Apakah Capcut Boros Kuota? Begini Penjelasan Lengkapnya!

Membahas pertanyaan tersebut yang sering sekali dikeluhkan oleh pengguna aplikasi Capcut karena sering kehabisan kuota. Padahal semua itu belum tentu disebabkan oleh Anda terlalu sering menggunakan aplikasi Capcut, bisa saja karena aktivitas penggunaan lainnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pertanyaan diatas, kita bahas sedikit ya tentang Capcut itu sendiri. Capcut adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit berbagai macam video baik untuk pemula ataupun professional.

Kemudian dari aspek cara menggunakannya juga sangat mudah, oleh karena itu meski Anda bukanlah pengedit handal atau masih amatir tetap akan mudah menggunakan aplikasi ini untuk ngedit video untuk berbagai macam keperluan.

Tidak hanya itu saja, saat ini mencari sebuah tutorial juga sangat mudah salah satunya adalah tutorial mengenai cara mengedit video di aplikasi Capcut. Hal inilah yang membuat banyak orang terbantu, meski mereka adalah pemula.

Bagaimana sudah cukup jelas bukan? Saya rasa itu sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan kepada Anda semua mengenai aplikasi Capcut. Kembali ke topic utama artikel ini yakni Apakah Capcut Boros Kuota? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Calonpengangguran akan menjelaskannya sebagai berikut.

Apakah Aplikasi Capcut Boros Kuota Internet?

Apakah Capcut Boros Kuota

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan seperti itu cukup sulit, karena pada dasarnya boros atau tidaknya pengguna kuota Anda pada sebuah aplikasi tergantung berapa lama Anda menggunakannya.

Meskipun, menurut saya penggunaan kuota pada aplikasi Capcut memang cukup memakan kuota internet, dalam artian lain boros. Namun bukan berarti penggunan kuota di aplikasi Capcut boros ya, karena saya memang banyak menggunakan aplikasi ini untuk mengedit banyak video setiap harinya.

Kalau menurut saya boros, bukan berarti pada pengguna lain juga boros ya semua itu tergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan aplikasi ini tipa harinya. Meski demikian, saya merasa hal ini sebanding dengan apa yang bisa pengguna rasakan, seperti fitur lengkap, mudah digunakan dan kompotibel di smartphone.

Oleh karena itu untuk mengurangi jumlah kuota saat menggunakan aplikasi Capcut ada banyak cara yang bisa dilakukan, pertama coba menggunakan aplikasi Capcut pada mode offline dan menggunakan jaringan wifi. Dua cara ini cukup efektif dilakukan dan saya sendiri pernah melakukan hal tersebut.

Penggunaan Kuota di Aplikasi Capcut

Sebelum Anda semua menyimpulkan aplikasi Capcut memang boros kuota atau tidak, Anda semua perlu mengetahui apa saja aktivitas yang biasanya memakan kuota internet saat mengakses aplikasi Capcut, diantaranya:

Download Efek dan Filter

Aktivitas pertama yang paling sering memakan kuota internet saat mengedit video di aplikasi Capcut adalah mendownload efek dan filter tertentu. seperti nama saja kita sudah tahu, yakni mendownload atau mengunduh efek atau filter untuk digunakan pada video yang sedang diedit. Aktivitas ini hanya berlaku pada efek dan filter yang belum pernah didownload, kalau Anda sudah pernah mendownload untuk editing selanjutnya tidak perlu lagi mendownload efek atau filter tersebut.

Download Musik

Sama seperti efek dan filter, ketika Anda hendak menambahkan sebuah musik ke video yang sedang diedit di aplikasi Capcut, perlu didownload lebih dulu sehingga memerlukan kuota internet. Tapi, kalau Anda sebelumnya sudah pernah mendownload lagu tersebut tidak perlu lagi mendownload, ini hanya berlaku bagi Anda yang ingin menambahkan lagu tertentu untuk pertama kali.

Download Efek Teks

Demi bisa menghasilkan video yang menarik, tentunya sebagai seorang editor kita perlu menambahkan efek tulisan yang tidak biasa dengan tujuannya agar si penonton merasa tertarik dengan video yang kita buat. Untuk bisa menggunakan efek teks tertentu kita perlu mendownloadnya lebih dulu.

Menyimpan Video Ke Galeri

Setelah menyelesaikan editing video, tentu kita ingin menyimpannya ke galeri lalu mempostingnya bukan? Ternyata aktivitas ini cukup memakan kuota internet loh! Seberapa banyak kuota yang digunakan mas? Semua tergatung pada beberapa faktor diantaranya durasi video, kualitas video, efek video dan lain sebagainya. Aktivitas ini tidak jauh berbeda ketika Anda hendak mendownload sebuah video dari platform lain, kuota yang dibutukan juga beda-beda tergantung pada beberapa aspek pada video tersebut.

Perbarui Aplikasi Capcut

Hal terakhir yang sering kali memakan kuota internet kita adalah memperbarui aplikasi Capcut di Play Store atau App Store. Memang perlu ya mas? Jawabannya sangat perlu, dengan memperbarui aplikasi Capcut Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti mendapat filter baru, efek baru, musik baru, menghilangkan bug dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Cara Agar Capcut Hemat atau Tidak Boros Kuota

Seperti penjelasan saya diatas ada dua utama yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghemat penggunaan kuota pada aplikasi Capcut. Untuk lebih jelasnya Calonpengangguran akan beri ulasannya sebagai berikut:

Pakai Mode Offline

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghemat kuota adalah dengan mengaktifkan mode offline. Hal ini cukup work it dilakukan untuk Anda yang ingin menghemat kuota pada saat mengakses aplikasi Capcut.

Menggunakan Wifi

Cara lain agar kuota Anda hemat adalah dengan menggunakan jaringan wifi. Menurut saya cara ini juga cukup efektif dilakukan, tapi kalau saya tidak punya wifi gmana mas? Lah, bukannya sekarang wifi sudah ada dimana-mana ya dan pembelian paket wifi juga bisa dilakukan dimana pun, salah satunya Alfamart. Atau kalau seandainya tetangga Anda memiliki wifi, bisa minta Password wifi tersebut dengan baik-baik.

Hindari Untuk Langsung Share Ke Sosial Media

Cara terakhir adalah dengan tidak langsung share hasil editan Anda ke sosial media, karena kebiasaan seperti memang lebih banyak memang kuota. Oleh karena itu, coba untuk simpan dulu di gallery Anda sebelum mempostingnya.

Gunakan Efek, Filter dan Musik Yang Sudah Didownload

Selain beberapa hal diatas, untuk menghemat kuota internet Anda bisa menggunakan efek, filter dan musik yang sudah pernah didownload sebelumnya, dengan begitu Anda tidak perlu mendownload efek, filter dan musik lebih dulu sehingga kuota internet yang digunakan lebih sedikit.

Menyimpan Video Berkualitas Menengah

Untuk menghemat penggunaan kuota internet, Anda bisa bisa mengatur kualitas video rendah hingga menengah, semakin tinggi rasio video akan semakin banyak kuota yang digunakan. Kalau dirasa video yang Anda edit tidak masuk pasar tertentu, artinya hanya digunakan untuk diposting ke sosial media saya rasa rasio menengah sudah lebih dari cukup.

Cek Penggunaan Kuota

Diatas sudah saya katakan, kuota Anda cepat habis bisa saja dikarenakan hal lain, maka dari itu untuk memastikan pendapatan saya ini Anda bisa cek pengguna kuota paling banyak habis untuk aplikasi apa.

Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan fitur Data Usage dengan masuk kedalam menu pengaturan yang ada di smartphone masing-masing, lalu mengecek seberapa banyak kuota yang digunakan pada aplikasi Capcut.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan untuk Anda semua terkait Apakah Capcut Boros Kuota. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *