Kenapa Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi, Ini Solusinya!

Kenapa Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi – Akulaku merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna untuk melakukan kredit serta pinjaman online. Namun banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk membeli kebutuhan produk dengan sistem beli sekarang bayar nanti atau paylater. Bagi kamu yang sudah sering menggunakan aplikasi ini pasti sudah sangat paham tentang Akulaku serta sistem aplikasinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang bagaimana kelebihan atau kekurangan dari aplikasi akulaku namun lebih kepada permasalahan yang masih banyak dialami oleh pengguna yaitu kenapa pinjaman akulaku tidak lolos verifikasi. Hal ini cukup menjadi problem bagi setiap pengguna karena jika akulaku tidak meloloskan verifikasi pinjaman maka kamu tidak akan bisa melakukan transaksi apapun.

Sebelumnya kamu harus bisa membedakan antara registrasi dan verifikasi, mudahnya yaitu registrasi merupakan sebuah proses yang harus dilakukan oleh semua pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi akulaku. Sedangkan verifikasi yaitu proses mencantumkan data-data penting sebagai pertimbangan untuk melakukan transaksi atau aktivitas lainnya di aplikasi. Lalu apa penyebab dan solusi pinjaman akulaku tidak lolos verifikasi? 

Penyebab dan Solusi Kenapa Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi

Kenapa Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi

Biasanya dalam aplikasi berbasis keuangan, perbankan, pinjaman, dan sebagainya itu akan menggunakan sistem verifikasi yang wajib dilakukan oleh pengguna untuk berbagai alasan. Alasan ini sebagian besar karena keamanan serta pengecekan data pengguna untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. 

Bisa dibilang proses verifikasi pada akulaku sebagai kelanjutan proses menganalisa kredit untuk mempertimbangkan apakah pengguna layak untuk mendapatkan fasilitas keuangan dan pinjaman. Hal tersebut memiliki beberapa indikator yang biasanya akan ditentukan oleh pihak terkait, meskipun begitu sebagian besar perusahaan mempertimbangkan data keuangan seperti gaji, riwayat perbankan, pekerjaan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, biasanya keputusan akan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat jika proses verifikasi ditolak atau tidak diterima. Biasanya dalam kasus aplikasi akulaku, proses verifikasi akan membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Waktu tersebut merupakan estimasi paling lama karena banyak juga pengguna yang bisa mendapatkan keputusan 15 sampai 30 menit kemudian.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu kenapa pinjaman akulaku tidak lolos verifikasi padahal kamu sudah mengisi data secara lengkap dan jujur dan melampirkan foto serta selfie yang sesuai. Berikut pembahasan lengkapnya yang bisa kamu simak penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut:

1. Persyaratan Data Verifikasi Tidak Lengkap

Penyebab utama yang kemungkinan besar terjadi yaitu syarat tidak lengkap sehingga sistem akulaku melakukan penolakan verifikasi. Syarat data merupakan hal yang cukup penting dalam proses pengajuan verifikasi sehingga kamu harus melengkapi data-data yang dibutuhkan agar lolos verifikasi yang biasanya meliputi foto KTP, slip gaji asli atau rekening 3 bulan terakhir, dan NPWP. 

Solusinya yaitu jangan menyerah untuk melakukan pengajuan verifikasi ulang sesuai waktu yang sudah ditentukan karena biasanya sistem akan memberikan jeda waktu untuk mengulang proses verifikasi. Masukkan data-data secara jujur dan sesuai intruksi sehingga pengajuan kredit atau cicilan kamu dapat diterima.

2. Tidak Memenuhi Kriteria atau Standar Akulaku

Penyebab selanjutnya tidak jauh berbeda dan masih memiliki keterkaitan dari pembahasan sebelumnya yaitu jika kamu sudah merasa melengkapi segala data yang dibutuhkan saat mengajukan verifikasi namun tetap saja ditolak. Hal tersebut disebabkan karena akulaku memiliki standar dan kriteria tertentu untuk menerima pengguna yang layak untuk diberikan limit cicilan atau kredit.

Indikator tersebut hanya diketahui oleh pihak akulaku sendiri dan biasanya sudah tersistem secara otomatis sehingga ketika pengguna tidak memenuhi kriteria dan standar yang cocok maka akan otomatis ditolak. Solusinya yaitu berjuanglah untuk bekerja dan mendapatkan gaji diatas rata-rata sehingga saat kau memasukkan data gaji dan pekerjaan bisa meyakinkan pihak akulaku untuk menerima pengajuan kamu.

3. Masih Memiliki Tunggakan atau Kredit Berjalan

Penyebab selanjutnya yaitu ada kemungkinan kamu masih memiliki tunggakan pada aplikasi pinjaman online yang lain sehingga terdeteksi oleh sistem bahwa kamu merupakan pengguna yang beresiko. Selain itu, kemungkinan juga kamu masih memiliki cicilan atau kredit berjalan pada aplikasi akulaku yang harus dilunasi terlebih dahulu sehingga kau bisa menggunakan limit seperti biasanya.

Meskipun penyebab yang satu ini jarang terjadi, namun ingatlah kembali apakah kamu masih memiliki pinjaman lain pada aplikasi berbeda. Sehingga data kamu terbaca oleh sistem akulaku yang terintegrasi dan menyebabkan kamu tidak lolos saat verifikasi. Solusinya yaitu lunasi terlebih dahulu cicilan atau kredit berjalan serta lakukan pembayaran pada aplikasi pinjaman online lain jika kamu memiliki tunggakan.

4. Skor Kredit Akulaku Rendah

Selain beberapa penyebab diatas, ada satu hal lagi yang menjadi penentu pengajuan pinjaman Anda akan diterima atau ditolak oleh Akulaku, yakni skor kredit. Bagi yang belum tahu, skor kredit adalah sebuah sistem yang ditugas untuk memberi penilai terhadap kemampuan dan kelayakan akun mun mendapat limit pinjaman.  

Meski secara umum, penilaian pada skor kredit tidak diperlihatkan secara transparan, namun perlu Anda semua ketahui mengecekan skor kredit ditinjukan pada angka berkisar antara 300 sampai 850. Kalau skor kredit akun mu mendapatkan poin 720 keatas, maka pihak pemberi pinjaman akan menerima pengajuan kredit Anda. Sementara, jika nila kredit mu diangka 640 atau kebawahnya pihak peminjam sulit memberi pinjaman kepada Anda.

Untuk lebih mudahnya, Anda semua bisa mengetahui beberapa tingkat pada skor kredit, diantaranya:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya si peminjam selalu membayar tagihan atau cicilan tepat waktu hingga lunas.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya si peminjam telah menunggak tagihan kredit selama 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya si peminjam telat membayar tagihan selama 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan selama 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan lebih dari 180 hari.

Tempat Tinggal Berada Diluar Jangkauan Akulaku

Kemudian terkait dengan tempat tinggal dan tempat lahir yang Anda masukan saat mengajukan pinjaman. Apabila Anda tinggal di daerah luar jangkauan Akulaku, seperti daerah terpencil seperti Rimbo Bujang, maka kemungkinan kecil akan mendapatan limit pinjaman. Meski ada beberapa pengguna Rimbo Bujang yang mendapatkan limit pinjaman Akulaku, namun tidak dengan nominal yang besar, berkisar antara 300 ribu – 1 juta saja.

Tidak Pernah Pinjol di Platform Lain

Loh seharusnya baik dong mas, kan gak pernah pinjol di platform lain? Kalau Anda berpikir demikian, berarti kita sama. Saya dulu juga berpikir kalau tidak pernah mengajukan pinjaman online dimanapun, nama akan bersih dan mudah mengajukan pinjol sewaktu-waktu, ternyata hal itu salah.

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, pihak Akulaku akan melakukan pengecekan pada semua data yang Anda kirim dan melakukan penilaian skor kredit. Jika kita belum pernah meminjam di platform lain dari mana skor kredit akan dinilai? Tentu saja dari NIK lain yang terdaftar di KK Anda. Meskipun Anda tidak pernah mengajukan pinjaman, tapi orang tua atau kakak sudah pernah pinjol dan ternyata skor kredit mereka rendah, hal tersebut tentu saja akan berdampak pada Anda juga.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Pengajuan Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi

Untuk mengatasi sebuah masalah, pasti ada penyebabnya beda-beda bukan? Anggap saja masalah A, pasti hanya bisa diselesaikan dengan solusi A juga, begitu seterusnya. Kalau berkaitan dengan pengajuan pinjaman di Akulaku, diterima atau tidaknya semua tergantung skor kredit data mu dan pihak Akulaku.

Oleh karena itu, demi bisa meningkat presentasi diterimanya pinjaman Anda di Akulaku, Cp akan memberikan beberapa cara yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  • Isi Data Pribadi Dengan Lengkap, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah mengisi semua data yang dibutuhkan untuk mendapatkan limit kredit di Akulaku, seperti KTP, NPWP, Slip Gaji, Mutasi Rekening, BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya.
  • Pastikan Skor Kredit Tinggi, diatas sudah saya jelaskan ada penilaian pada akunmu dalam bentuk angka yang dibagi berdasarkan skor tertentu. Untuk meningkat peluang lolos verifikasi oleh Akulaku Anda harus mendapatkan skor kredit tinggi, bagaimana caranya? Harus membayar tagihan tepat waktu.
  • Tidak Memiliki Tagihan di Pinjol Lain, selain harus membayar tagihan tepat waktu, seringnya gagal verifikasi pada Akulaku dikarenakan calon nasabah memiliki tagihan lain. Meski ini tidak 100 persen benar, karena ada pengguna yang memiliki tagihan lain tetap bisa mengajukan pinjaman di Akulaku. Tapi, demi bisa meningkatkan peluang lolos verifikasi tidak ada salahnya Anda memastikan tidak memiliki tagihan lain.
  • Berada di Lokasi Jangkauan Akulaku, pihak Akulaku memiliki kantor yang berada di Jakarta pusat, untuk bisa meningkatkan peluang diterimanya pengajuan pinjaman Anda adalah tempat tinggal yang Anda masukan harus berada di kota-kota besar.
  • Pastikan Pernah Pinjol Sebelumnya, disini Anda harus memastikan sudah pernah meminjam uang secara online di platform lain, tujuannya agar Akulaku punya penilaian pada akunmu dan tidak terkesan 0 karena tidak pernah pinjol dimana-mana.

Akhir kata, itulah pembahasan detail mengenai kenapa pinjaman akulaku tidak lolos verifikasi lengkap dengan solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan jangan lupa bagikan jika ini bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *