Apa Arti 4.20 atau 420 Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya

Apa arti 4.20 atau 420 dalam bahasa gaul? Belakangan ini ada banyak istilah-istilah yang muncul di internet. Istilah atau bahasa gaul  merupakan plesetan atau kata informal untuk menunjukkan sebuah aktivitas, benda dan lain sebagainya. Bahasa gaul atau istilah ini merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan khususnya di kalangan anak muda. 

Bahasa gaul mempunyai makna tersendiri, ada yang bermakna positif dan ada juga bahasa gaul yang digunakan untuk menyembunyikan kalimat negatif agar tidak diketahui oleh banyak orang. Orang-orang menggunakan bahasa gaul yang memiliki makna negatif biasanya hanya digunakan dalam lingkungannya saja, salah satunya yaitu 4.20 atau 420. Apa arti 4.20 atau 420 dalam bahasa gaul? Berikut penjelasannya. 

Arti 4.20 atau 420

Apakah Anda pernah mendengar 4.20 atau 420 yang diucapkan oleh sekelompok orang, atau apakah anda pernah melihat tulisan ini di jejaring sosial media? Jika pernah, maka anda perlu berhati-hati karena kalimat ini memiliki makna dalam ranah negatif. 

4.20 atau 420 dalam bahasa gaul merujuk pada tanggal 20 April dimana tanggal ini terdapat perayaan bernama “Smoke Weed everyday” atau hari nasional menghisap ganja. 420, 4.20 atau 4/20 merupakan kode budaya para cannabis yang mengacu pada aktivitas mengonsumsi  ganja, terutama rokok ganja sekitar jam 4.20 sore dalam konotasi 24 jam kemudian merokok dan merayakan ganja pada tanggal 20 April. 

Jadi  420 atau 4.20 merujuk pada dua waktu yang berbeda, pertama menunjukkan waktu jam 4.20 (16.20) dimana para stoners (penghisap ganja) mengkonsumsi benda tersebut dan yang kedua menunjukkan tanggal 20 April sebagai hari nasional menghisap ganja. 

Ganja merupakan salah satu jenis narkotika yang peredarannya dilarang di Indonesia, apabila seseorang ketahuan mengkonsumsi  atau mengedarkan jenis narkotika yang satu ini maka ia harus mendapatkan hukuman sesuai dengan undang-undang yang berlalu. 

Sebagai barang yang dilarang di Indonesia, maka perayaan ini juga tidak berlaku di negara kita karena Indonesia relatif berbeda dalam menyikapi hal ini. Jadi jangan sampai  coba-coba merayakan 420 di indonesia walaupun hanya sebatas bersenang-senang saja. Jika ketahuan pihak berwajib bisa saja Anda akan terkena masalah. 

Kembali ke embahasan 420 atau 4.20 tadi sebagai pengetahuan. Ternyata arti 4.20 atau 420 memiliki arti lain dan lebih sederhana dibandingkan dengan kabar yang beredar. Ada banyak orang mengira 420 merupakan kode polisi California untuk penggunaan ganja ilegal. Dimana CNN ternyata terbukti salah dengan mengungkap kode 420 di California dan menunjukkan terhalangnya pintu masuk pada lahan publik. 

Selain itu makna lain atau teori lain dari arti 420  yaitu berasal dari Bob Dylan, Rainy Day Woman# 12 dan 35, jika 12×35 maka hasilnya adalah 420. Teori diperkuat dengan lagu Bob Dylan yang berjudul “everybody must get stoned” namun sayangnya CNN menyanggah mitos tersebut. 

Sejarah dibalik tanggal 20 April ini berasal dari tahun 1971, dimana Mother Jones, Time, CNN dan Vice semua setuju 420 berasal dari sekelompok anak sekolah tinggi yang disebut dengan waldos. Kelima anak ini terasa bertemu  pada pukul 4.20 untuk menonton dan mencari tanaman ganja rahasia. Mereka selalu menggunakan kode 420 untuk mendiskusikan penggunaan narkoba mereka. 

Penutup

Itulah arti dari 4.20 atau 420, kata ini merujuk pada aktivitas mengonsumsi ganja yang merupakan salah satu jenis narkotika yang peredarannya dilarang di Indonesia.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *