Ukuran Feed Instagram 9 Kotak di Canva dan Photoshop

Demi bisa menarik perhatian banyak orang di sosial media, tentunya sebagai pemilik akun akan berusaha semaksimal mungkin agar tampilan visual dari akun Instagram kita keren, estetik dan juga menawan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian warganet, salah satunya dengan memperhatikan ukuran feed yang hendak diposting.

Meski terlihat sepele, dengan memposting ukuran feed yang sama ternyata mampu meningkatkan jumlah followers karena akun kita akan terlihat estetik dan keren. Berbicara mengenai ukuran feed di Instagram, masih banyak pengguna IG yang belum tahu cara membuatnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Cp akan menjelasakan tentang Ukuran Feed Instagram 9 Kotak beserta cara membuatnya di aplikasi Canva sebagai berikut.

Ukuran Feed Instagram 9 Kotak

Ukuran Feed Instagram 9 Kotak di Canva

Sebenarnya apa sih feed Instagram? Sederhananya feed adalah halaman utama akun Instagram Anda, jadi saat pertama kali pengguna lain mengunjungi akun Anda maka dia akan melihat feed atau halaman utama akun. Dengan memiliki feed atau halaman utama yang keren sangatlah penting, terutama untuk meningkatkan jumlah followers.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui ukuran feed IG 9 kotak, ini adalah salah satu cara terbaik dan unik untuk menampilkan sebuah cerita melalui visual atau gambar yang disusun secara terstruktur.

Ukuran ideal feed Instargram 9 kotak dalam bentuk persegi, Anda bisa menggunakan rasio 1:1, yakni antara 320 x 320 piksel sampai 1.080 x 1.080 piksel. Demi bisa menghasilkan kualitas gambar terbaik, sebaiknya naikan resolusi gambar karena semakin tinggi resolusi gambar, kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin baik.

Apabila kita melihat ukuran standar feed berdasarkan penjelasan diatas, bisa diketahui bahwa untuk membuat feed dengan tiga kotak bisa menggunakan ukuran 3.240 x 1.080 piksel. Kemudian, Anda bisa kalikan dimensi kedua untuk membuat tiga baris berikutnya. Kesimpulannya, untuk membuat feed 9 kotak Anda membutuhkan ukuran 3.240 x 3.240 piksel yang kemudian dibagi menjadi 9 bagian dengan ukuran yang sama, yakni setiap kotak berukuran 1.080 peksel.

Setiap kotak yang memiliki ukuran yang sama dan disusun terstruktur, ini lah yang menjadi daya tarik kenapa banyak pengguna Instagram ingin membuat feed yang dibagi atas beberapa kotak, karena bisa menampilkan sebuah visual yang menarik dan juga unik. Selain itu juga, Anda bisa membuat sebuah cerita dengan cara menghubungkan arti dan makna setiap kotak gambar tersebut.

Cara Membuat Feed Instagram 9 Kotak di Canva dan Photoshop

Setelah mengetahui berapa ukuran feed ig 9 kotak dan alasan membuat feed, hal selanjutnya yang tentu saja tidak kalah penting adalah cara membuatnya. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat feed ig melalui aplikasi Canva bisa ikuti step by step dibawah ini:

  • Langkah pertama install aplikas Canva, jika sudah silahkan buka Canva dan buat akun jika belum memilikinya.
  • Kemudian Anda pilih template “Instagram Feed Post” atau mulai kanvas baru dengan klik “New Design” untuk memulai desain.
  • Disini Anda bisa mengatur ukuran desain yang hendak dibuat sama dengan ukuran feed di Instagram atau bisa lihat penjelasan diatas.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung bagi kertas menjadi 9 kotak dengan menggunakan fitur grid atau panduan.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung mulai membuat desain setiap kotak, seperti memilih foto, tulisan dan elemen penting lain yang dibutuhan agar pesan bisa tersampaikan ke pembaca.  
  • Seperti yang sudah saya jelaskan, usahakan untuk membuat setiap kontak saling berhubungan secara visual sehingga pengguna lain bisa tertarik dengan halaman feed Ig Anda.
  • Atur semua hal yang diperlukan, Anda sesuaikan saja berdasarkan kebutuhan masing-masing. Kalau dirasa sudah sesuai, klik simpan dan unduh gambar-gambar tersebut.
  • Selesai.

Dengan mengikuti tutorial yang Cp berikan diatas, Anda pasti sudah bisa membuat feed Ig 9 kotak bukan? Sedikit saran dari saya, kalau Anda ingin mengubah tema pada halaman utama akun IG, usahakan untuk membuat feed yang selalu menarik dan juga kreatif agar followers Anda bisa menjadikan feed Anda sebagai referensi bagi mereka.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *