Kenapa Wi-fi Tidak Bisa Diaktifkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Wi-fi merupakan  salah satu teknologi yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Tanpa adanya Wi-fi, ada beberapa hal yang membuat aktivitas menjadi terganggu. Wi-fi juga seringkali dianggap memiliki kecepatan internet yang jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan data seluler. 

Namun sayangnya, kita seringkali menemukan beberapa masalah pada saat mencoba mengaktifkan Wi-fi, salah satunya yaitu Wi-fi yang tidak bisa diaktifkan. Apa yang terjadi ketika Anda tiba-tiba tidak dapat mengaktifkan Wi-fi di perangkat Anda? Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini, berikut penjelasan kenapa Wi-fi tidak bisa diaktifkan beserta cara mengatasinya.

Penyebab Wi-fi Tidak Bisa Diaktifkan

Kenapa Wi-fi Tidak Bisa diaktifkan

Pada saat mencoba mengaktifkan Wi-fi ke dalam perangkat, usaha kita tidak selalu berjalan dengan mulus. Kadang kita seringkali menghadapi beberapa masalah seperti Wi-fi yang tidak bisa diaktifkan ke dalam perangkat tersebut. Jika diperhatikan sekilas, perangkat atau Wi-fi ini sama sekali sekali tidak bermasalah, berikut ini adalah beberapa penyebab Wi-fi tidak bisa diaktifkan. 

Kesalahan kata sandi

Penyebab pertama Wi-fi tidak tidak diaktifkan adalah karena kesalahan kata sandi. Seperti yang kita ketahui, pada umumnya saat ingin mengakses Wi-fi kita harus menyambungkannya dengan kata sandi terlebih dahulu. Apabila kata sandi salah, maka secara otomatis Wi-fi tidak bisa diaktifkan ke dalam perangkat.

Permasalahan Perangkat Keras (Hardware)

Jika penyebab Wi-fi tidak bisa diaktifkan bukan berasal dari kesalahan input kata sandi, bisa saja hal ini disebabkan oleh masalah pada Hardware atau perangkat keras. Permasalahan perangkat keras ini bisa termasuk masalah dengan router Wi-fi Anda, perangkat penerima Wi-fi, atau bahkan masalah dengan kartu Wi-fi di komputer Anda. Salah satu alasan utama perangkat keras Wi-fi bisa bermasalah adalah koneksi yang longgar atau kerusakan pada fisiknya.

Selain itu, tombol power pada modem wifi sudah tidak berfungsi atau rusak juga bisa menyebakan wifi tidak mau aktif. Seperti yang kita tahu, untuk bisa menghidupkan modem wifi kita harus menekan tombol power yang berada dibagian atas modem, kalau ternyata tombol power tersebut rusak wajar saja wifi tidak bisa diaktifkan.

Kemudian, kabel untuk mengalirkan listrik pada modem terputus atau longgar, kabel berwarna hitam yang berfungsi untuk mengalirkan listrik agar modem mau menyala memang sering mengalami kendala, seperti terputus atau longgar. Ini bisa saja membuat router wifi tidak mau menyala atau diaktifkan.

Masalah Perangkat Lunak (Software)

Selain masalah perangkat keras, permasalahan perangkat lunak juga bisa menjadi penyebab utama Wi-fi yang tidak dapat diaktifkan. Ini bisa terjadi jika ada konflik perangkat lunak, pembaruan yang tidak lengkap, atau bahkan virus yang mempengaruhi fungsi Wi-fi. Dalam banyak kasus, memperbarui perangkat lunak atau menginstal ulang driver Wi-fi dapat membantu mengatasi masalah ini.

Masalah Jaringan

Wi-fi Anda juga mungkin tidak bisa diaktifkan jika ada masalah dengan jaringan itu sendiri. Ini bisa termasuk masalah dengan sumber daya jaringan yang terbatas, gangguan sinyal, atau masalah dengan penyedia layanan internet Anda. Memeriksa sumber daya jaringan dan menghubungi penyedia layanan internet Anda adalah langkah-langkah yang penting untuk mengatasi masalah jaringan.

Pengaturan Wi-fi yang Salah

Kadang-kadang, Wi-fi tidak dapat diaktifkan karena pengaturan yang salah. Ini bisa termasuk masalah seperti kunci enkripsi Wi-fi yang salah, alamat IP yang konflik, atau masalah dengan nama jaringan (SSID) yang tidak terlihat. Memeriksa pengaturan jaringan Anda dan memastikan semuanya diatur dengan benar dapat membantu mengatasi masalah ini.

Masalah Pada Perangkat Seluler

Jika Anda mengalami masalah Wi-fi pada perangkat tertentu, baik itu ponsel, tablet, latop dan pc mungkin sumber masalahnya berasal dari perangkat itu sendiri. Ini bisa termasuk kerusakan perangkat lunak atau masalah dengan komponen Wi-fi di perangkat tersebut.  

Berkaitan dengan hal itu, perlu Anda semua ketahui ada banyak faktor yang menyebabkan perangkat tidak bisa mengaktifkan fitur wifi atau tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi, diantaranya tidak rutin update aplikasi yang terinstall, tidak rutin update perangkat lunak, tidak rutin membersihkan cache, ruang penyimpanan penuh dan lain sebagainya.

Kenapa beberapa poin yang saya sampaikan diatas sangat penting? Baik akan saya jelaskan satu satu ya. Pertama tidak rutin update aplikasi yang terinstall, perlu Anda semua ketahui kebiasaan seperti ini akan menimbul dampak buruk pada perangkat karena seharusnya aplikasi mendapat perbaikan setelah melakukan update, tapi Anda tidak melakukannya. Kira kira apa yang akan terjadi? Tentu saja aplikasi yang tidak diupdate tersebut akan menanamkan bug pada perangkat sehingga secara perlahan performa akan menurun yang berarti tidak bisa merespon perintah yang Anda berikan dengan cepat.

Kedua tidak rutin update perangkat lunak, sebagai pengguna perangkat Android atau iOS harus rutin melakukan update pada perangkat lunak. Hal ini berkaitan erat dengan sumber utama atau otak perangkat tersebut, kalau pengguna tidak melakukan update pada otak perangkat maka secara tidak langsung kinerja perangkat akan menurun.

Ketiga tidak rutin membersihkan cache, padahal cache adalah sampah penggunaan yang harus dibersihkan secara rutin, karena kalau ini tidak dilakukan akan berdampak pada performa perangkat yang secara pelan menurun karena menyimpan sampah terlalu banyak. Bayangkan saja, cache akan selalu tersimpan di perangkat setiap kali Anda mengakses aplikasi tertentu, jika sehari Anda bisa mengakses 5 sampai 10 aplikasi, kira kira seberapa banyak cache yang akan tersimpan?

Terakhir ruang penyimpanan penuh, ini berkaitan dengan cache namun lebih kompleks karena merangkap pada file dan juga aplikasi yang terinstall di aplikasi. Ketika perangkat tidak memiliki ruang kosong penyimpanan, maka semua cache dan file file tersebut akan saling menimpa satu sama lain yang tentu saja berpengaruh pada respon perangkat nantinya.

Server Provider WiFi Bermasalah

Seperti layanan telekomunikasi lainnya, WiFi juga memiliki server utama yang berperan penting dalam merespon perintah yang diberikan pengguna, wadah penyimpana data dan file, mengatur lalu lintas data dan lain sebagainya. Kalau server utama WiFi sedang mengalami kendala atau perbaikian, tentu wajar saja kalau tiba tiba wifi tidak bisa diaktifkan atau tidak bisa mengakses internet.

Terdapat banyak penyebab server utama wifi bermasalah atau gangguan, seperti sedang melakukan pemeliharaan karena terkena serang virus yang berisiko mencuri data pengguna ataupun sedang melakukan upgrade kapasitas agar tidak terjadi down server karena jumlah pengguna provider mereka semakin bertambah.

Baca Juga: Kenapa WiFi Menolak Akses? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Diaktifkan

Berdasarkan beberapa penyebab diatas, diketahui bahwa konteks kata kunci wifi tidak bisa aktifkan sangat ambigu. Kenapa? Karena saya sendiri tidak paham secara detail masalah yang Anda alami itu terletak pada router atau modem wifi yang tidak mau aktif atau fitur wifi di perangkat seluler yang tidak bisa aktif. Oleh karena itu, saya menjelaskan beberapa penyebab secara kompleks agar bisa Anda sesuai dengan kondisi masing-masing.

Jika masalah ini terletak pada router atau mode wifi yang tidak bisa menyala, Anda bisa baca pembahasan terkait dengan mode wifi. Sementara bagi Anda yang mengalami masalah pada fitur wifi di ponsel tidak mau aktif bisa membaca penyebab diatas terkait fitur wifi perangkat tidak mau menyala, terutama di pembahasa masalah pada perangkat seluler. Untuk lebih jelasnya, cp akan menjelasakan beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah diatas sebagai berikut.

Cek Router WiFi Secara Detail

Jika masalah yang Anda alami terletak pada router atau modem wifi yang tidak mau aktif, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek semua bagian modem wifi, diantaranya Kabel DC Power Adaptor, Antena Pemancar Sinyal, Tombol Power, Lampu Indikator dan lain sebagainya.

Cek secara teliti, terutama pada bagian kabel DC Power Adaptor apakah lampu menyala atau tidak, karena kalau tidak berarti kabel tersebut bermasalah, ntah itu karena putus ataupun tidak tercolok dengan benar diterminal listrik sehingga tidak bisa mengalirkan arus listrik.

Kemudian cek tombol power yang berada dibagian samping atau atas modem, jika DC Adaptor masih berfungsi tapi moden wifi tetap tidak bisa diaktifkan bisa saja karena tombol power router bermasalah, coba untuk menekannya lebih dalam barang kali tombol agak masuk.

Pastikan Listrik Menyala

Selain melakukan pengecekan pada bagian bagian router wifi, Anda juga perlu mengecek apakah listrik di rumah mu menyala atau tidak, karena aka sia sia saja melakukan banyak hal ternyata listrik sedang padam.

Jika sudah dicek dan hasilnya listrik nyala, Anda bisa mengecek kabel terminal yang digunakan untuk menyolok kabel DC Adaptor Wifi, bisa saja kabel terminal putus sehingga arus listrik berhenti. Cara paling mudahnya adalah mencolokkan kabel lain kalau hasilnya tetap saja tidak bisa menyala, berarti fix masalahnya pada kabel terminal mu. Sementara kalau hasilnya bisa menyala berarti masalah pada modem wifi mu, ntah kabel adaptornya putus atau lainnya.

Hubungi Teknis Layanan WiFi

Setelah melakukan beberapa cara diatas, tapi tidak membuahkan hasil apapun. Saya sarankan kepada Anda untuk menghubungi teknisi penyedia layanan wifi mu saja. Karena Anda bukanlah teknisi maka wajar akan kesulitan memperbaiki router wifi yang tidak menyala, dengan menghubungi teknisi layanan wifi Anda hanya perlu menunggu sampai pihak mereka mengirim petugas untuk memperbaiki modem wifi.

Perbaiki Perangkat Seluler

Sementara bagi Anda yang mengalami masalah pada perangkat yang tidak bisa mengaktifkan fitur wifi, cara mengatasinya akan berbeda karena pada dasarnya sumber masalah ini bersumber pada perangkat yang Anda gunakan, maka perangkat tersebut yang harus diperbaiki. Terdapat beberapa cara mengatasi fitur wifi tidak mau menyala pada perangkat seluler, diantaranya:

  • Update Semua Aplikasi di Perangkat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek dan memperbarui semua aplikasi yang terinstall di perangkat mu. Cara paling mudahnya, Anda bisa cek di Play Store, lalu cari aplikasi yang ingin diupdate, jika ada keterangan update berarti aplikasi tersebut belum versi terbaru, silahkan klik update dan tunggu sampai proses selesai.
  • Update Perangkat Lunak, disini Anda harus melakukan update pada perangkat lunak perangkat. Caranya, masuk ke pengaturan, klik pembaruan perangkat lunak, klik unduh dan install, tunggu sampai proses pembaruan selesai.
  • Hapus Cache, kemudian Anda harus menghapus cache atau sampah pengguna pada semua aplikasi yang terinstall di perangkat. Cara sangat mudah, buka pengaturan, cari dan klik Device Care, kelola penyimpanan, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan klik hapus cache. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall di Play Store.
  • Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting, ini berkaitan dengan perangkat yang tidak memiliki ruang penyimpanan. Satu satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting atau bisa dipindahkan ke perangkat lain.
  • Muat Ulang Perangkat, Anda perlu memuat ulang perangkat agar semua fitur kembali fresh dan bisa bekerja secara optimal. Anda bisa muat ulang dengan menekan tombol power dan pilih opsi muat ulang atau langsung masuk ke menu pengaturan.
  • Aktifkan Mode Pesawat, coba untuk mengaktifkan mode pesawat lalu matikan lagi. Caranya, usap layar untuk membuka laya notifikasi, klik dan tahan icon wifi sampai muncul beberapa opsi, pilih opsi mode pesawat, tunggu 5 sampai 10 detik lalu matikan, terakhir nyala opsi wifi dan coba hubungkan kembali ke jaringan wifi.
  • Lupakan Jaringan Ini, caranya, tekan icon wifi untuk masuk ke pengaturan, pilih jaringan wifi yang ingin dilupakan dengan klik icon tanda seru dan klik opsi lupakan jaringan ini. Maka secara otomatis perangkat akan menghapus data terkait jaringan wifi tersebut, sehingga untuk terhubung ke jaringan wifi Anda harus memasukan ulang kata sandi atau password.
  • Install Ulang Perangkat, ini adalah opsi yang boleh dilakukan atau tidak tergantung keinginan Anda masing masing. Kenapa? Karena opsi berisiko menghilangkan semua data dikarenakan perangkat akan direset pabrik.
  • Bawa Ke Konter Hp, ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah fitur wifi tidak aktif. Dengan datang ke konter, masalah Anda akan ditangani oleh ahlinya.

Penutup

Itulah penjelasan Kenapa Wi-fi tidak bisa diaktifkan beserta cara mengatasinya. Apabila Wi-fi tidak bisa diaktifkan, hal ini bisa saja disebabkan karena terjadi  kesalahan kata sandi atau kerusakan pada perangkat yang digunakan. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Wifi Portable Terbaik 2022 Untuk Dicoba!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *