Kenapa Fitur Toko Saya di Shopee Hilang? Ini Penyebab dan Solusinya!

Apakah kamu saat ini sedang bingung dan mencari kenapa fitur toko saya di shopee hilang secara tiba-tiba? Jika iya, maka kamu tidak perlu panik, sebab saya akan membagikan informasi untuk kamu mengenai apa saja penyebab fitur toko saya hilang dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut secara lengkap.

Kamu pasti sudah tahu kalau shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Kepopulerannya sendiri tidak lain Karena aplikasi ini menawarkan banyak penawaran dan bonus yang cukup menggiurkan di aplikasinya.

Hal ini membuat banyak pengguna yang tertarik untuk membuka toko sendiri dan menjual produk di aplikasi tersebut. Namun, seringkali para penjual atau seller mengalami kendala yang terkadang membuat mereka merasa panik. Salah satu kendala yang sering dialami para seller di shopee yaitu fitur toko shopee yang tiba-tiba hilang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi untuk kamu mengenai penyebab kenapa fitur toko saya di shopee hilang tiba-tiba serta cara mengatasinya. Bagi kamu para seller yang penasaran, maka kamu bisa langsung simak pembahasan lengkapnya yang sudah kami rangkum berikut ini.

Kendala Fitur Toko Shopee Menghilang Secara Tiba tiba

Jika kamu ingin memulai berjualan dan menjadi seller di aplikasi Shopee, maka kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa toko yang dibuat bisa ditemukan oleh para pembeli. Beberapa pengguna Shopee yang merupakan seorang seller, tidak jarang mengeluhkan kalau toko milik mereka tidak muncul di aplikasi Shopee.

Selain tokonya yang tidak muncul, beberapa produk yang sudah diunggah atau di update juga terkadang tidak muncul di aplikasi. Tidak munculnya toko maupun produk yang dijual tentu saja akan merugikan para seller di shopee, sebab bila produk tidak bisa ditemukan oleh pembeli, tentu seller tidak akan mendapatkan untung karena tidak ada yang membeli produk tersebut.

Penyebab Fitur Toko Saya di Shopee Hilang yang Wajib Kamu Pahami !

kenapa fitur toko saya di shopee hilang

Perlu kamu tahu, fitur toko saya di shopee tidak akan menghilang tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang jelas. Sejauh ini, ada banyak sekali penyebab yang membuat fitur toko saya menghilang di aplikasi shopee. Berikut ini ini merupakan beberapa penyebab kenapa fitur toko saya di shopee menghilang secara tiba-tiba :

Koneksi Internet Buruk

Ketika mengakses aplikasi Shopee, kamu memerlukan perangkat yang terhubung dengan koneksi internet. Ini dikarenakan Shopee menerapkan platform berbasis aplikasi online, dimana untuk bisa memuat data berupa tampilan visual dan fitur membutuhkan jaringan internet.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ada kemungkinan bahwa fitur toko di Shopee tiba-tiba hilang atau tidak muncul disebabkan oleh jaringan internet yang perangkat mu gunakan bermasalah atau buruk sehingga terjadi kesalahan dalam memuat data.

Solusi:

Untuk memastikan benar atau tidaknya jaringan internet mu buruk, kamu bisa mengeceknya dengan cara membuka aplikasi lain yang terinstall di perangkat. Jika tidak bisa memuat juga berarti memang koneksi mu yang bermasalah, sebaliknya jika bisa dengan lancar membuka aplikasi lain berarti koneksi mu normal.

Selain cara itu, ada cara yang lebih mudah untuk mengecek kualitas jaringan internet mu, yakni kunjungi situs Speedtest dan klik mulai. Maka secara otomatis situs akan mengecek secara keseluruhan koneksi internet mu. Apabila hasilnya ping rendah berarti koneksi mu bagus, tapi kalau hasilnya ping tinggi berarti koneksi mu buruk.

Tidak Menggunakan Aplikasi Shopee Versi Terbaru

Kalau hasil pengecekan koneksi internet mu bagus, berarti penyebab fitur toko Shopee hilang bukan karena jaringan internet mu, tapi ada penyebab lainnya, yaitu tidak menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru.

Kenapa perlu mengupdate aplikasi Shopee? Karena dengan melakukan update pada aplikasi Shopee kamu akan mendapat tambahan fitur fitur baru. Selain itu, kamu bisa membantu developer untuk menghilangkan bug yang tertanam pada aplikasi Shopee versi lama.

Bug seperti ini sering kali ada pada aplikasi Shopee versi lama dan akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah menghilangnya fitur toko Shopee karena gagal memuat data aplikasi Shopee.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu update aplikasi Shopee ke versi terbaru. Caranya, buka Play Store, ketik dan cari aplikasi Shopee, klik update dan tunggu sampai proses update selesai.

Lebih bagusnya sih, kamu install ulang aja aplikasi Shopee, tapi kamu harus ingat username dan kata sandi akun Shopee mu ya. Bagi yang tidak ingat, cukup melakukan update saja.

Setelah itu, jangan langsung buka aplikasi Shopee ya, kamu harus muat ulang dulu perangkat. Ini dilakukan agar perangkat bisa kembali fresh dan menghilangkan bug yang bisa saja mempengaruhi kinerja perangkat saat mengakses Shopee.

Cache Menumpuk

Tidak hanya harus update aplikasi Shopee, kamu juga perlu membersihkan cache atau sampah penggunaan. Bagi yang belum tahu, cache adalah sampah yang dihasilkan dari menggunakan aplikasi, banyak tidaknya cache yang tersimpan ke perangkat dipengaruhi oleh seberapa sering kamu menggunakan aplikasi tersebut.

Jadi, kira kira seberapa banyak ya cache pengguna aplikasi Shopee? Apa jangan jangan selama menggunakan aplikasi Shopee kamu tidak pernah membersihkan cache nya? Kalau dugaan saya benar, maka wajar kalau tiba-tiba fitur toko di Shopee hilang atau tidak muncul.

Hal ini dikarenakan perangkat harus menanggung beban begitu berat setiap harinya, maka secara perlahan kinerja perangkat akan menurun tanpa kamu sadari. Kalau performa perangkat sudah menurun, perangkat akan slow respon dalam menjalankan perintah yang kamu berikan.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja kamu harus membersihkan cache dari perangkat. Ini tidak hanya berlaku pada aplikasi Shopee saja, melainkan semua aplikasi yang dirasa paling sering digunakan setiap harinya.

Cara membersihkan cache sangatlah mudah, pertama buka pengaturan, cari dan klik Aplikasi atau Aplication Manager, pilih aplikasi yang ingin dihapus (Shopee), setelah itu klik kelola penyimpan, dan klik hapus cache. Lakukan cara ini ke aplikasi lain yang harus dihapus cachenya.

Selain bisa menghapus cache secara manual, kamu juga bisa menginstall aplikasi tambahan dari Play Store. Ada banyak sekali aplikasi pembersih cache, jadi pilih sesuai selera mu ya. Dengan menggunakan aplikasi tambahan ini, proses pembersihan cache akan lebih mudah karena kamu tidak perlu memilih satu satu aplikasi yang ingin dihapus cache.

Ruang Penyimpanan Penuh

Masih berkaitan dengan perangkat, tapi dalam konteks ruang penyimpanan. Siapa disini yang sering menerima notifikasi penyimpanan perangkat penuh? Buruan deh lakukan sesuatu.

Kenapa? Karena perangkat sudah memberi kode ke pengguna kalau akan ada masalah jika hal ini dibiarkan saja. Perlu kamu ketahui, perangkat yang tidak memiliki ruang penyimpanan akan lebih retan terkena masalah, terutama pada kinerjanya.

Ini dikarenakan perangkat harus menerima beban berat setiap harinya dan juga file dari hasil aplikasi yang terinstall akan saling menimpa satu sama lain. Jika sampai terjadi, file akan error atau rusak sehingga perangkat akan terlalu banyak menyimpan virus dari file file tersebut.

Solusi:

Mengatasi penyebab ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting dari perangkat. Jika dirasa semua file penting, kamu bisa pindahkan ke perangkat lain atau upload ke penyimpanan online seperti Google Drive.

Sistem Operasi Perangkat Bermasalah

Secara umum, ponsel atau hp terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak bukan? Perangkat keras ada bagian ponsel dalam bentuk fisik, sementara perangkat lunak bagian dalam yang tidak berbentuk fisik.

Tapi tahukah kamu, fungsi dari perangkat lunak pada ponsel? Sederhananya, perangkat lunak berfungsi dalam hal pengoperasian perangkat, seperti menjalankan aplikasi, menyimpan file, menjalan fitur, pengelola penyimpanan data dan lain sebagainya.

Jadi penting dong mas peran perangkat lunak? Jelas dong, bisa dibilang perangkat lunak adalah otaknya ponsel karena semuanya akan dijalankan setelah perangkat lunak memberi sinyal.

Jadi, bisa dibayangkan kalau ada masalah pada perangkat lunak kira-kira apa yang akan terjadi? Masalah seperti fitur toko Shopee hilang sangatlah wajar, karena perangkat tidak bisa memberi perintah secara utuh untuk mengakses aplikasi Shopee.

Masalah pada perangkat lunak bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi penyebab yang paling sering adalah pengguna tidak rutin memperbarui perangkat lunak, ntah karena tidak tahu atau sengaja memang tidak melakukan update.

Solusi:

Kalau ini sampai terjadi, untuk mengatasinya sangatlah sulit. Satu hal yang bisa kamu coba lakukan adalah mengecek sistem operasi atau OS perangkat dan perbarui jika ada versi terbarunya.

Pertama, buka pengaturan, cari dan klik tentang perangkat, lalu klik update (biasanya kamu akan ditampilkan menu “Software Update” atau “System Firmware Update”), kemudian cek update, kalau muncul notifikasi Install berarti OS perlu di update, tunggu sampai proses update selesai.

Server Utama Aplikasi Shopee Bermasalah

Selain beberapa penyebab diatas, masalah pada server utama aplikasi Shopee menjadi salah satu penyebab hilangnya fitur toko. Jadi bisa dibilang ini adalah penyebab internal karena sumber masalahnya berasal dari server utama Shopee itu sendiri.

Kenapa server utama bermasalah, kok fitur toko hilang mas? Shopee adalah e commerce yang bergerak dalam bentuk website dan aplikasi yang mengharuskan pihak mereka memiliki server utama. Fungsi utama server adalah jalur lintas data, penyimpanan data, pengoperasian aplikasi dan website, pengelola data dan lain sebagainya.

Kalau terjadi masalah pada server utama Shopee, maka wajar saja kalau fitur yang ada di aplikasi Shopee tiba tiba hilang atau tidak muncul. Bahkan bisa lebih parah, yakni aplikasi atau website Shopee tidak akan bisa digunakan sama sekali.

Solusi:

Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan apapun, karena teknisi Shopee akan menangani masalah ini. Tapi, untuk memastikan benar atau tidaknya dugaan saya ini kamu bisa hubung CS Shopee. Bagaimana caranya? Kamu bisa klik link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1 disini kamu bisa mengetahui cara menghubungi Help Center Shopee.

Quality Control pada Produk

Bila produk yang kamu upload di Shopee tidak muncul, maka bisa jadi produk tersebut sedang mengalami tahap quality control, di mana pihak Shopee akan mengecek Apakah kamu mengunggah produk yang terlarang atau tidak. Setelah menjalani tahap quality control selama maksimal 1×24 jam, maka produk kamu yang lulus akan langsung muncul di katalog toko kamu.

Produk yang Dijual Tidak Sesuai

Masih berhubungan dengan tahap quality control, apabila pihak shopee mendapati toko kamu mengunggah produk yang dilarang oleh shopee, maka toko Shopee kamu bisa terancam dihapus. Hal tersebut bisa menyebabkan fitur toko saya menghilang secara tiba-tiba dari aplikasi. Jadi, pastikan untuk mengunggah produk yang tidak melanggar aturan pihak Shopee. Lebih jelasnya kamu bisa kunjungi link berikut https://seller.shopee.co.id/edu/article/6843 pada laman tersebut kamu akan mendapat produk apa saja yang melanggar aturan Shopee.

Toko Baru Dibuka

Jika kamu baru saja membuka toko di aplikasi Shopee, makalah tokoh yang kamu buka tersebut masih sulit untuk di indeks. Shopee membutuhkan waktu untuk bisa mengindeks toko kamu, namun setelah menunggu beberapa saat seharusnya toko baru yang kamu buat di shopee sudah bisa ditemukan.

Saran saya, kamu pelajari lebih dalam terkait sistem SEO pada aplikasi Shopee, karena meski toko mu tidak tampil di halaman utama dengan menerapkan teknik SEO dan marketing yang benar produk produk yang kamu jual di Shopee bisa tampil ketika calon pembeli melakukan pencarian barang.

Akhir kata, demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu mengenai kenapa fitur toko saya di shopee hilang secara tiba-tiba serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kamu para seller di Shopee !

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *