Kenapa Pengajuan Cicilan Akulaku Gagal? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kenapa Pengajuan Cicilan Akulaku Gagal – Sebagai salah satu perusahaan fintech ternama di Indonesia, nama Akulaku tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, dimana hampir sebagian besar masyarakat sudah menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembelian barang baik itu di shopee, Bukalapak blibli, dan aplikasi e-commerce lainnya dengan metode pembayaran cicilan.

Bahkan, di aplikasi tersebut penggunanya dapat melakukan pembelian HP dengan metode cicilan secara langsung baik dengan menggunakan DP maupun tidak, tergantung dengan promo yang sedang berlangsung. 

Nah, para pengguna Akulaku terkadang mengalami masalah yaitu pengajuan cicilan yang gagal untuk dilakukan. Sehingga banyak orang yang menanyakan terkait penyebab kenapa pengajuan cicilan akulaku gagal diproses. Selain itu, apa yang harus dilakukan pengguna agar cicilannya tidak gagal di aplikasi akulaku tersebut.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai penyebab kenapa pengajuan cicilan akulaku gagal dan Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut ? Dengan mengetahui penyebab gagalnya pengajuan cicilan Akulaku, tentu akan sangat mudah bagi kamu untuk menemukan cara untuk mengatasi hal tersebut. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja cek ulasan lengkap  yang akan kami sajikan berikut ini mengenai pengajuan cicilan akulaku yang gagal.

Penyebab Kenapa Pengajuan Cicilan Akulaku Gagal yang Wajib Kamu Tahu!

kenapa pengajuan cicilan akulaku gagal

Ketika kamu mengalami sebuah kendala saat menggunakan aplikasi, penting bagi kamu untuk mencari dan menentukan faktor penyebabnya terlebih dahulu agar lebih mudah Dalam menemukan solusi yang tepat. Berikut ini adalah faktor penyebab yang mendasari Kenapa pengajuan cicilan akulaku gagal untuk dilakukan.

1. Pengguna Belum Melengkapi Data Akun

Penyebab utama yang menyebabkan gagalnya cicilan akulaku yaitu dikarenakan pengguna belum melengkapi data yang diperlukan sesuai dengan ketentuan dari pihak Akulaku, Aqila perlakuan misalnya otorisasi akun yang belum diisi, belum melengkapi alamat email serta profil perusahaan. Dengan melengkapi data akun tersebut, tentu akan membuat kamu Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk pengajuan kamu dapat diterima, walaupun limit yang diberikan masih sedikit.

2. Masih Ada Tagihan Menunggak di Akulaku

Penyebab selanjutnya yaitu kamu masih memiliki tunggakan yang belum dibayar di aplikasi akulaku, entah itu akucicil atau dana cicil, sehingga pengajuan pinjaman Kamu tidak akan bisa diproses alias gagal. Hal tersebut sudah menjadi syarat dan ketentuan yang berlaku bagi seluruh pengguna akulaku yang ingin melakukan pengajuan cicilan kembali.

3. Skor kredit Tidak Memenuhi Syarat

Selain beberapa penyebab diatas, ada satu hal lagi yang menjadi penentu pengajuan pinjaman Anda akan diterima atau ditolak oleh Akulaku, yakni skor kredit. Bagi yang belum tahu, skor kredit adalah sebuah sistem yang ditugas untuk memberi penilai terhadap kemampuan dan kelayakan akun mun mendapat limit pinjaman.  

Meski secara umum, penilaian pada skor kredit tidak diperlihatkan secara transparan, namun perlu Anda semua ketahui mengecekan skor kredit ditinjukan pada angka berkisar antara 300 sampai 850. Kalau skor kredit akun mu mendapatkan poin 720 keatas, maka pihak pemberi pinjaman akan menerima pengajuan kredit Anda. Sementara, jika nila kredit mu diangka 640 atau kebawahnya pihak peminjam sulit memberi pinjaman kepada Anda.

Untuk lebih mudahnya, Anda semua bisa mengetahui beberapa tingkatkan pada skor kredit, diantaranya:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya si peminjam selalu membayar tagihan atau cicilan tepat waktu hingga lunas.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya si peminjam telah menunggak tagihan kredit selama 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya si peminjam telat membayar tagihan selama 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan selama 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan lebih dari 180 hari.

4. Tempat Tinggal Berada Diluar Jangkauan Akulaku

Kemudian terkait dengan tempat tinggal dan tempat lahir yang Anda masukan saat mengajukan pinjaman. Apabila Anda tinggal di daerah luar jangkauan Akulaku, seperti daerah terpencil seperti Rimbo Bujang, maka kemungkinan kecil akan mendapatan limit pinjaman. Meski ada beberapa pengguna Rimbo Bujang yang mendapatkan limit pinjaman Akulaku, namun tidak dengan nominal yang besar, berkisar antara 300 ribu – 1 juta saja.

5. Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman di Platform Lain

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, pihak Akulaku akan melakukan pengecekan pada semua data yang Anda kirim dan melakukan penilaian skor kredit. Jika kita belum pernah meminjam di platform lain dari mana skor kredit akan dinilai?

Tentu saja dari NIK lain yang terdaftar di KK Anda. Meskipun Anda tidak pernah mengajukan pinjaman, tapi orang tua atau kakak sudah pernah pinjol dan ternyata skor kredit mereka rendah, hal tersebut tentu saja akan berdampak pada Anda juga.

Baca Juga:

Informasi Cara Mengatasi Gagalnya Pengajuan Cicilan di Akulaku yang Wajib Kamu Tahu

Saat kamu sudah mengetahui faktor penyebab gagalnya pengajuan cicilan di akulaku, kini kamu harus tahu cara mengatasi gagalnya pengajuan cicilan tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan kamu tidak memiliki tagihan yang belum dibayarkan

Jika kamu ingin mengajukan cicilan di akulaku, maka kamu harus memastikan bahwa kamu tidak memiliki tagihan berjalan seperti dana cicil maupun aku cicil, karena setiap pengguna akulaku tidak bisa mengajukan cicilan kembali apabila masih memiliki tagihan di salah satu layanan. Jika kamu ingin tetap melakukan pengajuan cicilan, maka kamu harus melunasi terlebih dahulu tagihan yang belum dibayarkan tersebut melalui fitur pelunasan.

2. Melengkapi informasi akun

Langkah yang harus kamu lakukan yaitu cukup dengan melengkapi profil akun akulaku mulai dari otorisasi seperti BPJS dan NPWP, kemudian kamu juga harus melengkapi profil perusahaan. Apabila email belum ditautkan ke akun akulaku, silahkan tawarkan terlebih dahulu dan verifikasi email nya. Kalau udah tadi kamu sudah lengkap, maka akan bisa mengajukan kembali cicilan yang kamu inginkan.

3. Menaikkan skor kredit dengan memperbanyak transaksi

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menaikkan skor kredit di akun akulaku kamu, karena dengan menaikkan skor kredit maka kamu memiliki potensi yang besar untuk bisa berhasil mengajukan cicilan di akulaku. Untuk menaikkan skor kredit akulaku, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti membayar tagihan tepat waktu, memperbanyak transaksi di akulaku serta masih banyak lagi langkah-langkah lainnya yang bisa dilakukan.

4. Berada di Lokasi Jangkauan Akulaku

Pihak Akulaku memiliki kantor yang berada di Jakarta pusat, untuk bisa meningkatkan peluang diterimanya pengajuan pinjaman Anda adalah tempat tinggal yang Anda masukan harus berada di kota-kota besar.

5. Pastikan Pernah Pinjol Sebelumnya

Disini Anda harus memastikan sudah pernah meminjam uang secara online di platform lain, tujuannya agar Akulaku punya penilaian pada akunmu dan tidak terkesan 0 karena tidak pernah pinjol dimana-mana.

Akhir kata, itulah informasi yang sudah kami bagikan mengenai penyebab kenapa pengajuan cicilan akulaku gagal serta cara mengatasinya, semoga informasi kali ini bermanfaat dan jangan lupa nanti kan selalu update informasi lainnya dari situs kami ya !

Baca Juga:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *