Kenapa OVO Tidak Bisa Transfer? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layanan e-wallet, seperti OVO, telah mempermudah berbagai transaksi keperluan dengan penggunaan Dompet Digital. OVO, sebagai salah satu e-wallet terkemuka di Indonesia, memiliki sejumlah besar pengguna. Aplikasi OVO menyediakan beragam fitur, mulai dari pembayaran hingga transfer saldo.

Namun, belakangan ini, muncul sejumlah keluhan terkait transaksi di aplikasi OVO, terutama terkait kegagalan saat melakukan transfer saldo. Kegagalan transfer saldo OVO dapat terjadi secara serentak atau hanya terdampak pada sebagian pengguna.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer dan Cara Mengatasinya

Kenapa OVO Tidak Bisa Transfer

Meskipun jarang terjadi, tetapi penting untuk memahami faktor-faktor penyebab kegagalan transfer saldo OVO. Secara umum, berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan OVO tidak berhasil dalam melakukan transfer saldo beserta cara mengatasinya, yaitu:

OVO Belum Premier

Aplikasi OVO mengalami kendala dalam mentransfer ke bank, utamanya disebabkan oleh status dasar akun yang belum diupgrade menjadi OVO Premier untuk mengakses fitur transfer saldo. OVO Premier hanya dapat diakses setelah melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer) dengan mengunggah foto KTP dan foto diri bersama KTP.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu upgrade akun OVO Premer. Syarat yang perlu kamu siapkan hanyalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk, foto selfie dan data pendukung lainnya. Ikuti instruksi yang diberikan pihak OVO untuk upgrade akun mu.

Sedang dalam Gangguan Layanan

Pembaruan atau perbaikan sistem aplikasi OVO yang dilakukan secara berkala pada server dapat menyebabkan OVO mengalami kegagalan transfer dengan kode 500. Aplikasi OVO secara teratur menjalankan pemeliharaan server untuk mengatasi bug dan meningkatkan fitur aplikasi.

Solusinya:

Sebenarnya secara teknis kamu tidak bisa melakukan hal apapun, selain menunggu. Tapi tidak ada salahnya kamu ikuti cara saya untuk memastikan apakah memang benar pihak OVO sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade server.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu hubungi Help Center OVO melalui link ini https://www.ovo.id/contact, di link ini kamu bisa menghubungi CS OVO melalui beberapa platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, Telepon, Email dan lain sebagainya.

Setelah menentukan ingin menghubung Help Center OVO melalui platform mana, kamu bisa siapkan screenshot terkait kendala yang saat ini dialami, lalu kirim pesan yang berisi masalah mu seperti tidak bisa melakukan transfer disertai dengan bukti Screenshot. Jika sudah, kamu hanya perlu menunggu sampai pihak OVO merespon pesan mu.

Akun OVO Limit

Setiap akun di aplikasi OVO memiliki batas saldo maksimum berdasarkan akumulasi transaksi bulanan. Salah satu alasan OVO tidak dapat mentransfer saldo ke Dana adalah jika saldo akun OVO telah mencapai batas maksimum, yaitu 20 juta rupiah per bulan.

OVO mengelompokkan pengguna menjadi dua kategori, yaitu OVO Club dan OVO Premier. Pengguna OVO Club memiliki batas top up saldo hingga Rp2.000.000 dengan batas maksimum Rp20.000.000 per bulan, sedangkan pengguna OVO Premier memiliki batas saldo hingga Rp10.000.000 dengan batas maksimum Rp20.000.000 per bulan.

Solusinya:

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa kamu ketahui berapa limit transaksi yang bisa dilakukan melalui OVO setiap harinya, jika ternyata limit transaksi sudah limit maka kamu tidak akan bisa transfer lagi. Satu satunya cara yang bisa dilakukan adalah menunggu sampai besok untuk mendapatkan kembali limit transaksi.

Nomor Penerima Transfer Salah

OVO Premier tidak dapat mentransfer saldo karena kesalahan dalam penulisan nomor HP penerima transfer. Sistem mendeteksi akun penerima transfer, dan jika nomor HP tidak terdaftar, proses transfer tidak dapat dilakukan, menyebabkan transaksi gagal.

Solusinya:

Jika ada kesalahan input nomor akun OVO atau nomor rekening tujuan, maka transaksi akan gagal. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa nomor tujuan sudah diinput dengan benar agar bisa transfer atau mengirim uang.

Baca Juga:

Saldo OVO Kurang

OVO tidak dapat mentransfer ke bank karena saldo OVO kurang setelah diakumulasikan dengan biaya admin transfer sebesar 2.500 rupiah, mengakibatkan tidak dapat diproses.

Untuk melakukan transfer saldo, diperlukan saldo OVO sebesar minimal 10 ribu rupiah, karena itu adalah batas minimum transfer saldo OVO ke akun lain.

Selain itu, transfer OVO ke bank mengharuskan pembayaran biaya admin sebesar Rp2.500, yang akan secara langsung diakumulasikan ke total biaya dan dipotong dari saldo OVO.

Solusinya:

Tidak ada cara lain untuk mengatasi penyebab ini, kamu harus memastikan bahwa saldo mu cukup untuk transfer, karena OVO tidak ada fitur paylater yang memungkin kamu untuk pinjam saldo apabila nominal yang harus ditransfer lebih banyak dari jumlah saldo yang dimiliki.

Koneksi Internet Terputus

Transaksi yang gagal pada OVO seringkali disebabkan oleh kualitas koneksi internet yang buruk atau terputus. Terputusnya koneksi internet secara mendadak dapat membuat proses transfer menjadi tertunda dan mengakibatkan kegagalan transfer karena server OVO tidak menerima data riwayat saldo secara sempurna.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah dengan mengganti jaringan internet atau menunggu sampai koneksi kembali normal. Tapi apakah memang benar koneksi internet mu bermasalah?

Pasti kamu sendiri tidak tahukan hal ini benar atau tidak, maka dari itu kamu bisa cek kecepatan internet melalui platform Speedtest di Google. Situs akan mengecek secara keseluruhan koneksi internet mu, apabila hasilnya ping rendah berarti koneksi mu stabil, sebaliknya apabila ping mu tinggi berarti koneksi mu buruk.

OVO Belum Update

Setelah selesainya pemeliharaan, OVO biasanya meminta pembaruan untuk menyegarkan fitur yang diperbaiki selama pemeliharaan server. Jika permintaan pembaruan aplikasi OVO telah muncul, disarankan untuk melakukan pembaruan guna menghindari bug yang mungkin terjadi pada versi sebelumnya.

Ketidakperbaruan aplikasi setelah pemeliharaan server dapat menyebabkan bug, yang dapat mengakibatkan masalah transfer, termasuk kesulitan mentransfer ke bank seperti BCA, BSI, atau CIMB Niaga.

Solusinya:

Disini kamu harus update aplikasi OVO ke versi paling baru melalui Play Store atau App Store, tergantung perangkat seluler yang kamu gunakan. Kenapa hal ini harus dilakukan? karena aplikasi OVO versi lama rentan terserang virus dan bug yang mungki hanya mengganggu aktivitas mu saat menggunakan aplikasi ini.

Perangkat Bermasalah

Selain karena beberapa hal diatas, ternyata gagal transfer di OVO bisa disebabkan oleh adanya masalah pada perangkat yang kamu gunakan.

Perlu kamu semua ketahui, perangkat adalah alat penghubung untuk mengakses aplikasi, jika ada masalah pada perangkat, maka wajar saja akan ada masalah juga pada saat kamu memberi perintah untuk mengakses aplikasi OVO.

Berkaita dengan perangkat bermasalah, ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya masalah pada perangkat diantaranya ruang penyimpanan penuh, cache menumpuk, tidak rutin update aplikasi terinstall, dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini, saya sudah merangkum beberapa hal yang harus kamu lakukan, yaitu:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah melakukan 4 cara diatas kamu juga perlu memuat ulang perangkat agar semua bug bisa dihilangkan.

File Aplikasi OVO Terhapus

Hal lain yang sering kali membuat aplikasi OVO tidak bisa digunakan untuk transfer ataupun tidak bisa diakses disebabkan oleh file atau data pembentuk aplikasi ini dihapus pengguna tanpa sadar ataupun sadar. Jika ada file yang terhapus, tentu akan mengganggu performa dari aplikasi OVO dan timbul masalah tak terduga.

Solusinya:

Ketika hal ini sudah terjadi, kamu tidak akan bisa mengatasinya hanya dengan update aplikasi OVO ke versi terbaru. Tapi kamu harus install ulang aplikasi OVO agar semua file kembali terdownload dan tersimpan di file manager perangkat.

Itulah beberapa alasan umum kenapa tidak bisa transfer saldo di aplikai OVO dan cara mengatasinya. Jika mengalami kegagalan transfer, solusinya melibatkan upgrade ke OVO Premier, memastikan koneksi internet stabil, menghapus cache, melakukan pembaruan aplikasi, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *