Kenapa Kuota Im3 Indosat Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Kuota Im3 tidak bisa digunakan? Kartu seluler IM3 meruapakan salah satu paket data seluler yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan paket yang satu ini dibandrol dengan harga murah dibandingkan dengan harga pesaing.

Namun sayangnya, provider yang satu ini juga tidak bisa terhindar dari berbagai masalah. pengguna seringkali menghadapi masalah ketika mencoba menggunakan kuota IM3, mereka menemui kendala dalam mengakses internet karena kuota tersebut tidak dapat digunakan. Lalu, apa yang menjadi penyebab Kuota Im3 tidak bisa digunakan beserta cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Kuota Im3 Tidak Bisa Digunakan

Kenapa Kuota Im3 Tidak Bisa Digunakan

Kartu SIM Belum Diregistrasi

Hal pertama yang bisa membuat jaringan Im3 Indosat tidak bisa digunakan untuk internetan adalah kartu SIM Im3 belum diregistrasi atau didaftarkan. Kalau dulu, ketika membeli kartu SIM baru kita tidak perlu melakukan pendaftaran untuk bisa menggunakan kartu tersebut, kalau sekarang pengguna diharuskan melakukan pendaftaran lebih dulu.

Pendaftaran pada kartu SIM memerlukan data diri valid dari pemerintah, yakni memerlukan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan Nomor KK atau Nomor Kartu Keluarga. Ini sudah menjadi syarat dan ketentuan mutlak dari pemerintah Indonesia agar warganet tidak sesuka hati mengganti kartu SIM mereka.

Setiap NIK dan KK hanya bisa digunakan untuk mendaftar SIM Card sebanyak 3 kali, artinya setiap NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar tiga nomor yang berbeda. Ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Indonesia, kenapa? Karena saat ini kasus penipuan paling tinggi terjadi melalui panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal.

SIM Card Bermasalah

Kartu SIM hanya bisa digunakan apabila terbaca oleh sistem perangkat seluler, jadi bisa saja jaringan Im3 tidak bisa digunakan karena SIM Card tidak terbaca oleh sistem perangkat. Apabila hal ini terjadi, biasanya icon jaringan pada perangkat akan menampilkan tanda silang.

Penyebab SIM Card tidak terbaca oleh perangkat bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terjatuh, terendam air, dan terbentur keras. Selain itu, SIM Card bisa terbaca oleh perangkat karena umur dari kartu tersebut sudah tua ataupun sistem deteksi pada perangkat bermasalah.

Kuota Habis

Penyebab lain kuota IM3 tidak bisa digunakan adalah karena kuota data telah habis. Pengguna seringkali lupa memeriksa sisa kuota mereka atau menganggap masih ada sisa kuota padahal sudah habis.

Saat kuota habis, seorang pengguna sama sekali tidak bisa mengakses internet yang menggunakan layanan yang tersambung dengan internet. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus selalu memeriksa sisa kuota mereka melalui MyIM3 atau aplikasi serupa.

Hanya Tersisa Kuota Lokal

Kemungkinan lain yang menyebabkan kuota internet Indosat tidak bisa digunakan adalah karena yang tersisa hanya kuota lokal. Perlu diketahui, kuota lokal adalah kuota internet yang berlaku pada daerah atau provinsi tertentu. Contoh, Anda beli kuota Indosat di daerah Sumatera Barat, lalu Anda pergi keluar ke Provinsi Jambi atau ke Rimbo Bujang, maka kuota lokal dari daerah Sumbar tidak akan bisa digunakan di daerah Rimbo Bujan, Provinsi Jambi.

Pembagian jenis kuota sendiri sangat beragam, tergantung kegunaannya masing-masing, seperti kuota utama, kuota lokal, kuota videomax, kuota edukasi dan masih banyak lagi. Sekian banyak jenis kuota ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, semua itu tergantung pada syarat pengguna dari provider masing-masing.

Masalah Jaringan

Penyebab selanjutnya kuota Im3 tidak bisa digunakan adalah karena masalah jaringannya. Kualitas jaringan juga dapat memengaruhi penggunaan kuota IM3. Jika pengguna berada di daerah dengan sinyal yang lemah atau gangguan jaringan, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk menggunakan kuota tersebut.

Masalah jaringan Im3 sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti teknisi sedang melakukan pemeliharaan, tower jaringan rusak, mati lampu didaerah tersebut dan masih banyak lagi. Kalau terjadi masalah pada tower provider tentu saja Anda tidak akan bisa menggunakan kuota internet Im3 untuk mengakses internet.

Kesalahan Pada Pengaturan APN

Penyebab selanjutnya yaitu terdapat pada masalah APN, mungkin masalah ini sangat jarang terdengar oleh para pengguna kuota internet. APN (Access Point Name) adalah nama jalur akses yang menetapkan jalur jaringan untuk semua konektivitas data seluler. Jika ada yang salah pada APNhal ini dapat menghambat penggunaan kuota IM3.

Sistem Down

Sistem down juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kuota Im3 tidak bisa digunakan. Masalah teknis pada jaringan IM3 seperti gangguan server atau sistem down ini dapat membuat kuota tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Walaupun hal ini sangat jarang terjadi, namun hal ini bukan sesuatu yang tidak memungkinkan. Salah satu penyebab sistem down bisa saja karena sedang perawatan atau terdapat bug dalam sistem tersebut. Jika masalah seperti ini terjadi, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sistem kembali pulih.

Masalah Pada Aplikasi

Alasan selanjutnya kenapa kuota Im3 tidak bisa digunakan adalah karena terdapat masalah pada aplikasi yang digunakan. Beberapa aplikasi yang digunakan pada perangkat juga dapat menyebabkan masalah dalam penggunaan kuota.

Beberapa aplikasimungkin memerlukan izin khusus atau menghabiskan kuota tanpa sepengetahuan pengguna. Pastikan untuk memeriksa aplikasi yang terpasang dan pastikan mereka tidak menguras kuota secara tidak wajar.

Pembatasan Kuota

Terakhir kenapa Kuota Im3 tidak bisa diguanakan karena bisa saja Anda menggunakan kuota yang dibatasi hanya untuk beberapa aplikasi tertentu. Misalnya saja seperti kuota belajar. Saat Anda menggunakan kuota belajar untuk mengakses internet, maka Adan tidak bisa menggunakan kuota tersebut karena kuota ini hanya dikhususkan untuk aplikasi yang mendukung pembelajaran saja.

Cara Mengatasi Kuota Im3 Indosat Tidak Bisa Digunakan

Setelah mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan kuota internet Indosat tidak bisa digunakan, tentu sekarang Anda sudah tahukan hal apa yang harus dilakukan selanjutnya? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca ulasan dibawah ini:

  • Pastikan Kartu Im3 Indosat Sudah diregistrasi, hal pertama yang harus lakukan adalah memastikan kartu Indosat sudah berhasil melakukan registrasi. Cara mudahnya, Anda bisa mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format pesan INFO#NIK atau INFO#MSISDN atau gunakan aplikasi myIM3.
  • Cek SIM Im3 Terbaca, selanjutnya Anda harus memastikan SIM Card terbaca oleh sistem perangkat seluler. Anda bisa mengecek icon jaringan dibagian atas perangkat, kalau icon silang berarti kartu tidak terbaca, sebaliknya kalau icon ada jaringannya berarti terbaca. Untuk memastikan Anda bisa aktifkan dan matikan mode pesawat sebanyak 3 kali.
  • Muat Ulang Perangkat, kalau Anda sudah mengaktifkan mode pesawat dan tetap tidak berhasil, coba muat ulang perangkat agar jaringan Im3 bisa kembali normal.
  • Cek Kuota Internet, hal lain yang bisa Anda lakukan mengecek kuota internet Im3 Indosat, Anda bisa cek sisa kuota menggunakan Kode UMB *123# atau melalui aplikasi myIM3.
  • Pilih SIM Card Yang Sesuai, kalau di perangkat Android pengguna bisa memasang dua SIM, yakni SIM 1 atau SIM 2 yang salah satunya digunakan sebagai jaringan seluler atau panggilan seluer. Anda bisa memilih salah satu SIM Card tersebut sebagai jaringan seluler dan pastikan juga SIM itu tempat kartu Im3 berada.
  • Nonaktifkan Pembatasan Kuota, seperti yang sudah saya bahas fitur ini digunakan untuk memberi batasan penggunaan kuota internet Anda. Apabila Anda mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis perangkat tidak akan bisa menjelahi internet apabila penggunaan kuota sudah mencapai batasnya. Oleh karena itu, matikan fitur ini, caranya Anda bisa masuk menu pengaturan, pilih jaringan seluler, klik peringatan dan batasan data, nonaktifkan fitur ini agar perangkat bisa internetan lagi.
  • Terakhir Hubung CS, jika semua cara diatas sudah Anda lakukan dan hasil tetap tidak bisa menggunakan kuota internet Im3 Indosat. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan ada menghubungi CS mereka. Anda bisa menghubungi pihak mereka melalui Twitter @IndosatCare, Official WhatsApp (0855-1000-185), Email Support cs@indosatooredoo.com, Hubungi 185 atau 021 3000 3000

Penutup

Itulah beberapa penyebab kenapa kuota Im3 tidak bisa digunakan. Dalam penjelasan tersebut telah dijelasakan beberapa penyebab kuota internet Im3 tidak bisa digunakan beserta cara mengatasinya. Sebelum menggunakan kuota internet, ada baiknya memeriksa layanan, ketersediaan kuota dan akses jaringan yang Anda miliki agar Anda dapat mengakses internet tanpa kendala.

Baca Juga:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *