Kenapa TikTok Tidak Ada Suaranya? Ini Dia Penyebabnya!

Belum lama ini, ada banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa TikTok Tidak Ada Suaranya. Apakah kamu juga sedang mencari hal tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Sebagai salah satu aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan saat ini, TikTok menjadi salah satu bahan untuk mengisi waktu luang kita untuk melihat video-video lucu maupun berita terkini. Keunikan pada aplikasi TikTok ini, dapat menampilkan berbagai macam konten unik dari para kreator.

Pada saat menonton video di TikTok, pastinya kamu menginginkan audio dan visual berjalan secara bersamaan. Akan tetapi, ada beberapa konten kreator yang memang memilih untuk membisukan suara di video TikTok mereka, sehingga pada saat di upload video tersebut tidak memiliki suara.

Biasanya, suara TikTok dibisukan berarti memiliki video tidak menginginkan para penonton mendengarkan suara dari video tersebut. AKan tetapi, ada beberapa kasus seperti suara tiktok tidak muncul atau tidak ada.

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas. Karena disini, saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kenapa TikTok Tidak Ada Suaranya

kenapa tiktok tidak ada suara

Setiap masalah pastinya memiliki sebab, dan setiap masalah memiliki cara untuk mengatasinya. Sedangkan untuk penyebab TikTok tidak ada suara, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya seperti yang sudah saya jelaskan dibawah ini:

1. Musik yang Ada di Video Terkena Hak Cipta

Yang pertama kenapa tiktok atau video di TikTok tidak ada suaranya biasanya disebabkan oleh musik yang mereka gunakan terkena hak cipta. Pelanggaran seperti hak cipta pada suara ini pada umumnya terjadi untuk beberapa kategori musik atau voice over (VO).

2. Masih Menggunakan TikTok Versi Lama

Perlu kamu ketahui, bahwa pemakaian aplikasi TikTok versi lama akan mempengaruhi beberapa fitur-fitur pada video, termasuk masalah di suara pada video TikTok. Terkait hal seperti ini, kamu diminta untuk melakukan update secara berkala melalui Google Play Store atau App Store.

3. Audio atau Suara di Video Sengaja Dihilangkan

Perlu kamu ketahui, ada juga beberapa video di TikTok yang tidak ada suaranya karena memang kreator tersebut menonaktifkan suara pada video tersebut. Biasanya konten seperti ini hanya berisikan sebuah teks dan adegan video saja.

4. Ponsel Bermasalah

Tak hanya masalah teknis pada aplikasi saja, bisa jadi tidak ada suara di TikTok juga dapat disebabkan oleh ponsel yang kamu gunakan. Error yang terjadi pada ponsel seperti ini umumnya terjadi di speaker rusak karena jatuh atau semacamnya.

5. Volume Handphone TikTok Terlalu Kecil

Bisa juga TikTok tidak ada suaranya disebabkan oleh volume ponsel yang kamu gunakan terlalu kecil. Kebanyakan orang tidak sadar, bahwa bukan video TikTok yang tidak memiliki suara, namun mereka yang lupa akan membesarkan volume ponsel pada saat menonton video di TikTok.

Cara Mengatasi TikTok Yang Tidak Ada Suaranya

Setelah mengetahui beberapa penyebab TikTok tidak ada suaranya, saat ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk mengatasinya. Sebenarnya, cara untuk mengatasi masalah seperti ini sangat lah mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa arahan yang sudah saya jelaskan dibawah ini:

1. Atur Volume Ponsel

Pertama, untuk mengatasi TikTok tidak ada suaranya pastikan bahwa kamu sudah mengatur volume di ponsel dengan benar. Saya sarankan, kamu mencoba full kan volume tersebut sampai mentok, dan lihat apakah ada suara atau tidak. Apabila tidak masih tidak ada, besar kemungkinan bahwa volume pada ponsel kamu bermasalah.

2. Menonaktifkan Mode Hening Pada Ponsel

Apabila volume ponsel kamu sudah full dan masih tidak terdengar suara, bisa saja Mode Hening atau Mode Jangan Ganggu sedang aktif di ponsel kamu. Dan untuk menonaktifkannya, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Usap layar dari atas ponsel untuk masuk ke pengaturan cepat
  • Klik icon Mode Hening atau Mode Jangan Ganggu
  • Berikutnya klik Menonaktifkan Mode Hening tersebut
  • NAntinkan beberapa waktu dan buka aplikasi TikTok
  • Selesai

3. Pastikan Video Tidak Terkena Hak Cipta

Berikutnya yaitu pastikan bahwa video yang sedang kamu tonton di TikTok tidak terkena Hak Cipta musik. Hal ini bisa kamu ketahui video tersebut terkena Hak Cipta atau tidak pada bagian musik yang ada di bawah video.

Kolom tersebut biasanya berisi judul atau penerbit musik, dan apabila terdapat tulisan x atau Terkena Hak Cipta Musik maka sudah dipastikan, bahwa video tersebut tidak akan ada suaranya.

4. Pastikan Microphone Berfungsi

Yang ke 4 adalah pastikan bahwa mikrofon pada ponsel kamu berfungsi dengan baik. Tak hanya disebabkan oleh aplikasi saja, namun ponsel yang sedang kamu gunakan juga bisa menjadi salah satu penyebab TikTok tidak ada suaranya.

Untuk mengetahui hal ini, silahkan buka fitur musik yang ada di ponsel kamu, lalu putar salah satu musik tersebut. Dan apabila tidak ada suaranya, maka sudah dapat dipastikan bahwa ponsel kamu yang sedang mengalami masalah.

5. Restart Ponsel

Jika pada saat memutar musik mengeluarkan suara dan di TikTok tidak, maka bisa jadi ponsel kamu yang bermasalah atau sedang mengalami bug atau error. Hal seperti ini dapat kamu atasi dengan cara merestart ponsel tersebut.

Dan jika kamu sudah melakukan semua cara yang saya berikan diatas, namun TikTok masih tidak dapat mengeluarkan suara, maka kamu bisa menghubungi CS TikTok untuk mempertanyakan masalah yang sedang terjadi saat ini.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa TikTok Tidak Ada Suaranya. Semoga artikel yang saya bagikan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *