Apa Arti Wisjur Dalam Akademi Militer? Ini Penjelasan dan Peran Pentingnya!

Pernahkah kamu mendengar kata Wisjur? Bagi beberapa orang awam, tentu kata tersebut akan terdengar asing. Kosa kata yang sering digunakan dalam lingkup militer ini pastinya tidak banyak dipergunakan terutama untuk kehidupan sehari-hari.

Namun, jika kamu sedang atau akan menjalani akademi militer, kamu harus tahu mengenai apa arti dari kata Wisjur dalam Akademi Militer. Atau bagi kamu yang terlanjur penasaran dengan kata tersebut, artikel ini akan memberikan penjelasan nya untuk kamu.

Arti Kata Wisjur

arti Wisjur Dalam Akademi Militer

Menjalani pendidikan di akademi militer, tentu bukan hal yang mudah. Maka, tidak heran bila ada momen yang sangat dinantikan oleh mereka yang sedang menjalani proses pendidikan tersebut. Salah satu momen yang paling dinanti-nantikan adalah Wisjur.

Wisjur atau Wisuda Jurit merupakan upacara pelantikan yang dilakukan oleh para calon anggota militer yang telah menyelesaikan pendidikan dasar di akademi militer sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Upacara yang biasanya diadakan pada setiap akhir tahun ajaran tersebut akan dihadiri oleh seluruh calon anggota prajurit Indonesia dan akan dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Lalu apakah arti sebenarnya dari kata Wisjur itu sendiri? Apakah hanya sebatas upacara pelantikan yang dijadikan formalitas semata? Atau lebih daripada itu?

Wisjur Bagi Calon Tentara Indonesia

Bagi para calon prajurit Indonesia, Wisuda Jurit memiliki makna yang sangat berharga. Ini merupakan momen penting dimana mereka akan memulai tugas mereka sebagai Tentara yang akan melindungi Indonesia serta mengabdikan diri terhadap negara tercinta.

Selain itu, Wisjur juga dianggap sebagai wujud penghargaan negara terhadap para calon prajurit TNI karena telah menyelesaikan pendidikan di akademi militer. Bukan hal yang mudah untuk menyelesaikan pendidikan tersebut, tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk bisa sampai pada tahap ini. Berbagai latihan mereka lakukan untuk menjadi prajurit tangguh dan profesional serta berkualitas.

Peran Wisjur

Jika Wisuda ini memiliki arti penting para calon anggota prajurit Indonesia, tentu upacara ini juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Selain memiliki peran penting sebagai tanda dimulainya tugas para prajurit TNI, bagi masyarakat umum Wisjur juga menjadi momen dimana masyarakat bisa melihat proses pelantikan para prajurit-prajurit yang akan menjaga bangsa dan negara Indonesia.

Membuka minat bagi kaula muda untuk turut bergabung sebagai anggota TNI dan momen membanggakan bagi para orang tua prajurit yang dilantik. Masyarakat juga bisa menilai bagaimana kualitas pasukan terdepan Indonesia dalam mencari dan melatih para anggotanya.

Proses Wisuda Jurit (Wisjur)

Setelah mengetahui arti dari kata wisjur, akan lebih lengkap bila kamu juga mengetahui proses pelaksanaan nya. Seperti upacara pada umumnya, terdapat beberapa proses yang akan dilalui oleh para calon anggota prajurit sebelum dilantik secara resmi oleh Presiden.

Upacara ini akan dimulai dengan parade yang akan dilakukan oleh para calon prajurit, dimana pada parade tersebut mereka akan menunjukkan kemampuan-kemampuan atau keahlian yang mereka miliki kepada masyarakat dan para pejabat umum.

Setelah melakukan parade, mereka akan dilantik oleh Presiden dan mengucapkan sumpah prajurit sebagai janji mereka terhadap Indonesia untuk tetap selalu setia dan bertanggung jawab melindungi bangsa dan negara.

Kemudian, sebagai simbol bahwa mereka telah resmi diangkat sebagai anggota TNI, maka mereka akan diberikan tanda pangkat Sersan Dua (Serda). Tanda pangkat ini bisa saja berubah sesuai dengan kinerja yang akan mereka berikan. Semakin bagus kinerja yang mereka berikan, semakin bagus pula pangkat yang akan mereka terima.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *