Kenapa Sekarang Shopee Tidak Ada Voucher Gratis Ongkir? Ini Penyebabnya!

Kenapa Sekarang Shopee Tidak Ada Voucher Gratis Ongkir? Belanja online menjadi tren di masyarakat saat ini. Salah satu platform e-commerce yang populer di Indonesia adalah Shopee. Shopee menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena banyak menjual produk dengan harga murah dan menarik promo gratis ongkir.

Gratis ongkir merupakan salah satu daya tarik para konsumen untuk berbelanja di Shopee. Karena dengan adanya gratis ongkir tersebut, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang dapat meminimalisir pengeluaran untuk berbelanja.

Namun, belakangan ini muncul keluhan dari sebagian pengguna Shopee bahwa promo gratis ongkir tidak lagi tersedia. Fenomena ini tentu menimbulkan pertanyaan,  apa penyebab Shopee tidak ada gratis ongkir dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya

Penyebab dan Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Gratis Ongkir

Kenapa Sekarang Shopee Tidak Ada Voucher Gratis Ongkir

Gratis Ongkir Shopee merupakan sebuah daya tarik untuk menarik para konsumen. Dengan adanya gratis ongkir tersebut, para konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman barang dari penjual sampai ke tangan mereka.

Pada umumnya, gratis ongkir Shopee berbentuk voucher yang dapat di klaim pada saat melakukan checkout. Namun belakangan ini Shopee tidak menyediakan gratis ongkir, adapun penyebabnya yaitu sebagai berikut.

Peningkatan Biaya Logistik

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hilangnya promo gratis ongkir yang ditawarkan oleh Shopee. Salah satu faktornya adalah peningkatan biaya pengiriman barang ke konsumen. Penyedia layanan logistik seperti JNE, Tiki, dan POS menaikkan harga pengiriman yang membuat mereka mengalami kesulitan dalam operasional sehingga harus menambah biaya operasional untuk tetap bisa mengirimkan barang ke konsumen di seluruh Indonesia.

Penyedia logistik memiliki harga tersendiri, jadi apabila mereka menaikkan biaya pihak Shopee pun kesulitan untuk mengcover biaya pengiriman. Sebagai solusi, pihak Shopee menghilangkan gratis ongkir atau menyediakannya pada event-event tertentu saja.

Solusinya:

Coba kamu cari dulu toko lain yang menyediakan promo gratis ongkir, karena voucher gratis ongkir tidak hanya bisa diberikan oleh pihak Shopee melainkan juga pemilik toko atau seller. Biasanya toko atau seller yang sering membagikan voucher gratis ongkir berada pada kategori Produk Terlaris, Program Gratis Ongkir XTRA, Program Gratis Ongkir Semua Toko, dan Program Gratis Ongkir Lainnya.

Setelah kamu mencoba cari toko yang menawarkan promo gratis ongkir tapi tidak menemukannya, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah beli voucher gratis ongkir di Shopee. Meski tidak 100 persen gratis, setidaknya kamu bisa meminimalisir biaya ongkir dengan membeli voucher ini. Caranya sangat mudah, buka aplikasi Shopee, cari dan klik menu Gratis Ongkir dan Voucher, beli gratis ongkir yang kamu inginkan dan lakukan pembayaran.

Layanan Express Lebih Mahal

Alasan selanjutnya pihak Shopee tidak lagi membagikan gratis ongkir yaitu karena penggunaan layanan kurir yang lebih mahal oleh penjual juga mempengaruhi hilangnya promo gratis ongkir di Shopee. Dengan kenaikan harga layanan Express ini tentu akan membuat pihak Shopee kesulitan untuk membagikan promo gratis ongkir kepada konsumen.

Beberapa penjual mungkin menggunakan kurir pribadi atau layanan pengiriman dengan prioritas lebih tinggi, seperti GO-SEND atau GrabExpress, yang biayanya jauh lebih mahal daripada pengiriman reguler. Alhasil, penjual tidak dapat menawarkan promo gratis ongkir karena mereka harus menanggung biaya pengiriman yang lebih tinggi.

Solusinya:

Tidak jauh berbeda dengan solusinya diatas, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari toko yang menawarkan voucher gratis ongkir. Jika tidak ada, kamu harus beli voucher gratis ongkir yang dijual oleh pihak Shopee. Ini cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi biaya ongkir.

Tidak Memenuhi Syarat Minimum Belanja

Terkadang pihak Shopee memberikan syarat tertentu agar konsumen bisa mendapatkan gratis ongkir. Misalnya saja seperti berbelanja dalam minimal tertentu, jika konsumen tidak memenuhi syarat tersebut maka mereka tidak dapat mengklaim voucher gratis ongkir. Selain itu, beberapa jenis ongkir yang ditawarkan hanya memotong sebagian ongkos kirim, jadi konsumen tidak bisa mendapatkan gratis ongkir seluruhnya.

Solusinya:

Penuhi syarat penggunaan voucher atau promo gratis ongkir dari pihak Shopee, salah satunya terkait minimal belanja. Biasanya voucher ini hanya bisa digunakan ketika kamu belanja atau beli barang dengan minimal harga 30-50 ribu. Jika harga barang yang kamu beli lebih murah dari syarat tersebut, maka secara otomatis promo gratis ongkir tidak akan dikirim.

Produk Bertanda Khusus

Terkadang Shopee hanya memberikan promo ongkir pada beberapa produk tertentu. Biasanya produk tersebut sudah ditandai dengan kata gratis ongkir. Jika Anda tidak menemukan tanda tersebut pada produk yang Anda beli, kemungkinan Anda tidak akan bisa mendapatkan gratis ongkir. Adapun beberapa kategori produk yang biasanya menawarkan promo gratis ongkir diantaranya Produk Terlaris, Program Gratis Ongkir XTRA, Program Gratis Ongkir Semua Toko, dan Program Gratis Ongkir Lainnya.

Meski ada beberapa produk yang tidak menawarkan promo gratis ongkir, tetapi masih banyak produk yang menawarkan promo tersebut. Oleh karena itu, sebagai konsumen kita masih bisa mencari produk yang menawarkan promo gratis ongkir. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan promo-promo lain dari Shopee untuk dapat membeli barang dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga:

Toko Tidak Mendukung Penggunaan Promo Gratis Ongkir

Meski secara teknis voucher gratis diberikan oleh pihak Shopee kepada konsumen atau pengguna untuk mengurangi biaya pengantaran saat berbelanja di platform mereka. Tapi, perlu kamu semua ketahui tidak semua toko mendukung penggunaan voucher gratis ongkir loh.

Hal ini bisa kamu lihat dan buktikan saat belanja di toko a dan toko b pasti diantara kedua toko tersebut ada yang bisa menggunakan promo gratis ongkir dan ada juga yang tidak bisa. Kenapa demikian? Pada dasarnya promo gratis ongkir digunakan untuk mengurangi biaya pengataran barang dari daerah pemilik toko ke daerah konsumen atau pembeli.

Jika antara daerah seller dan kamu sebagai pembeli jauh, maka pihak toko tidak akan mendukung penggunaan promo gratis ongkir. Ini berkaitan dengan biaya yang harus dibayar seller ke layanan pengatar barang atau kurir, semakin jauh daerah tujuan biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal.

Selain karena tujuan pengataran jauh sehingga membuat ongkos kirim mahal, alasan lain seller tidak mendukung penggunaan voucher gratis ongkir adalah di daerah seller atau pemilik toko hanya menyediakan 1 sampai 2 jenis jasa pengiriman barang, sehingga pihak mereka tidak bisa memilih jasa pengiriman murah.

Solusinya:

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah memilih toko atau seller yang mendukung penggunaan promo gratis ongkir. Caranya tidaklah sulit, kamu hanya perlu mencari produk atau barang tertentu dengan kategori Produk Terlaris, Program Gratis Ongkir XTRA, Program Gratis Ongkir Semua Toko, dan Program Gratis Ongkir Lainnya. Biasanya produk yang masuk kategori tersebut mendukung pemakaian promo gratis ongkir.

Sementara, jika kamu ternyata tidak memiliki voucher gratis ongkir silahkan beli promo dan voucher gratis ongkir di Shopee. Saat ini Shopee sudah menyediakan layanan promo dan voucher gratis ongkir, jadi bagi kamu yang tidak mendapatkan ongkir gratisa bisa membelinya di Shopee.

Bagaimana caranya? Pertama buka aplikasi Shopee mu, cari dan ketik menu Promo dan Voucher Gratis Ongkir, silahkan pilih voucher mana yang ingin dibeli, ada banyak pilihan voucher gratis ongkir dari harian hingga mingguan, jika sudah memutaskan ingin membeli voucher mana kamu bisa langsung beli dan lakukan pembayaran agar kupon gratis ongkir tersebut bisa langsung digunakan saat belanja.

Kuota Penggunaan Voucher Gratis Ongkir Sudah Habis

Tidak hanya beberapa hal diatas saja penyebab kamu tidak mendapatkan promo gratis ongkir, sebenarnya bukan tidak dapat tapi lebih ke voucher sudah kamu gunakan semua. Disini kamu peru tahu, pihak Shopee selalu membagikan voucher gratis ongkir ke pengguna mereka setiap minggunya, hanya saja ada batas pengguaannya.

Artinya kamu hanya bisa menggunakan voucher gratis ongkir dari Shopee dalam kurun waktu seminggu 3 sampai 5 kali belanja. Ini sudah menjadi ketentuan mutlak pihak Shopee sehingga pengguna ataupun seller tidak boleh komplain.

Gini deh, kamu bayangin aja kalau pihak Shopee selalu ngasih voucher gratis ongkir kira kira siapa yang harus bayar biaya pengiriman barang? Tentu saja pihak Shopee ataupun seller kan. Kasian dong kalau mereka harus melayani komplain kamu perihal tidak mendapatkan voucher gratis ongkir, padahal jelas jelas sudah diberikan oleh pihak Shopee hanya saja sudah kamu gunakan semuanya.

Solusinya:

Lantas bagaimana cara mengatasi penyebab ini mas? Mudah kok, kamu hanya perlu mengatur porsi belanja mu setiap minggunya. Contoh kamu biasanya belanja di Shopee 7 kali dalam seminggu, kurangi jadi 4 atau 5 kali saja. Kemudian tunggu sampai minggu selanjutnya atau saat Shopee memberikan kupon gratis ongkir.

Jika kamu tidak bisa membatasi aktivitas belanja mu di Shopee, ntah karena memang butuh barang itu atau hanya hobi semata satu satunya cara paling efektif adalah beli voucher gratis ongkir di Shopee. Kenapa? Karena dengan membeli kupon gratis ongkir kamu bisa menghemat biaya pengiriman barang tanpa harus menunggu minggu depan.

Akun Melanggar Syarat dan Ketentuan Shopee

Sebagai pengguna platform Shopee tentu kita harus mematuhi syarat dan ketentuan dari tuan rumah bukan? Ini adalah tata krama penggunaan layanan Shopee. Ternyata, akun yang sudah pernah melanggar ketentuan Shopee bisa menyebabkan akun tersebut tidak mendapat pelayanan maksimal oleh pihak Shopee, salah satunya tidak mendapatkan voucher gratis ongkir yang harusnya diberikan setiap minggu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan akun mu melanggar kebijakan Shopee, diantaranya menyebarkan data pengguna lain, mengirim pesan tidak pantas ke seller, mencoba melakukan penipuan dan lain sebagainya. Ketika akun sudah terdeteksi melakukan pelanggaran biasanya pihak Shopee akan mengirim peringatan, tapi kalau pelanggaran yang dilakukan termasuk berat pihak Shopee tidak segan segan memblokir akun tersebut.

Solusinya:

Jika akun mu sudah terdeteksi melakun pelanggaran dan kamu berjanji tidak akan mengulanginya, coba deh hubungi CS Shopee. Berikan penjelasan kenapa kamu melakukan tersebut.

Bagaimana caranya? Buka aplikasi Shopee, klik menu Live Chat, pilih tab Saya > pilih Chat dengan Shopee > pilih Chat with Live Agent atau untuk lebih jelasnya kamu bisa klik link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1

Taktik Marketing Shopee

Setelah tutupnya Tiktok Shop di Indonesia membuat Shopee kembali menjadi raja e commerce karena memiliki banyak pengguna setia. Alasan lain Shopee tidak memberi voucher gratis ongkir pada pengguna platform mereka adalah taktik marketing Shopee untuk meningkatkan omset atau pendapatan.

Ntah tujuannya memang untuk membantu pengguna yang sering membeli barang atau produk di Shopee setiap minggunya, kita tahu voucher gratis ongkir dibagikan tiap minggu dan hanya bisa digunakan untuk beberapa kali belanja atau memang ingin menghentikan bagi bagi voucher gratis ongkir karena saat ini Shopee menjual promo dan voucher gratis ongkir.

Berdasarkan pendapat saya diatas, tentu saja ada dua kemungkinan pihak Shopee tidak membagikan voucher gratis ongkir lagi. Yang jelas sebagai pengguna layanan mereka kita harus siap dengan perubahan tersebut.

Solusinya:

Apakah ada cara mengatasi penyebab ini mas? Jawabannya tidak ada, karena pada dasarnya semua kembali lagi ke pihak Shopee sebagai pemegang tahta tertinggi. Jika mereka ingin memberi voucher gratis ongkir ya kita terima, namun kalau tidak ya mau bagaimana lagi.

Satu satunya hal yang bisa kamu lakukan ketika tidak mendapatkan voucher gratis ongkir, otomatis biaya pengiriman akan mahal bukan? Kamu bisa beli voucher gratis ongkir dengan begitu kamu bisa menghemat biaya pengiriman barang.

Penutup

Itulah alasan kenapa Sekarang Shopee tidak ada voucher gratis ongkir dan cara mengatasinya, dari sekian banyak penyebab diatas naiknya harga logistik dan taktik marketing Shopee menjadi penyebab utama kamu tidak mendapatkan voucher gratis ongkir lagi. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *