatan dari High Definition termasuk salah satu format video yang mempunyai kualitas jernih dan sering digunakan oleh banyak orang. Apalagi pada saat ingin mengekspor video yang sudah dibuatnya.

Video yang menggunakan kualitas ini bisa diputar di monitor yang mempunyai resolusi sekitar 1.280 x 720 piksel. Selain itu, TV yang telah dirilis saat ini telah mendukung resolusi tersebut sehingga dapat menampilkan video dengan adanya kualitas HD.

Cara Menjernihkan Video di Capcut

Cara Menjernihkan Video di Capcut

Terdapat berbagai macam cara yang dapat kamu lakukan jika ingin menjernihkan video menjadi lebih bersih.  Dibawah ini sudah ada langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti.

  1. Langkah yang pertama, kamu bisa memastikan terlebih dahulu. Apakah sudah menginstall aplikasi Capcut pada handphone atau belum. Jika sudah, bisa langsung membuka aplikasinya.
  2. Kemudian, kamu bisa memilih menu pada proyek baru di setiap awal tampilan. Nantinya, kamu akan diajak untuk menjernihkan ataupun melakukan edit video baru.
  3. Berikutnya, kamu dapat memilih langsung video mana yang ingin diubah menjadi berkualitas HD.
  4. Jika kamu telah masuk pada bagian edit, maka bisa langsung dilihat dengan memilih pilihan tambahan background. Kemudian, kamu bisa  menambahkan background yang berwarna hitam di video.
  5. Selanjutnya, kamu bisa memperbesar background sesuai dengan keperluan dari video tersebut.
  6. Apabila kamu telah mengatur sebuah backgroundnya, maka kaku bisa langsung menggabungkan background tersebut melalui video yang nantinya diedit.
  7. Pada hasil edit video ini akan terlihat lebih jelas HDnya. Jika kamu masih merasa kurang jelas, maka dapat menuju langsung ke bagian adjust atau bisa disesuaikan.
  8. Kemudian, kamu dapat mengubah saturasi menjadi 10 dan kontras menjadi 3. Langkah selanjutnya, kamu bisa meningkatkan pertajam ke angka 45. Sehingga video kamu pun berubah menjadi lebih jernih secara HD.

Beberapa Fitur Unggulan Aplikasi Capcut

Menurut saya, selain memberi penjelasan terkait tutorial menjernihkan video di aplikasi Capcut, tidak ada salahnya teman-teman semua juga mengetahui fitur unggulan apa saja yang ada di aplikasi edit satu ini, agar kamu bisa lebih paham penggunaan Capcut dan menghasilkan video layaknya seorang profesional.

Adapun beberapa fitur unggulan yang ada di Capcut dan perlu teman-teman semua ketahui agar bisa menggunakan aplikasi secara maksimal, diantaranya:

1. New Project

Fitur pertama yang paling penting dari aplikasi Capcut adalah New Project, dengan adanya fitur ini kamu semua bisa membuat banyak project atau proses editing video yang hendak dibuat untuk berbagai macam keperluan.

Kemudian, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat ringkasan terkait alur video yang hendak dibuat tanpa harus takut karena pihak Capcut memberi kebebasan kepada penggunanya untuk membuat sebanyak mungkin project didalam platform mereka.

2. Edit

Fitur lain yang tidak kalah penting dari New Project dan masih saling terkait adalah edit. Adanya fitur ini memungkinkan kamu untuk mengedit berbagai macam project untuk keperluan masing-masing.

Pengguna fitur edit juga terbilang lengkap dan mudah, meski kamu menggunakan aplikasi Capcut di perangkat seluler. Didalam fitur ini ada banyak sekali menu yang bisa kamu pilih, seperti mengatur ukuran video, menambah efek, menambah bahan video dan lain sebagainya.

3. Audio

Video yang kamu buat membosankan? Coba deh untuk menambahkan audio didalam video yang kamu buat. Tidak tahu harus pakai aplikasi apa? Cobain deh aplikasi Capcut, meski termasuk aplikasi gratis tapi kamu bisa menghasilkan video layaknya seorang profesional loh.

Hal ini tidak terlepas dari adanya fitur Audio ini, karena kamu bisa menambahkan sound effects tanpa harus mendownload dari luar karena didalam aplikasi ini sudah menyediakan audio yang bisa kmau gunakan secara gratis.

4. Text

Fitur selanjutnya adalah text, pasti diantara sobat semua sudah tahukan fungsi dari fitur yang satu ini? Yah benar, kamu bisa menambahkan text untuk memberi keterangan terkait video yang kamu buat atau apapun itu.

Text yang bisa kamu gunakan juga ada banyak sekali jenisnya, karena pihak Capcut memberikan kesempatan kepada kamu untuk memilih text apa yang diinginkan beserta effects.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan template text dari creator Capcut, jadi kamu tidak perlu bingung memilih effects karena ada banyak sekali pilihan yang bisa disesuaikan berdasarkan tema video kamu masing-masing.

5. Effect

Siapa sih disini yang tidak tahu maksud effect? Pasti sudah tahu lah dak. Berbicara mengenai effect di aplikasi Capcut, ada banyak sekali effect yang bisa kamu pilih diantaranya Efek Video, Efek Tubuh dan Efek Foto.

6. Filter

Semakin berkembangnya aplikasi Capcut yang tentunya selalu berusaha memuaskan kamu sebagai pengguna, pihak Capcut sudah membuktikan hal tersebut dengan terus menambah filters yang bisa kamu gunakan.

Kamu sebagai pengguna, tentu ingin menggunakan filter yang berbeda, nah untuk memberi pilihan kepada kamu pihak Capcut menyediakan banyak sekali filter yang bisa digunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar.

7. Adjust

Berikutnya adalah fitur Adjust, dengan adanya fitur ini pengguna bisa melakukan pengaturan lanjut terkait video yang kamu edit. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya fitur ini berguna untuk mengatur kecerahan, kontras, saturasi warna, eksposur, sampai hightlight video secara manual.

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa teman-teman semua digunakan, seperti Shortcut dan Template. Pasti kamu tidak asing dengan kedua fitur ini bukan?

Bagi kamu yang tidak ingin ribet dalam proses editing, kehadiran 2 fitur ini sangat membantu karena kamu hanya perlu mengimport bahan mentah baik berupa foto atau video, lalu terkait animasi, audio, konsep dan lain sebagainya sudah diatur oleh si pembuat Shortcut dan Template.

Baca Juga:

Apakah Berhasil Menjernihkan Video dengan Menggunakan?

Sayangnya dalam penggunaan capcut sendiri belum ada yang dapat memastikannya. Namun, setelah banyaknya yang merekomendasikan caput ini memang dipercaya dapat membuat video lebih jelas.

Bahkan, masih ada beberapa orang yang telah mencoba capcut dan mengatakan bahwa untuk memperoleh tampilan hDD yang jernih tidaklah mudah. Namun, harus tetap melakukan berbagai macam step yang dijelaskan diatas.

Meskipun begitu, bagi kamu yang ingin sekali membuat ataupun mengedit anime bisa menggunakan aplikasi capcut sesuka hatimu.

Sebab, sudah banyak juga content creator yang mengatakan bahwa video anime yang mereka buat dari capcut menghasilkan gambar yang jernih. Apalagi jika mengikuti cara yang sudah dijelaskan tadi. 

Capcut tidak hanya dipercaya bisa menjernihkan video, namun juga dapat digunakan untuk menambahkan lagu pada video yang akan diedit. Adanya informasi ini diharapkan bisa menambah wawasan untuk para pemula pembuat video. Itu saja beberapa hal yang sudah disampaikan mengenai cara menjernihkan video dengan aplikasi Capcut.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *