Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Valid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi!

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Valid? Shopee merupakan salah satu platform berbelanja paling besar yang digunakan pada saat ini. Selain berbelanja di shopee, ternyata kita juga bisa mendapatkan uang tanpa modal yaitu dengan menggunakan Shopee affiliate.

Shopee affiliate merupakan program shopee dimana para affiliator akan mendapatkan komisi setiap barang yang terjual. Caranya cukup mudah, yaitu para afiliator hanya perlu menyebarkan link atau tautan produk yang ingin dijual kepada para konsumen.

Setiap barang yang terjual, nantinya afiliator tersebut akan mendapatkan keuntungan. Sayangnya, beberapa affiliator Shopee mengalami kendala pada saat melakukan penarikan komisi. Misalnya saja seperti komisi shopee affiliate yang tidak valid. Lalu apa yang menjadi penyebab hal tersebut? berikut penjelasan terkait penyebab komisi shopee affiliate tidak valid dan cara mengatasinya.

Penyebab Shopee Affiliate Tidak Valid

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Valid

Shopee affiliate merupakan salah satu cara mendapatkan uang tambahan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang saat ini. karena cara ini tidak memerlukan modal dan  hanya perlu menyebarkan link produk . Setiap produk yang terjual melalui link tersebut maka afiliator akan mendapatkan komisi.

Nantinya komisi tersebut dapat dicairkan melalui rekening bank pribadi. Namun sayangnya beberapa affiliator mengalami kendala pada saat mencoba mencairkan komisi, seperti komisi Shopee affiliate yang tidak valid. Adapun penyebab kenapa komisi shopee affiliate tidak valid yaitu sebagai berikut.

Rekening Yang Belum Diverifikasi

Alasan pertama Shopee Affiliate tidak valid yaitu rekening afiliator yang belum diverifikasi. Pada saat mendaftar shopee affiliate, afiliator diwajibkan untuk mengisi beberapa data mulai dari data diri hingga data bank. Meskipun afiliator sudah mengisi semua data namun belum tentu pihak Shopee memverifikasi data-data yang dimasukkan.

Rekening yang belum diverifikasi dianggap tidak valid oleh pihak Shopee. Jadi untuk menghindari adanya penipuan, pihak shopee tidak akan memberikan komisi kepada pemilik akun yang belum diverifikasi tersebut. akun yang belum diverifikasi akan mendapatkan notifikasi sehingga Anda masih punya kesempatan untuk memperbaiki akun dan menerima komisi Anda.

Solusinya:

Untuk mengatasi masalah rekening belum diverifikasi oleh pihak Shopee tidaklah sulit, karena secara teknisi kamu hanya perlu menunggu sampai pengajuan disetujui. Tapi, tidak ada jaminan verifikasi akan cepat atau lama, semua tergantung pihak Shopee itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk mempercepat proses verifikasi rekening kamu bisa langsung hubungi CS Shopee dengan cara klik menu Live Chat, pilih tab Saya > pilih Chat dengan Shopee > pilih Chat with Live Agent atau bisa langsung klik link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1.

Pengajuan Pengembalian Barang Oleh Pembeli

Perlu diketahui bahwa komisi yang masuk ke dalam akun Shopee Affiliate yaitu setelah barang tersebut sampai ke tangan konsumen dan konsumen menerima barang tersebut serta melakukan pembayaran (jika metode pembayaran COD). Dengan kata lain, komisi hanya bisa diterima jika pembelian berhasil. Namun apabila pembeli komplain dan mengajukan pengembalian barang, maka komisi yang masuk tidak akan valid dan tidak bisa dicairkan.

Solusinya:

Cara paling mudah untuk mengurangi terjadinya komplain dari konsumen karena barang tidak sesuai ekspetasi mereka sehingga mengajukan pengembalian barang atau produk yang dibeli di Shopee adalah memilih toko toko yang memang menjual produk berkualitas dan selalu memperhatikan keinginan konsumen.

Ini bisa kamu lihat dari rating yang diberikan oleh konsumen yang sudah pernah beli produk atau barang dari toko tersebut. Meski nyatanya rating tidak menjamin 100 persen barang akan sesuai keinginan konsumen, setidaknya bisa mengurangi terjadinya pengembalian barang karena komplain dari pembeli.

Lewat Waktu Validasi Oleh Shopee

Selain karena pengembalian barang, komisi Shopee Affiliate sering kali tidak valid karena adanya batas waktu melakukan pembelian lewat link tersebut. Jika konsumen melakukan pembelian setelah lewat batas waktu yang ditentu oleh Shopee, maka komisi yang seharusnya masuk ke saldo kamu tidak akan terhitung atau saat melakukan penarikan saldo dinyatakan tidak valid.

Link Affiliate Shopee Rusak

Seperti yang kita semua tahu, untuk mendapatkan komisi dari Shopee Affiliate mengharuskan kita membagikan link atau tautan yang mengarah pada produk yang ada di Shopee, lalu dibeli oleh konsumen.

Ternyata masalah komisi tidak masuk atau tidak valid bisa juga disebabkan oleh link atau tautan Affiliate rusak, jadi ketika calon pembeli mengklik link tersebut tidak diarahkan ke produk atau laman Shopee yang seharusnya. Apabila hal ini benar terjadi, maka wajar saja komisi dari  Shopee Affiliate mu tidak masuk ke saldo, walaupun secara teknis ada transaksi.

Solusinya:

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Kamu perlu mengecek dan menguji link tersebut secara menyeluruh, seperti sudah benar mengarah ke laman Shopee yang diinginkan dan bisa diakses dengan lancar. Apabila ada kesalahan dalam mengakses link atau tautan tersebut, kamu bisa ganti dengan link Affiliate lain.

Baca Juga:

Sistem Pelacakan Shopee Error atau Bermasalah

Sedikit cerita dari pengalaman pribadi saya terkait kesalahan pelacakan link atau tautan Affiliate Shopee, saya tidak tahu ntah karena sistem pelacakan Shopee sedang bermasalah atau memang tidak secanggih itu. Masalah ini membuat komisi Shopee Affiliate tidak masuk dengan keterangan tidak valid sering kali terjadi, padahal secara teknis saya sudah mematuhi semua syarat dan ketentuan dari pihak Shopee.

Memang sih secara teknis saya tidak menyebarkan link affiliate dengan cara membuat konten sosial media atau blog, tapikan tetap saja saya tidak melakukan kecurangan. Disini saya melakukan promosi berbayar pada link atau tautan Affiliate Shopee, jadi saya menyebarkan link Affiliate tersebut dengan cara membayar ke platform iklan diluar sana, seperti Adstera, MGID, FB ADS dan lain sebagainya. Dikarenakan kita membayar iklan ke beberapa platform tersebut membuat link Affiliate mengalami perombakan atau diubah, contoh https//shopee menjadi https/ads.

Adanya perubahan link tersebut membuat pihak Shopee kesulitan untuk melacak valid atau tidak valid nya tautan affiliate kita, jika sudah mendeteksi ada aktivitas mencurigakan pihak Shopee tidak sungkan sungkan memberi peringatan dan bahkan parahnya bisa langsung memblokir akun Shopee Affiliate kita. Walaupun secara teknis kita tidak melakukan kesalahan apapun, tapi mau bagaimana lagi karena kita sebagai pengguna ya harus mematuhi ketentuan yang berlaku tanpa bisa komplain.

Solusinya:

Kalau kamu tetap tertarik dengan program Affiliate Shopee, tapi tidak ingin repot membuat konten di sosial media dan blog atau tidak ingin mendapat notifikasi komisi tidak valid, saya sarankan untuk join ke situs Acesstrade Indonesia. Dengan bergabung ke platform tersebut, kamu bisa mendapatkan link affiliate Shopee tanpa harus takut mendapatkan notifikasi tidak valid atau link tidak terlacak.

Kenapa? Karena sistem dari Acesstrade sangatlah canggih sehingga tidak akan ada kesalahan dalam pelacakan pada link atau tautan affiliate. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan program affiliate lain seperti Lazada, Blibli, Kredivo Andorid dan lain sebagainya. Jadi, dengan satu akun kamu bisa join dibanyak program affiliate diseluruh di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin join atau mendaftar akun Acesstrade Indonesia bisa kunjungi link ini https://accesstrade.co.id/publisher/register?referral_id=jP48HcnuSchL5%2F2311%2FB7A%3D%3D

Membeli Produk Dengan Link Affiliate Sendiri

Alasan selanjutnya kenapa komisi shopee Affiliate tidak valid adalah affliator membeli barang dengan menggunakan link affiliasinya sendiri. mungkin sebagian orang berpikir cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan komisi Shopee, namun sayangnya pihak Shopee dapat mendeteksi hal-hal seperti ini.

Komisi produk yang dibeli dengan link affiliasi sendiri memang akan masuk ke dalam akun affiliate Shopee, namun sayangnya komisi tersebut tidak akan valid dan tidak bisa dicairkan. Bahkan lebih parahnya akun Anda bisa diblokir oleh pihak Shopee. Jadi ada baiknya untuk tidak mengklik link affiliasi sendiri jika tidak ingin hal-hal seperti ini terjadi.

Solusinya:

Tidak ada solusi sih karena ini kembali lagi ke kamu sebagai pengguna yang bergabung ke program affiliasi Shopee. Kalau mau bertahan lama di program ini, kira kira apa yang harus dilakukan? Pertama jangan main curang seperti beli barang atau produk lewat link affiliate sendiri, jangan membagikan link affiliate dengan teman sendiri, dan patuhi syarat dan ketentuan Shopee Affiliate Program.

Saya paham, kamu pasti sedang butuh uang atau bingung harus bagaimana agar sukses menjadi affiliator Shopee. Tapi tidak harus main curangkan? Coba deh mulai sekarang tingkatkan skill terutama dalam membuat konten di sosial media agar kamu punya wadah untuk menyematkan link affiliate Shopee ini. Kamu juga bisa belajar dari orang lain yang sekiranya lebih pro seperti mengikuti webinar, kelas online dan lain sebagainya.

Melanggar Syarat dan ketentuan Shopee Affiliate

Sebagai salah satu program kerjasama, tentu saja pihak Shopee memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh pengguna yang bergabung kedalam program affiliate. Sayangnya, tidak semua pengguna tahu hal apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan Shopee Affiliate Program sehingga sering mendapatkan notifikasi komisi tidak valid dan lain sebagainya yang dikirim ke email atau langsung di aplikasi Shopee.

Oleh karena itu, agar selanjutnya tidak melakukan kesalahan lagi dan melanggar aturan dari program kerjasama Shopee ini kamu bisa memahami lebih dekat mengenai Program Shopee Affiliate melalui link ini https://shopee.co.id/m/affiliates

Server Utama Shopee Bermasalah

Penyebab terakhir yang bisa saja membuat keterangan komisi tidak valid saat melakukan penarikan atau tidak masuk ke saldo utama adalah server utama dari aplikasi Shopee sedang down atau bermasalah. Seperti yang kita semua ketahui server utama pada aplikasi Shopee sangatlah penting, terutama dalam menjalan fitur yang ada didalam Shopee salah satunya adalah Shopee Affiliate Program.

Server utama pada Shopee memiliki beberapa fungsi penting dalam pengoperasian, diantaranya tempat lalu lintas data, tempat penyimpanan data pengguna, pusat pengelola fitur, pusat operasi Shopee, dan lain sebagainya. Jadi, bisa saja komisi affiliate mu terdeteksi tidak valid karena ada masalah pada server utama Shopee.

Solusinya:

Sebenarnya kalau masalah ini disebabkan oleh server utama kamu tidak perlu melakuakn hal apapun selain menunggu, karena teknisi Shopee akan segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan. Namun, kamu juga bisa kok mencari tahu kebenarannya dengan cara menghubungi CS Shopee.

Bagaimana cara menghubungi CS Shopee? pertama buka aplikasi Shopee, Live Chat, pilih tab Saya > pilih Chat dengan Shopee > pilih Chat with Live Agent atau bisa langsung klik link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1.

Penutup

Itulah beberapa penyebab kenapa komisi shopee affiliate tidak valid dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membuka wawasan para afiliator shopee yang mengalami kesulitan seperti kasus di atas. Agar kasus seperti ini tidak terjadi, ada baiknya Anda tidak melanggar peraturan Shopee Affiliate.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *