Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di Update? Youtube merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang penggunaannya paling banyak saat ini. hampir semua smartphone memiliki aplikasi Youtube. Dan hampir semua orang juga sudah pernah menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Youtube banyak digemari karena aplikasinya dapat digunakan dengan mudah, namun sayangnya Youtube tidak terhindar dari masalah. Para pengguna Youtube sering kali mendapatkan masalah seperti  aplikasi yang tidak dibuka. Mungkin bagi sebagian orang letak masalahnya adalah menggunakan aplikasi yang lama, namun beberapa orang telah mencoba mengupdate tapi youtube belum juga bisa digunakan. Berikut ini akan membahas kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di Update.

Penyebab Youtube Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update

Perlu diketahui kalau penyebab utama mengapa youtube tidak bisa dibuka bukan hanya terjadi pada masalah update, namun ada beberapa masalah lain yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Berikut ini beberapa alasan kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di Update.

Server Down

Alasan mengapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di update adalah server sedang down. Youtube tidak ada bedanya dengan platform lain yang memiliki server atau sistem. Pada saat server sedang mengalami masalah, hal ini berdampak pada aplikasi youtube para pengguna.

Masalah pada server aplikasi Youtube sering kali membuat kita tidak bisa memutar video ataupun tidak bisa mengakses aplikasi ini. Server bermasalah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti teknisi sedang melakukan pemeliharaan, sedang upgrade dan sedang meningkatkan kapasitas. Jika benar server dari aplikasi Youtube bermasalah, wajar saja kalau Anda tidak bisa membuka Youtube.

Setting Tanggal dan Waktu Salah

Ketika waktu dan tanggal pada smartphone memiliki setelan yang salah, hal ini menyebabkan masalah dalam menjalankan aplikasi termasuk youtube. Ini terjadi dikarenakan banyak aplikasi mengandalkan informasi dan tanggal untuk berinteraksi dengan server mereka dan menentukan apakah ada masalah keamanan.

Perangkat Yang Tidak Mendukung

Penyebab utama Kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di update adalah perangkat yang digunakan tidak mendukung aplikasi youtube.  Beberapa aplikasi memang hanya bisa digunakan di jenis smartphone tertentu sesuai dengan spesifikasi mereka. jika spesifikasi hp tersebut tidak sesuai atau rendah, maka pengguna tidak akan dapat menggunakan aplikasi Youtube.  

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda masih menggunakan smartphone tipe rendah ada baiknya menggunakan aplikasi youtube yang lebih ringan. Ketika menggunakan aplikasi youtube yang lebih ringan Anda bisa menikmati seluruh fitur yang ada pada youtube versi biasa

Cache Youtube Menumpuk

Penyebab lain yang membuat Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di update adalah Chace dan data aplikasi yang menumpuk. Ketika Anda menggunakan youtube secara teratur dalam jangka waktu yang lama, aplikasi imi akan mengumpulkan Cache atau sampah aplikasi. Cache yang menumpuk dapat menyebabkan masalah seperti tidak dapat membuka aplikasi meskipun aplikasi tersebut sudah di update. 

Youtube merupakan salah satu aplikasi yang memakan data cukup besar, hal ini menyebabkan cache yang berukuran besar juga. Jadi rajinlah untuk mengecek Cache pada aplikasi youtube Anda 

Masalah Akun Google 

Penyebab lain kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di update yaitu mungkin berkaitan dengan akun google yang Anda gunakan pada saat ini. sebelum menggunakan youtube, biasanya harus disambungkan ke akun google terlebih dahulu, Jika akun google bermasalah, hal ini juga berdampak pada youtube tersebut. 

Masalah Jaringan

Youtube merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan jika tersambung dengan jaringan internet. Apabila jaringan internet tidak tersambung, maka akan terjadi kendala seperti Youtube yang tidak bisa dibuka. Meskipun anda telah mengupdate aplikasi youtube namun saat menggunakan jaringan internet Anda bermasalah, maka hal ini sama saja. 

Baca Juga:

Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan aplikasi Youtube tidak bisa dibuka meski sudah diupdate atau diperbarui. Berdasarkan beberapa penyebab diatas, tentu kita akan lebih mudah mengatasi masalah ini karena sudah tahu poin poin penting. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi yt tidak bisa dibuka, diantaranya:

  • Memastikan jaringan internet stabil dan memiliki kuota internet, seperti yang kita tahu semua Youtube adalah aplikasi streaming video sehingga ketika hendak membuka atau mengakses ini memerlukan koneksi internet stabil dan juga memiliki kuota internet. Cara paling mudah untuk memastikan jaringan internet Anda bagus atau tidak adalah kunjungi situs “Speedtest”.
  • Hapus Cahce, setelah Anda mengetahui bahwa jaringan internet bagus dan memiliki kuota tapi tetap tidak bisa membuka aplikasi Youtube, silahkan hapus cache atau sampah pengguna. Untuk menghapus cache Anda bisa masuk ke menu pengaturan smartphone masing-masing, lalu klik kelola aplikasi dan cari aplikasi Youtube. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall di Play Store.
  • Atur Tanggal dan Jam di Perangkat, perlu Anda semua ketahui tidak semua ponsel bisa mengatur otomatis tanggal dan jam, apalagi pada ponsel keluaran lama. Memang perlu ya mas? Jawabannya iya, kalau ternyata tanggal dan jam pada ponsel tidak sesuai maka perangkat akan dianggap kadarluarsa oleh Youtube sehingga Anda tidak akan bisa membuka aplikasi ini. Tanggal dan jam yang tidak sesuai tidak hanya membuat perangkat tidak bisa membuka yt, melainkan aplikasi lain seperti Tiktok, Instagram, Chrome dan lain sebagainya.
  • Pasti Akun Google Terhubung ke Perangkat, pada perangkat Android akun Google menjadi bagian terpenting ketika hendak mengakses aplikasi yang terinstall di perangkat. Kenapa begitu? Karena akun Google adalah identitas pengguna yang sangat penting, kalau antara akun Google dan perangkat seluler tidak tersinkronisasi dengan baik maka Anda tidak akan bisa mengakses semua aplikasi terinstall.
  • Pastikan perangkat support, aplikasi Youtube terus mengalami perkembangan sehingga untuk bisa mengakses aplikasi membutuhkan perangkat yang didukung oleh yt. Sayangnya, tidak semua perangkat support untuk mengakses aplikasi ini terutama perangkat yang menggunakan OS Android versi lama.
  • Install Ulang Youtube, apabila Anda sudah melakukan beberapa cara diatas namun hasilnya yt tetap tidak bisa dibuka. Coba Anda uninstall dan install lagi aplikasi yt, hal ini dilakukan agar semua bug yang ada di yt bisa hilang.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah menginstall ulang yt Anda jangan langsung buka aplikasi yt, muat ulang dulu perangkat. Hal ini juga sama pentingnya untuk menghilangkan bug, sehingga menginstall ulang dan memuat ulang adalah kombinasi terbaik menghilangkan bug pada perangkat.
  • Hapus file yang tidak penting, ruang penyimpanan ponsel penuh sering kali membuat masalah ketika hendak mengakses aplikasi tertentu, salah satunya pada yt. Oleh karena itu, apabila ruang penyimpanan ponsel Anda penuh coba untuk menghapus beberapa aplikasi dan file yang tidak penting dengan tujuan memberi space pada perangkat.
  • Hubungin CS Youtube, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi pihak teknisi yt. Ini dilakukan apabila semua cara diatas tidak berhasil, dengan menghubungi CS yt Anda akan mendapatkan bantuan dan informasi terkait penyebab dan cara mengatasi masalah ini. Bagi Anda yang ingin menghubung CS Youtube bisa klik link ini https://www.youtube.com/t/contact_us?hl=id

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkait Kenapa Youtube tidak bisa dibuka padahal sudah di Update beserta cara mengatasinya. Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *