Kenapa Limit Pinjaman Akulaku Turun? Ini 11 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Limit Pinjaman Akulaku Turun – Kita semua pasti setujukan kalau mendapatkan limit pinjaman dalam jumlah besar merupakan hal paling menyenangkan. Dengan mendapatkan limit pinjaman yang besar, artinya kita bisa memanfaat pinjaman tersebut untuk memenuhi kebutuhan kita pada waktu tertentu.

Perlu teman-teman semua ketahui pinjaman dana di Akulaku bisa kita gunakan untuk membeli belanjaan langsung di Akulaku atau di merchant eCommerce lain yang sudah bekerjasama dan juga dapat digunakan untuk hal lain seperti mencairkan limit KTA Akulaku yang akan digunakan untuk keperluan kebutuhan finansial sehari-hari.

Tapi sayangnya, untuk bisa menaikan limit pinjaman di Akulaku tidaklah mudah, karena pihak Akulaku sendiri memiliki sistem untuk mengawasi atau memantau aktivitas finansial semua penggunanya yang akan dijadikan sebagai tolak ukur kenaikan limit. Sulitnya menaikan limit pinjaman Akulaku ini membuat banyak pengguna mengeluhkan turunnya limit pinjaman mereka.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan limit pinjaman Akulaku turun dan bagaimana cara mengatasinya? Teman-teman semua tenang saja, karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberikan penjelasan secara detail mengenai masalah diatas sebagai berikut.

Kenapa Limit Akulaku Turun?

Kenapa Limit Pinjaman Akulaku Turun

Bisa dibilang proses peminjaman pada Akulaku lebih mudah dibandingkan platform Pinjol lainnya, hanya saja pihak Akulaku akan memulai dari limit pinjaman kecil untuk Akun baru. Hanya saja, belakangan ini banyak pengguna Akulaku mengeluh karena limit pinjaman mereka tiba-tiba turun tanpa tahu sebabnya.

Terutama bagi mereka yang menjadikan pinjaman Akulaku sebagai penolong kebutuhan finansial mereka. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan limit pinjaman di Akulaku bisa turun? Dibawah ini ada beberapa alasan menurut penulis yang bisa mengakibatkan limit pijaman Akulaku Anda turun, diantaranya:

1. Belum Membayar Tagihan di Akulaku

Kita semua pasti tahu, di aplikasi Akulaku menyediakan dua jenis pinjaman, yakni Paylater dan Pinjaman Tunai. Keduanya memiliki perbedaan dari segi pencarian dan kegunaan, paylater adalah alat pembayaran untuk membeli barang atau produk di Akulaku atau platform e commerce lain dengan cara dicicil, sementara pinjaman tunai adalah fitur peminjaman uang tunai yang bisa digunakan dan cairkan ke rekening Bank untuk berbagai macam keperluan.

Jika salah satu dari tagihan tersebut belum dibayar, baik Paylater atau Pinjaman tunai, bisa mengakibatkan limit pinjaman di Akulaku turun. Ini sudah menjadi syarat dan ketentuan sistem dari Akulaku kepada nasabahnya.

2. Sering Telat Membayar Tagihan

Kalau ada tagihan belum dibayar, lalu jumlah limit yang bisa dipinjam turun itu sangat wajarkan? Sama halnya dengan penyebab ini, apabila Anda sebagai peminjam sering telat membayar tagihan atau sudah jatuh tempo, maka secara otomatis sistem akan mendeteksi bahwa akun ini bermasalah sehingga limit akan diturunkan, lebih parahnya Anda tidak akan memiliki limit kredit lagi.

3. Pengguna Jarang Aktif

Ini berkaitan dengan perilaku pengguna atau pemilik akun, sistem akan mendeteksi semua aktivitas Anda di aplikasi Akulaku, seperti seberapa sering Anda menggunakan Akulaku untuk membeli barang atau produk.

Selain memberi barang nyata, aktivitas membeli pulsa, paket data, token listrik dan lain sebagai juga akan dihitung oleh pihak Akulaku. Jadi semakin jarang Anda menggunakan aplikasi ini, risiko mengalami penurunan limit semakin tinggi.

4. Akun Login di Banyak Perangkat

Selain dua hal diatas, aktivitas login dibanyak perangkat juga bisa loh membuat limit kredit Akulaku turun. Hal ini bisa dijadikan sebagai catatan bahwa Anda memiliki banyak perangkat yang tentu saja melanggar aturan dari pihak Akulaku.

5. Banyak Yang Mengajukan Pinjaman di Akulaku

Akulaku adalah platform pinjaman online yang memerlukan pihak ketiga atau biasa disebut investor atau pemberi pinjaman. Bisa dibilang Akulaku hanyalah media dan penanggungjawab antara pemberi pinjaman dan si peminjam.

Oleh karena itu, semakin banyaknya pengguna yang mengajukan pinjaman dibandingkan pemberi pinjaman, tentu saja pihak Akulaku akan mengalami kesulitan untuk memverifikasi data peminjam. Hal tersebut bisa saja membuat limit pinjaman Akulaku turun, dikarenakan terbatasnya jumlah uang yang bisa dipinjamkan kepada nasabah.

6. Koneksi Internet Bermasalah

Penyebab berikut koneksi internet yang Anda gunakan bermasalah atau tidak stabil. Perlu kita semua ketahui, untuk mengajukan pinjaman ke Akulaku, pengguna haruskan memiliki jaringan internet stabil. Jadi, bisa saja karena jaringan internet yang Anda gunakan tidak stabil atau bermasalah membuat loading limit pinjaman lama sehingga nominal yang ditampilkan tidak sesuai.

7. Nomor Tidak Aktif

Pihak Akulaku mewajibkan kepada calon nasabahnya untuk memasukan nomor telepon aktif. Hal ini dikarenakan nomor telepon yang Anda masukan akan pihak Akulaku gunakan untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan kepada nasabah untuk memberi tahu tanggal jatuh tempo pembayaran ataupun sebagai peringatan bagi nasabah yang telat membayar tagihan.

Jika pihak Akulaku mendeteksi nomor telepon yang Anda masuk tidak aktif, maka pihak Akulaku berhak menurunkan atau menghilangkan limit pinjaman Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan nomor pendukung juga aktif.

8. Tidak Melengkapi Data Diri

Selain karena beberapa penyebab diatas, hal ini juga sering membuat limit kredit Akulaku turun, yakni nasabah atau calon peminjam tidak melengkapi data diri secara benar. Kita semua tahu, untuk bisa mendapat limit kredit pihak Akulaku perlu melakukan pengecekan terhadap data diri yang Anda kirim, diantaranya Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK, Alamat Tempat Tinggal, Pekerjaan, Nomor Telepon, Alamat Emai dan lain sebagainya.

9. Aplikasi Akulaku Versi Lama

Jika masalah limit kredit tiba-tiba turun, kemungkinan disebabkan oleh versi aplikasi Akulaku yang Anda gunakan tidak terbaru. Masalah seperti ini memang sering dialami oleh pengguna aplikasi Akulaku versi lama karena beberapa fitur yang ada tidak bisa bekerja maksimal, salah satunya fitur limit kredit.  

10. Melanggar Syarat dan ketentuan Akulaku

Platform yang bekerja sebagai E Commerce sekaligus menyediankan pinjaman tunai, membuat Akulaku harus secara tegas memberikan syarat dan ketentuan kepada penggunaanya, baik dalam kepemilikan akun, data peminjam, Hukum, jangka waktu pembayaran dan lain sebagainya.

Ternyata, pengguna Akulaku tanpa sadar ataupun sadar sering melanggar syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak Akulaku. Maka dari itu, agar tidak melakukan pelanggaran lagi Anda bisa cek apa saja syarat dan ketentuan Penggunaan Layanan Akulaku melalui link ini https://www.akulaku.com/artikel/300321-asi-credit-tnc/

11. Sistem Akulaku Bermasalah

Sebagai platform pinjol yang dapat dioperasikan melalui website dan aplikasi, membuat Akulaku memiliki sebuah sistem yang selalu bekerja terus menerus selama 24 jam. Oleh karena itu, tidak heran kalau server dari Akulaku mengalami masalah atau down.

Masalah pada server Akulaku bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti sedang melakukan pemeliharaan, upgrade kapasitas, dan menghapus virus yang menyerang server. Ini semua dilakukan oleh Akulaku agar nasabah atau pengguna selalu merasa aman dan nyaman saat mengakses platform mereka.

Baca Juga:

Cara Mengembalikan Limit Akulaku yang Berkurang

Kalau teman-teman semua sudah mengetahui apa saja yang menyebabkan limit pinjam di Akulaku bisa turun, tentu akan lebih mudah mengatasinya bukan? Seperti yang sudah penulis katakan diatas tadi bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

Tapi perlu diingat kembali dan saran dari saya, untuk menggunakan limit pinjaman di Akulaku sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing, artinya jangan berlebihan dan juga sebagai pengguna untuk mematuhi semua syarat & ketentuan Akulaku.

Dengan begitu, akan kecil kemungkinan limit pinjaman Anda turun atau berkurang. Baiklah kita lanjut ke pembahasan cara mengembalikan atau mengatasi limit pinjiman Akulaku Turun sebagai berikut:

1. Usahakan Bayar Cicilan Akulaku Tepat Waktu

Sudah penulis singgung bukan untuk menggunakan limit pinjaman di Akulaku sesuai dengan kebutuhan kita saja, jangan berlebihan. Dengan begitu Anda akan merasa lebih ringan untuk membayar pinjaman tersebut.

Karena salah satu penyebab limit pinjaman turun adalah sering telat melakukan pembayaran cicilan. Jadi, saran saya untuk tepat waktu membayar cicilan pinjaman di Akulaku, tujuannya tidak lain untuk kesehatan akun Anda sendiri.

2. Usahakan Sesering Mungkin Transaksi Pakai Akulaku

Tidak hanya melakukan pembayaran cicilan tepat waktu, ternyata dengan sering menggunakan Akulaku untuk berbagai macam transaksi juga bisa membantu limit Akulaku Anda aman atau tidak mengalami penurunan. Sebab, dari apa yang sudah penulis ketahui bahwa akun Akulaku yang tidak digunakan beberapa waktu atau dalam kurun waktu 1 tahun bisa mengakibatkan limit akun turun bahkan ditutup.

Maka dari itu, sebagai pengguna yang kemungkinan akan memerlukan limit pinjaman di Akulaku. Pastikan untuk menggunakan akun Anda untuk bertransaksi, meski hanya 1 bulan sekali.

3. Lakukan Update Aplikasi Akulaku ke Versi Terbaru

Selanjutnya adalah melakukan update ke aplikasi versi terbaru, dengan begitu bisa meminimalisir kehilangan atau pengurarangan limit pinjaman di akun Akulaku Anda .

4. Pastikan Login Hanya di Satu Perangkat / Device

Tidak jauh berbeda dengan platform aplikasi Fintech atau Financial Technology lainnya. Pihak Akulaku juga menentukan syarat dan ketentuan terkait penggunaan perangkat / jumlah device terhubung ke akun.

Tujuannya tidak lain untuk menjaga keamanan data setiap pemilik akun, jadi perlu Anda semua ketahui bahwa kebijakan Akulaku hanya memberikan kesempatan para pengguna untuk dan hanya memakai satu perangkat per satu akun.

Aktivitas login dibanyak akun ternyata tidak hanya membuat sistem membaca adanya aktivitas mencurigakan, tapi bisa mengakibatkan limit Akulaku turun atau berkurang. Oleh karena itu, penulis sarankan untuk menggunakan satu perangkat saja, kalaupun ingin login di perangkat lain pastikan Anda sudah logout diperangkat tersebut.

5. Ganti Password Secara Berkala

Demi menjaga keamanan akun Anda, coba lakukan pergantiaan akun secara berskala. Tidak hanya itu saja, ternyata dengan melakukan akitivitas ini, bisa menjaga limit pinjaman Anda dari penurun loh.

6. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Disini Anda harus memastikan jaringan internet yang digunakan tidak bermasalah, untuk mengeceknya kunjungi situs “Speedtest” secara otomatis Anda akan mendapatkan ping internet yang sedang digunakan.

7. Pastikan Tidak Memiliki Tagihan Lain

Seperti yang saya sampaikan diatas, limit kredit Akulaku bisa turun karena Anda memiliki tagihan lain, baik di aplikasi Akulaku ataupun platform lain. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda sebagai peminjam harus melunasi semua tagihan lain agar limit kredit Akulaku bisa naik kembali.

8. Pastikan Data Diri Sudah Benar

Selanjutnya, Anda harus memastikan semua data diri yang dimasukan kedalam aplikasi Akulaku sudah benar dan sesuai dengan KTP. Selain itu, Anda juga harus memastikan nomor telepon dan alamat email selalu aktif.

9. Tidak Melanggar Syarat dan ketentuan Penggunan Akulaku

Berkaitan dengan perilaku Anda sebagai pengguna, saran saya baca dulu saja apa saja syarat dan ketentuan dari aplikasi Akulaku agar kedepannya tidak melakukan kesalahan. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa kunjungi link ini https://www.akulaku.com/artikel/300321-asi-credit-tnc/

10. Hubungi Call Center Akulaku

Apabila semua cara yang penulis berikan diatas sudah Anda lakukan, tetapi tidak ada perubahan pada limit pinjaman Anda, penulis sarankan untuk menghubungi pihak Akulaku langsung. Caranya sangat mudah, karena pihak Akulaku sendiri sudah mencantumkan beberapa metode untuk menghubungi pihak mereka diantaranya:  

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran sampaikan untuk Anda semua mengenai Kenapa Limit Pinjaman Akulaku Turun dan Cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *